Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1472 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Paquette, Mary
Boston: Jones and bartlett , 1991
616.890 2 PAQ p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Keltner, Norman L.
St. Louis: Mosby, 2002
616.89 KEL p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Miller, Carol A.
Illinois: Scott, Foresman, 1990
618.970 231 MIL n
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Purwanto
Yogyakarta: Gosyen Publishing, 2022
610.73 IKA s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Iskandar
Jakarta: In Media, 2013
610.73 ISK k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ismail H.S.
Abstrak :
Dalam rangka memelihara dan meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas harus ditunjang oleh sumber daya manusia dalam hal ini sumber daya tenaga kesehatan (ter masuk tenaga keperawatan) yang memadai dari segi jumlah dan kualitas. Oleh karena itu perlu di analisis dan direncanakan kebutuhannya dengan seksama agar dapat didayagunakan oleh organisasi dalam mencapai tujuan secara efelctif dan efisien.

Kenyataan dilapangan menunjukkan beberapa puskesmas di daerah perkotaan cenderung terkesan mempunyai tenaga keperawatan yang "beriebih" sehingga terkesan kurang efisien dalam pelaksanaan pelayanannya. Bila dilihat rata-rata jumlah tenaga keperawatan yang bekeljia di puskesmas dalarn Provinsi Jambi adalah 18,86 (18 - 19 orang), sedangkan rata-rata jumlah tenaga keparawatan yang bekexja di puskesmas dalam wilayah Kota Jambi 21,95 ( 21 - 22 orang). Di Puskesmas Pakuan Baru terdapat 60 orang tenaga kesehatan diantaranya terdapat 31 orang tenaga keperawatm, hal ini menunjukkan kelebihan bila dibandingkan dengan standar tenaga keperawatan pola ketenagaan puskesmus pada Pelita V Puskesmas dengan tempat tidur yang ditentukan 9 orang. Demilcian pula bila dibandingkan dengan kebutuhan tenaga keperawatan berdasarkan SK Mendagri No. 23 tahun 1994 yang berkisar antara 18 - 20 orang.

Penelilian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam beban kerja dan faktor penyebab kelebihan tenaga keperawatan di Puskesmas Pakuan Baru Kota Jambi tahun 2001. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif untuk mengetahui beban kerja dan besarnya kelebihan tenaga keperawatan, sedangkan untuk mengetahuifaktor penyebab kelebihan tenaga keperawatan digunakan metoda kualitatif. Data diperoleh dengan teknik observasi langsung kegiatan keperawatan dengan menggunakan Formiat "Work Sampling" di puskesmas, telaah data selamder, dan wawancara men dalam terhadap pejabat yang berwenang menempatkan tenaga kesehatan dilingkungén. Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dan Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja tenaga keperawatan di Puskesmas Pakuan Bam ternyata rendah hal ini ditunjukkan oleh jumlah waktu kegiatan keperawatan langsung dan kegiatan keperawatan tidak langsung yang dilakukan tenaga keperawatan masih rendah. Dari segi jumlah, tenaga keperawatan yang ada 31 orang ter nyata kelebihan sebanyak 13 orang. Dari hasil wawancara mendalam diketahui bahwa faktor penyebab keiebihan tenaga keperawatan di Puskwesmas Pakuan Baru Kota Jambi karena adanya tenaga titipan/ikut suami dan nota dinas yang sulit untuk ditolak oleh pihak Dinas Kesehatan Kota Jambi, selain itu proses perencanaan kebutuhan tenaga tingkat puskesmas tidak jelas, hanya berdasarkan usulan staf.

Untuk meningkatkan produktivitas kerja tenaga keperawatan di Puskesmas Pakuan Baru Kota Jambi perlu meningkatkan kegiatan langsung dan kegiatan tidak langsung tenaga keperawatan dengan jalan mengaktiikan kegiatan Puskesmas Keliling, Perawatan kesehatan masyarakat, dan pengaturan kembali jadual dinas/libur bagi tenaga keperawatan di unit rawat inap. Untuk kelebihan tenaga keperawatan, diharapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi mengusulkan kepada Walikota membuat Surat edaran bahwa di linglcungan Dinas Kesehatan Kota Jambi unmk sementara waktu tidak menerima tenaga keperawatan, dan kelebihan tenaga keperawatan diarahkan untuk pindah ke Rumah' Sakit Umum Raden Mat Taher Jambi yang saat ini masih membutuhkan tenaga keperawatan, serta membatasi pemakaian tenaga honorer. Selanjut nya perlu meningkatkan kemampuan tenaga perencana melalui pendidikan dan pelatihan.
In keeping and increasing Public Health Centre service of excellence human resource to support the effort is a must, it needs a decent consideration in number and quality of the medical staffs (including the nursing staffs). So that the necessity has to be analyzed and planned thoroughly the organization to achieve its objectively and eficiently.

In reality shows that the public health centre in urban areas tend to have excessive? nursing staffs so it seems that the health service is inefficient. The average of nursing staffs numbers in all Jambi Province's Public health centre for 18,86 (18 - 19 personnel), meanwhile the average of nursing staffs in the urban Jambi area is 21,95 (21 - 22 personnel). Public Health Centre of Pakuan Baru has 60 health staffs, 31 of them are the nursing staff's, it shows an excess to compare with the standard of nursing staff's in the pattern of public health centre personnel at the Five Year Plan with beds for 9 staffs. Likewise when it is compared on letter of decision of Minister of Internal Affairs No. 23 year 1994 which is about 18 - 20 staffs.

This research is conducted to End out deeply the cause factor of nursing staffs excess in Pakuan Baru Public Health Centre Jambi City in 2001. The research method used is quantitative to detect the burden and how much is the excess, while the qualitative to detect the cause factors Data collected by direct observation technique of nursing activity with the use of "Work Sampling" method at the public health centre itself; secondary data study, and in deep interview to authorized official of placing the medical staffs surrounding the Health Department of Jambi Province and Health Department of Jambi City.

The result of study shows that the work load of the nursing staffs in Pakuan Baru Public Health Centre is low, it is appointed by the low time of direct nursing activity and the indirect ones which are done by the staffs themselves. From the number, 31 nursing personnel are over for 13. From the in deep interview, it is found that the cause factor of the excessive are the entrusted personnel/ accompanying husband and also official notes which are quite complicated to be refused by the Health Department of Jambi City, in the other hand the planning process of the medical staffs necessity in the level of public health centre is not clear, it is based only from other staffs recommendation.

To increase the nurses productivity in Pakuan Baru Public Health Centre needs to activate by Public Health Centre Out reach program, public health nursing, and rearranging on duty/time off schedule for the nursing personnel in patient unit. For the excessive staffs, it is expected that the head of Health Department of Jambi City to recommend to the Mayor to make circular letters that in the surrounding of Health Department of Jambi City does not accept nursing personnel for a while, and the excess should be to move to Raden Mat Taher Jambi General Hospital which is in need of nursing staff`s, and to limit the recruitment of honorarium employers. In addition to increase the planning staff ability through education and training is indeed necessary.
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T3233
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desti Puswati
Abstrak :
Keinginan perawat kontrak untuk tetap bekerja di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru cukup tinggi, dengan angka turnover 1,2% tahun 2006. Keinginan perawat untuk tetap bekerja biasanya berhubungan dengan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat yang berstatus kontrak di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Desain yang digunakan deskriptif korelasi rancangan cross sectional. Variabel independen pada penelitian ini adalah faktor individu yang terdiri dari umur, lama kerjag faktor struktur kerja meliputi Iingkungan kerja, beban kerja, dan otonomi kerja; sedangkan faktor ekonomi terdiri dari kompensasi, kesempatan karir, dan alternatif kerja.Variabel dependen adalah kepuasan kerja perawat kontrak. Populasi 110 perawat kontrak, dengan total sampling. Persyaratan responden adalah petawat berstatus kontrak yang bekerja di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Untuk menguji hubungan faktor kepuasan kerja dengan kepuasan kerja perawat kontrak dengan uji regresi Iogistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat kontrak di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru mengalami kepuasan terhadap pekexjanya sebesar 45,8%. Faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja adalah faktor lingkungan kerja, dengan p- value=0,012, otonomi kelja dengan p-value=0,000, dan beban kerja dengan p-value=0,001. Hasil uji interaksi antara lingkungan kerja otonomi kerja dan beban kerja menunjukkan tidak ada interaksi. Keinginan untuk tetap bekerja perawat kontrak ternyata bukan karena kepuasan kerja akan tetapi karena keinginan untuk menjadi PNS dan tidakadanya altematif kerja Iain. Kepuasan kerja perawat kontrak kurang baik karena dalam bekerja belum tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang praktik keperawatan, belum ada perlindungan terhadap kerja perawat, perawat belum menjalankan otonomi kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab sebagai perawat, serta beban kerja dirasakan berat karena belum disesuaikannya beban kerja dengan tingkat ketergantungan pasien.Untuk itu pelayanan keperawatan perlu menggunakan metode pemugasan yang jelas, menetapkan uraian tugas perawat kontrak, melakukan penilaian kinerja perawat kontrak, menetapkan jenjang karir perawat kontrak, dan menghitung beban kerja perawat berdasarkan tingkat ketergantungan pasien.
Level of desire of nurse contract to remain to work in RSUD Arifin Achmad Pekanbaru , with number of turnover 1,2%. Desire of nurse to remain to work to relate to satisfaction of job. This research aim to know factor related to satisfaction of nurse job which is have status contract in RSUD Aritin Achmad Pekanbaru. Descriptive used desain of device correlation of cross sectional. independent variable this research is individual factor consisting of age and old of job; job structure factor cover; job environment, work load, and job autonomy; while economic factor consist of compensation, opportunity of career, and altemative of job.Variabel dependen is satisfaction of job nurse of contract. Population 110 nurse of contract, totally sampling. Conditions of responder is nurse of have laboring contract status in RSUD Aritin Achmad Pekanbaru. To test factor relation satisfaction of job with satisfaction of nurse job contract with test of regresi logistics. Result of research indicate that nurse contract in natural RSUD Arifin Achmad Pekanbaru of satisfaction to its worker equal to 45.8°/>. Factor related to satisfaction of job is environmental factor of job, with p- va|ue=0,012, autonomous of job with p-value=0,000, and work load with p-value=0,001. Result of interaction test between environment of work autonomy work and work load show no interaction. Desire to remain to work nurse contract in the reality not because of satisfaction of job however because desire to become PNS and its it other job alternative. Satisfaction of job nurse of unfavourable contract because nurse contract in working not yet made available of facilities and basic facilities which is nursing praktik, protection to nurse job, nurse not yet run autonomy work as according to role, function, and responsibility as nurse, and also work load felt weight because not yet been accomodated the amount of nurse with calculated work load with storey:level depended patient and also there is no protection of nurse contract during that bekerja. For sewioe of nursing to specify the breakdown of duty nurse of contract, conducting performance convection nurse of contract, specifying career ladder nurse of contract, specifying assignation method, and calculate nurse work load pursuant to storey;level depended patient.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
T17746
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
NLP. Dina Susanti
Abstrak :
Supervisi (pengawasan) yang dilakukan oleh para manajer yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan manajemen di suatu rumah sakit merupakan salah satu upaya dalam menjaga mum pelayanan kesehatan yang diberikan. Supervisi bertujuan untuk menunjukkan kekurangan dan kesalaban agar dapat diperbaiki dan tidak terjadi lagi. Kepala ruangan sebagai manajer tingkat satu dalam sebuah ruang rawat harus mampu melaksanakan supervisi dengan baik. Supervisi yang baik akan berdampak pada staf dalam pemberian asuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien. Penelitian ini merupakan penelilian kualitatif dengan pendekatan phenomenologi, yang diperoleh dengan da1a primer dari 11 orang partisipan yang terdiri dari 7 orang kepala ruangan, 2 orang perawat pelaksana dan 2 orang dan bidang keperawatan dengan mengunakan teknik wawancara mendalam. Pengolahan data dengan membaca hasil transkrip kemudian dibuat tema yang akhimya dijadikan kategori. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan 7 kategori yaitu: visi misi, jenjang karir, penghargaan, fungsi supervisi, pembelajaran, komunikasi, mutu peIayanan.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan pengalaman kepala ruangan dalam pelaksanaan supervisi staf yang belum memahami supervisi, pemahaman visi misi rnasih kurang serta mengenai jenjang karir yang berkaitan dengan penghargaan. Saran yang perlu segera dibentuknya jenjang karir, perlu dilakukan supervisi langsung dari bidang perawatan ke tiap ruangan dan aplikasi Iangsung kelapangan tentang pelaksanaan pelatihan yang ada.
Supervision conducted by managers who responsible to manage hospital as one of efforts for maintaining a given medical service quality. Supervision having purpose to indicate the shortage and failure in order to be improved and being not repeated. Head or room as firs rank manager in in any in patient room should be able to supervise it kindly. A good supervision will bring impact against to their staff in giving medical care for patient. This research is qualitative one by phenomenology approach obtained by primary data from 11 participants consist of 7 heads of room, 2 care giver and 2 nurses using intenriew technical deeply. Data processing by reading transcript, and then by titling and making category finally. Based on result of processing data may be obtained 7 categories those are : vision and mission, career hierarchy, appreciation, supervision timction, Ieaming, communication, and service quality. By research result had been obtained conclusion on experience of room?s head in conducting supervision staff who had not understood supervision and mission and regarding career hierarchy regarding appreciation. Imnmediately, suggestion to be formed is career hierarchy to be supervised from nursery section to each room directly, and direct application to the field regarding a given training exercise.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
T17768
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rita Herawati
Abstrak :
Beban kerja perawat mempunyai pengaruh terhadap mutu pelayanan keperawatan dan berdampak pada kepuasan klien. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain deskriptif korelasi yang bertujuan untuk menguji hubungan beban kerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan klien akan pelayanan keperawatan di IRNA B RSUP Fatmawati. Populasi adalah seluruh perawat RSUP Fatmawati dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksan IRNA B yang berjumlah 147 perawat dengan tehnjk pengambilan sampel sfratified random sampling berdasarkan strata pendidikan sebanyak 15 perawat. Populasi klien diambil berdasarkan BOR rata-rata di IRNA B, diperkirakan jumlah populasi sebanyak 177 klien, sedangkan jumlah sampel yang diambil beljumlah 123 dengan cara random sampling proparsional yang terdistribusi pada 6 ruang rawat inap B RSUP Fatmawati. Untuk menguji hubungan beban kerja dengan kepuasan klien menggunakan chi square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik sederhana dengan tingkat kepercayaan a = 0,05 Hasil penelitian didapatkan variabel tindakan keperawatan langsung yang mempunyai hubungan adalah aspek keandalan ( p= 0,031) dan aspek keyakinan (p = 0020), Tindakan keperawatan tidak langsung yang mempunyai hubungan dengan aspek kepuasan klien adalah aspek ketanggapan ( p= 0,097 ) dan keyakinan (p = 0,004) sedangkan Tindakan non keperawatan yang mempunyai hubungan dengan aspek kepuasan klien adalah aspek keandalan ( p= 0,005), aspck keyakinan (p= 0,001) dan aspelc empati (p= 0,000) Bebau kerja yang mempunyai hubungan dengan aspek kepuasan klien adalah aspek keandalan ( p= 0,01), keyakinan ( p= 0,0006), dan empati (P=0,048) Berdasarkan hasil analisis multivariat dengan uji logistik sederhana diperoleh hasil bahwa jenis tindakan keperawatan langsung merupakan yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan Klien, Rekomendasi dan temuan ini adalah perlunya kebijakan untuk memperlakukan standar praktek yang telah ada dan membuat uraian tugas perawat yang jelas, menghitung kebutuhan tenaga perawat dengan menggunakan beberapa formula yang dapat dipakai di RSUP Fatmawati, mengembangkan sistem jenjang karir perawat, meningkatkan pengetahuan perawat baik melalui jalur formal maupun informal.
This is a descriptive correlation research which is aimed at testing the duty burden of acting nurses with the extent of satisfaction received by the client for the nursing care services at IRNA B RSUP Fatmawati. The population is all nurses employed at "RSUP Fatmawati" Hospital and the population of this research is all acting nurses at IRNA B totaling 147 nurses with the sampling technique of stratified random sampling, In this resarch, the strata is taken according to the level of education of the nurses with the criteria of sample as follows: acting nurse, minimum education is SPK/SPR (School of Nursing Care), Akper (Academy of Nursing Care and Sl of Nursing Care, still attending the education/training. Population of clients is determined based on the average BOR at IRNA B, it is expected that total population is 177 client, while total samples is 123 clients which were obtained through random sampling proportional which is distributed at 6 Overnight Care Room B RSUP Fatrnawati. In order to measure chi square test and multivariate with simple logistic regression test with the confidence level of ac = 0,05. Result ofthe research reveal. The direct nursing actions having the correlation is the sensitivity aspect (p=0,097) and confidence (p = 0,004), while the non-nursing measures having the correlation with the client satisfaction aspect is the reliability aspect (p = 0,005), confidence aspect (p = 0,001) and empathy aspect (p = 0,000). The duty burden having the correlation with the client satisfaction aspect is reliability aspect (p=001), confidence (p = 0,0006), and empathy (p = 0,048. For frequency variable, there is no any significant correlation with the client satisfaction. Based on the results of multivariate analysis with the simple logistic testing, it is obtained the result that the type of direct nursing measures have the dominant impact on the client's satisfaction. Recommendation of this findings that by establishing the policy of treating the existing standard of practice and providing the clear outline for nursing care activities, calculating the need for nurses by using some formula which may be used at RSUP Fatmawati, to develop the nurse career path system, to improve the knowledge of the nurses, either through formal path and informal path.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
T17765
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Santoso
Abstrak :
Upaya penghargaan bagi perawat masih berorientasi kepada pemberian finansial dan perawat merasakan kurangnya perhatian terhadap kebutuhan kompetensi yang memadai, pengakuan, kontrol dan penguatan nilai-nilai keyakinan dalam memberikan pelayanan dan asuhan keperawatan yang optimal dan berkualitas bagi klien. Tujuan penelitian mengidentiifikasi hubungan empowerment dengan kinerja pada perawat pelaksana di RSU Kota Semarang. Desain penelitian desikriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Total sampel yang memenuhi kriteria inklusi pada penelitian ini berjumlah 91 responden. Instrumen dibuat sendiri oleh peneliti dan diuji validitas dengan r hitung > r tabel = 0,444 dan reliabilifas > 0,76l2. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara kontrol dengan kinerja pada perawat pelaksana dengan p-value = 0,029 dan hubungan antara empowerment dengan kinerja dengan p-value = 0,009 melalui uji Chi Square. Variabel kompetensi, pengakuan dan nilai-nilai keyakinan tidak berhubungan dengan kinerja karena p-value > 0,05. Uji regresi Iogistik berganda menunjukkan variabel kontrol paling berhuhungan dengan kinerja perawat pelaksana dengan p-value = 0,031. Kesimpulan penelitian ada hubungan antara empowerment dan kontrol dengan kinerja perawat pelaksana di RSU Kota Semarang Rekomendasi berupa pemberian penghargaan non finansial dan penguatan kontrol perawat terhadap tugas dan fungsi dalam pelayanan dan asuhan keperawatan bagi klien.
The effort in rewarding for nurses has being oriented to finance. In addition, nurses notice minimal attention of competence need, acknowledgement, control and reinforcement of conviction value in giving optimal and qualitied nursing care and service for client. The research goal is to identify relationship between empowerment and performer nurse?s action in RSU Kota Sernarang. The research design is correlation description with cross sectional approach. Total samples, that are according to inclusion criterion are 91 respondens. The instrument is made by the researcher. Furthermore, this validity test shows account > r table = 0,444 and the reliability > O,76l2. The research result shows that there is relationship between control and nurse?s action to performer nurses with p-value = 0,029 and there is relationship between empowerment and nurse?s action with p-value = 0,009 trough rising Chi Square test. The competence, acknowledge and convictional value variables not related to nurse?s action because p-value > 0,05. Double logistic regression test shows the control variable is the most related variable to nurse?s action with p-value = 0,031. The research conclucles that there is relationship between empowerment and control to performer nurse?s action in RSU Kota Semarang. Increasing non financial reward and nurse controlling empowerment on their care delivery task and frmction was needed for appropriate study.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
T17764
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>