Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 155 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Supriatnoko
"ABSTRAK
Apakah pendekatan komunikatif efektif digunakan pada pengajaran bahasa Inggris di Politeknik Universitas Indonesia, merupakan inti permasalahan pada penelitian ini. Adapun tujuan pokok penelitian dengan fokus permasalahan tersebut adalah untuk mengetahui efektifitas pendekatan komunikatif pada pengajaran bahasa Inggris terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa Politeknik Universitas Indonesia dalam berbahasa Inggris produktif.
Yang menjadi obyek penelitian ini adalah mahasiswa semester enam Politeknik Universitas Indonesia tahun akademik 1989/1990.
Metode deskriptif yang menekankan kepada studi korelasi adalah metode yang digunakan pada penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester enam jurusan Tata Niaga yang berjumlah 5 kelas. Untuk menjaring data, dipergunakan instrumen berupa tes kemampuan berbahasa Inggris produktif; keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Selanjutnya data dianalisis dengan metode "Kendali Rank Korelasi."
Penelitian ini menetapkan taraf signifikansi 5% dengan nilai kritis pada oC = t Z~aG = ± 20,025 = ± 1,96.
Hasil perhitungan analisis data ZH diperoleh 8,62, yang berarti bahwa perolehan 2H-perhitungan lebih besar dari pada nilai kritisnya. Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa antara keterampilan berbicara dan keterampilan menulis memiliki korelasi yang cukup berarti sehingga pendekatan komunikatif pada pengajaran bahasa Inggris di Politeknik Universitas Indonesia efektif digunakan khususnya dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris produktif."
Politeknik Universitas Indonesia, 1990
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Turabian, Kate L.
Chicago: University od Chicago Press, 1987
R 808.02 TUR m
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Pratiwi
"Subjek penelitian adalah para penulis yang pada usia sekolah telah mengeluarkan buku minimal tiga kali; mendapat penghargaan dalam bentuk award, meraih predikat penjualan terbaik; muncul di artikel media cetak atau elektronik; ataupun diundang menjadi pembicara sebagai penulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa mereka memang menyukai kegiatan menulis dan telah diperkenalkan dunia baca tulis semenjak usia pra sekolah. Ada yang menjadi penulis karena tanggapnya orangtua akan kemampuan anak dan ada juga yang menjadi penulis karena keinginan mereka sendiri. Orangtua memiliki peran yang besar dalam menciptakan suasana lingkungan yang mendukung. Hasil lain dari penelitian akan dibahas lebih lanjut.

Subject of this research are young writers on middle childhood has published at least three books, having public appreciation in term of award, best seller; being reviewed on various articles both in print and electronic; or being speaker due to their capacity as writers. Result of this research shows that they were love both writing and reading since preschool. Some children become writer because parent's awareness of their writing skill. Other because their own will. Parents have great influence to make a good situation for their children's literacy activity. Other result will discuss in this research."
Depok: Universitas Indonesia, 2009
155.4 MEG g
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Atwan, Robert
New York: McGraw-Hill, 1987
808.042 7 ATW e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Keraf, Gorys
Ende : Nusa Indah, 1973
499.28 KER k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Nur Utami Sari`at Kurniati
"Penelitian mengenai pengaruh balikan pengajar dalam revisi tulisan siswa ini dilakukan untuk mengetahui bentuk balikan fasilitatif yang lebih efektif dalam memotivasi siswa melakukan revisi positif terhadap tulisannya, bentuk revisi yang dilakukan siswa setelah menerima balikan pengajar dan sejauh mana siswa mampu mempergunakan balikan pengajar sebagai acuan dalam melakukan revisi. Data utama penelitian ini adalah tulisan siswa dan hasil kuesioner yang disebarkan kepada 28 pemelajar bahasa Inggris pada sebuah perguruan tinggi.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa balikan pengajar berupa saran lebih efektif dibanding balikan berupa pertanyaan. Revisi yang dilakukan siswa berupa penambahan, penghapusan, penggantian, dan penyusunan kembali dan di samping mampu menindaklanjuti balikan pengajar, siswa juga melakukan revisi secara mandiri.

The study on the effectiveness of teacher facilitative feedback on student revision is conducted to find out effective teacher feedback in motivating students to do positive revisions on their writing, student revisions after having the feedback and how students employ this feedback in doing the revisions. The primary data of this study are student writings and the questionnaires given to 28 English learners in a university.
The research shows that suggestions turn to he more effective than questions. Student revisions cover addition, deletion, substitution, and re-arrangement. in this research, students show not only their ability in employing teacher feedback but also in doing self-revision.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T39665
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Stramel, James S.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002
808.066 STR c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library