Ditemukan 41 dokumen yang sesuai dengan query
Wilda Khoirina
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas aplikasi Wattpad, karateristik novel Dear Nathan sebagai sastra Wattpad, dan tanggapan pembaca Wattpad terhadap novel Dear Nathan. Urgensi penelitian ini karena Wattpad mutakhir untuk diperbincangkan dalam perkembangan sastra siber. Tujuan penelitian ini menjelaskan karateristik sastra Wattpad dan tanggapan pembaca Wattpad. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan teknik penelitian sumber pustaka. Dari penelitian ini diperoleh informasi mengenai ciri khas sastra populer dalam novel Dear Nathan. Selain itu, tanggapan pembaca yang terbagi atas tanggapan praterbit dan pascaterbit karya juga menunjukkan adanya pengaruh selera massa terhadap karya. Dengan demikian, novel Dear Nathan merupakan sastra populer ditinjau dari karakteristik karya dan tanggapan pembaca Wattpad.
ABSTRACT
This study discusses the Wattpad application, the characteristic of Dear Nathan as a Wattpad literature, and the responses of Wattpad towards Dear Nathan. The urgency of this research is Wattpad recently being discussed in the development of cyber literature. The purpose of this study explains the characteristics of Wattpad literature and Wattpad reader responses. The research method used is descriptive analysis with library source research techniques. This study obtains information about the characteristics of popular literature in the novel Dear Nathan. In addition, readers responses consisting of pre publish and post publish responses also show the influence of mass preference towards the work. Thus, Dear Nathan is considered as popular literature according to the characteristics of Wattpad s literature and reader responses.
2017
S70039
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Boston: Little, Brown, 1984
808.042 7 CON
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Shafa Ariella Diwana
Abstrak :
Dalam industri hiburan, telah banyak ditemukan penggunaan strategi transmedia storytelling yang dicetuskan oleh Henry Jenkins untuk menawarkan produk atau jasa kepada target khalayaknya. Tujuan dari strategi ini adalah menyediakan suatu narasi yang dipisah-pisah ke dalam media dan platform yang berbeda, masing-masing dapat menjadi pintu masuk ke dalam dunia cerita tersebut. Penulis-penulis novel juga dapat memanfaatkan strategi tersebut untuk menyampaikan ceritanya kepada pembaca. Dee Lestari, seorang penulis lokal di Indonesia, menggunakan strategi transmedia storytelling dalam bercerita. Makalah ini akan membahas mengenai peran transmedia storytelling bagi Dee Lestari dalam rangka menyampaikan ceritanya kepada para pembaca dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif serta pengumpulan data menggunakan metode desk research. Melalui transmedia storytelling, Dee Lestari dapat memanfaatkan berbagai media dan platform berbeda serta mendorong budaya partisipatoris kepada pembaca-pembacanya.
......In the entertainment industry, there have been many uses of transmedia storytelling by Henry Jenkins to offer products or services to their target audiences. The aim of this strategy is to provide a narrative that is divided into multiple media and platforms, each of which can be an entry point to enter the story world. Novel authors can also use this strategy to convey their stories to readers. Dee Lestari, a local author in Indonesia, uses transmedia storytelling strategy while telling her stories. This research will discuss the role of transmedia storytelling for Dee Lestari in order to deliver the story to her readers using the descriptive-qualitative method and collecting data using the desk research method. Through transmedia storytelling, Dee Lestari can utilize a variety of media and platforms as well as encourage a participatory culture among her readers.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Apsanti Djokosuyatno
Abstrak :
Remaja merupakan kelompok pembaca yang khas dalam kajian pragmatik sastra. Dalam masa transisi itu, mereka mulai mencari identitas dan melakukan pengamatan yang cermat pada dunia sekeilingnya. Apakah menyukai bacaan? yang membuka dunia mereka dan membuat mereka berpikir.
Novel merupakan jenis bacaan Tara yang digemari oleh remaja karena mengungkapkan suatu dunia yang berkesan rill dan membuat mereka berpikir. Novel penting karena menyampaikan nilai-nilai dan pemikiran dengan cara halus dan tak terasa, oleh karena itu dapat digunakan untuk membentuk remaja menjadi manusia yang berakhlak dan memiliki sikap dan pemikiran yang sexual rniluk tuntutan /anion. Namun munculnya stasiun televisi swasta di tahun 1987 menyebabkan remaja Iebih suka diteluk menonton tayangan televisi daripada membaca buku. Buku-buku tidak lab( dan para pengarang berhenti menulis karena para penerbit enggan menerbitkan buku sastra.
Meskipun demikian harus dicatat bahwa novel-novel Indonesia yang terbit antara tahun 1985 sampai dengan 1987 memperlihatkan keragaman genre dan tokoh-tokoh yang menarik dan positif sebagai sosok teladan bagi pembaca remaja. Novel-novel tersebut, meskipun terbatas, juga mengandung nilai-nilai yang sesuai untuk generasi yang harus menghadapi era globalisasi yang harus bersaing dengan luar negeri. Hal yang mendorong ke arah ilmu pengetahuan, seperti keingintahuan dan keberanian, kegigihan dan ketekunan, dan kerjasama terdapat di dalamnya.
Penelitian ini hanya merupakan satu aspek dari bacaan remaja secara keseluruhan dan ternyata memperlihatkan aspek-aspek lain yang perlu mendapat perhatian juga.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian Universitas Indonesia Library
Lisa darmawanti
Abstrak :
ABSTRAK
Hampir setiap surat kabar memiliki kolom surat pembaca yang dapat digunakan khalayak pembaca untuk merealisasikan pendapatnya dan mengangkat masalah-masalah yang tumbuh dalam masyarakat. Skripsi ini meneliti surat pembaca yang meliputi masalah-masalah yang ditulis dalam surat pembaca, si-fat isi surat pembaca, identitas pengirim dan wilayah tempat tinggal pengirim surat pembaca. Kolom pembaca yang diteliti, ialah kolom surat pembaca Harian Umum Pikiran Rakyat, periode Januari 1989 sampai dengan Juni 1989. Penelitian yang didasarkan atas metode analisa isi ini, menunjukkan bahwa masalah-masalah yang banyak ditulis dalam rubrik surat pembaca adalah masalah yang berhubungan dengan pelayanan umum yang berasal dari perusahaan atau instansi pemerintah. Sedangkan sifat isi surat pembaca banyak berupa/ keluhan. Karena surat kabar yang diteliti ini terbit di Jawa / Barat, maka pengirim surat pembaca banyak berasal dari wilayah tersebut, terutama kota Bandung. penelitian ini dapat pula di ketahui perusahaan/instansi pemerintah yang sering dan yang jarang Dari memberikan jawaban atau tanggapan terhadap surat pembaca. Perumtel dan Husada Bakti merupakan instansi/perusahaan yang sering memberikan tanggapan terhadap surat pembaca, sedangkan Pos dan Giro merupakan perusahaan pemerintah yang jarang memberikan tanggapan dalam surat pembaca. Adanya tanggapan yang diberikan oleh masyarakat dan perusahaan/instansi terhadap surat pembaca, menunjukkan bahwa surat pembaca berperan sebagai komunikasi interaktif, antara surat kabar dengan khalayak pembaca dan antar pembaca dengan pembaca. Banyaknya surat yang ditujukan untuk dimuat pada rubrik surat pembaca, dan beraneka ragamnya isi surat pembaca, menunjukkan bahwa masyarakat tidak hanya menggunakan surat kabar sebagai media dimana informasi dapat diperoleh, namun ikut terlibat dalam proses pemberian informasi. Khalayak sudah melihat fungsi rubrik surat pembaca ini sebagai tempat merealisasikan hak-hak untuk mengeluarkan pendapatnya.
1990
S3969
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tati Lies Aryati
Abstrak :
ABSTRAK
Dengan semakin beratnya tantangan dalam pembangunan maka komunikasi makin dibutuhkan kehadirannya, terutama pada masyarakat pedesaan dimana pembangunan pedesaan kurang berhasil. Kelompencapir adalah salah satu usaha agar komunikasi yang diarahkan pada masyarakat pedesaan menjadi lebih efektif. Terdapat ketimpangan informasi yang diarahkan pada masyarakat desa yaitu dimana arus informasi yang gencar tidak diimbangi dengan penyerapan informasi itu sendiri. Hal ini karena tingkat pemilikan media maupun tingkat pendidikan masyarakat desa. relatif rendah. Dengan terbentuknya Kelompencapir sebagai sarana pendukung komunikasi massa, Kelompencapir dapat membantu media massa dalam menyebarluaskan informasi-informasi pembangunan. Seperti halnya media forwn kegiatan-kegiatan Kelompencapir, meliputi kegiatan dengar-baca-lihat dan diskusi. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut pesan-pesan atau informasi pembangunan yang telah disebarluaskan media m~ssa diharapkan dapat sampai pada masyarakat desa. Adapun penulisan ini bermaksud melihat sejauh mana efektivitas Kelompencapir sebagai sarana pembantu media massa menyebarluaskan pesan-pesan pembangunan di pedesaan. Apakah kegiatan-kegiatan Kelompencapir tersebut dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat desa, dan tidak tahu menjadi tahu mengenai pesanpesan pembangunan. Data dikumpulkan melalui kepustakaan dan metode survai. Dan data yang diperoleh berupa aktifitas anggota dalam kegiatan-kegiatan Kelompencapir serta pengetahuan apa yang mereka peroleh setelah melakukan kegiatan tersebut, dengan mencocokkan pada acara atau siaran pedesaan yang telah diin~entarisir sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik suatu gambaran bahwa efektivitas Kelompencapir sebagai sarana pembantu menyebarluaskan pesan-pesan pembangunan di pedesaan relatif tinggi karena sebagian besar responden melaksanakan kegiatan dengar-baca lihat dan kegiatan diskusi walaupun daya dukung operasional kelompencapir tersebut relatif rendah dalam hal ini meliputi pemilikan media sarana pertemuan dan pendidikan. Dari hasil kegiatan tersebut mereka mendapatkan pengetahuan mengenai pesan-pesan pembangunan.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ummi Salamah
Abstrak :
ABSTRAK
Rubrik konsultasi psikologi di media cetak merupakan salah
satu bentuk pelayanan psikologi yang menggunakan media massa
untuk mencapai khalayak luas. Salan satu pelopor dalam bidang
ruangan tanya jawab masalah psikologi secara tertulis ini adalah
rubrik Konsultasi dalam surat kabar Kompas Minggu yang diasuh
oleh Leila Budiman.
Pemuatan rubrik konsultasi psikologi dalam media massa cetak
di satu sisi menjadikan pelayanan psikolo^ memiliki pengaruh yang
lebih besar kepada masyarakat. Di sisi lain, rubrik konsultasi
psikologi memperkecil kemungkinan komunikasi dua arah.
Penggunaan bahasa tulisan yang bersifat satu arah dan sulit
mendapatkan umpan balik langsung membuat efektivitas pelayanan
psikologi sangat tergantung pada persepsi khalayak.
Sebagai pembaca, individu mempersepsikan apa yang ditangkap
oleh alat inderanya. Saat mempersepsikan sesuatu, informasi dari luar
yang diterima individu dicocokkan dengan konsep internal yang
dimilikinya. Saat pencocokan ini dilakukan, berarti individu telah
mempersepsikan sesuatu dan memberinya makna. Jadi makna
merupakan hasil pencocokan stimuli eksternal dengan konsep
internal (Fiske^ 1990: 25) atau merupakan hasil interaksi dinamis
antara persepsi pembaca dengan isi pesan (Fiske, 1990: 145).
Penelitian ini bertujuan mengetahui makna yang diberikan
pembaca mahasiswa terhadap rubrik Konsultasi Kompas Minggu.
Makna yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah makna yang
positif atau negatif. Seperti telah disebutkan sebelumnya, makna
merupakan hasil interaksi dinamis antara persepsi dan isi pesan
Proses persepsi itu sendiri menghasilkan penilaian terhadap obyek
yang dipersepsikan (Sereno dan Bodaken, 1975: 24-28) sehingga
makna yang dihasilkan juga mengandung penilaian (evaluasi)
terhadap sesuatu.
Penelitian ini menggunakan mahasiswa sebagai subyek
Pemilihan mahasiswa sebagai subyek didasari alasan bahwa pembaca surat kabar terutama adalah mereka yan§ cukup dewasa dan cukup
berpendidikan; dua kriteria yang dipenuhi oleh mahasiswa. Penelitian
ini melibatkan 100 orang subyek yang diambil secara insidental dari
berbagai perguruan ting^ di Jakarta.
Alat yang digun^an dalam penelitian ini adalah kuesioner
yang memakai skala 7 (tujuh) angka dengan 2 (dua) kata kata sifat
yang saling berlawanan (positif dan negatif) di kedua kutubnya. Alat
mi dikenal dengan nama semantic differential. Validitas alat diuji
dengan menggunakan teknik analisa faktor. Reliabilitas diuji dengan
menggunakan rumus Alpha Cronbach yang menghasilkan koefisien
Alpha 0.9497.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata subyek
memberi makna yang positif ternadap rubrik Konsultasi Kompas
Minggu. Artinya rubrik Konsultasi Kompas A4in^u cenderung untuk
dikaitkan dengan katasifat-katasifat yang positih Analisa tambahan
yang dilakukan menunjukkan bahwa antara mahasiswa Fakultas
Psikologi dengan mahasiswa fakultas non-psikologi, laki-laki dengan
perempuan, oan mahasiswa yang pemah datang langsung ke psikolog
dengan yang tidak pernah datang langsung tidak terdapat perbedaan
yang signifikan dalam makna yang diberikan.
Sebagai sebuah penelitian awal mengenai rubrik konsultasi
psikologi, penelitian ini masih mengidap banyak kelemahan dan
kekurangan. Penelitian lebih lanjut oisarankan melibatkan populasi
yang lebih besar dan beragam dan lebih memfokuskan diri pada isi
rubrik konsultasi psikologi.
1997
S2569
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Raditya Putra Nugraha
Abstrak :
Manusia merupakan mahluk hidup sosial yang saling membutuhkan antara satu sama lain, salah satu sarana untuk mendapatkan berita dan informasi adalah melalui pers. Masyarakat modern pada saat ini banyak mengetahui berbagai kabar yang terjadi di masyarakat di Indonesia melalui berbagai macam sumber berita. Salah satunya adalah melalui surat pembaca.Namun seringkali surat pembaca menjadi suatu perbuatan melawan hukum di karenakan mencemarkan nama baik Skripsi ini membahas mengenai Surat Pembaca yang dapat dikategorikan sebagai Perbuatan Melawan Hukum,serta bagaimana pengimplemaentasinya terhadap PutusanNo.178/Pdt/G/2007/PN.Jkt.Ut,PutusanNo47/PDT/2009/PT.DKI Putusan No. 483 K/Pdt/2010 tentang pencemaran nama baik melalui surat pembaca.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis-normatif (normative legal research) dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyarankan Majelis Hakim dalam memutus perkara atas pencemaran nama baik melalui surat pembaca seharusnya mempertimbangkan dari ketentuan pasal 1376 Kitab Undang- undang Perdata, permasalahan pencemaran nama baik melalui ranah media cetak, sebaiknya pihak yang merasa bahwa haknya telah di langgar maka lebih baik menerapkan hak jawab terlebih dahulu.
......
Humans are social creatures who need each other between each other, one of the means to obtain news and information is through the press. Modern society at this time knew of many news that take place in massyarakat in Indonesia through various news sources. One of them is through letters readers. But often the letters being an unlawful act in because libelous. This thesis discusses the Readers Letters that can be categorized as unlawful act and implemented Decree No 178/Pdt/g/2007.Pn Jkt. Ut.
This research is a juridical-normative (legal normative research) with a literature study. Results of this study suggest the Judges in deciding the case on defamation via letters readers should consider the provisions of article 1376 of the Code of Civil Law and defamation issues through the realm of print media, the parties should feel that their rights have been violated then it is better to implement the right of reply in advance.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2013
S46523
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aminah Nur Habibah
Abstrak :
ABSTRAK
Pelanggaran terhadap prinsip kerja sama Grice 1975 dianggap menjadi penunjang kelucuan dalam wacana humor. Penelitian-penelitian terkait hal itu telah dilakukan, tetapi hanya didasari pada pandangan peneliti. Padahal, hal yang dianggap lucu oleh peneliti belum tentu dianggap lucu oleh pembaca. Skripsi ini membahas kelucuan menurut pembaca dalam kartun komik Tahilalats serta mengaitkannya dengan pelanggaran prinsip kerja sama dan konteks. Karena itu, sumber data yang digunakan adalah episode kartun yang memuat pelanggaran prinsip kerja sama. Penelitian ini menggabungkan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari kuesioner daring dan wawancara. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa Tahilalats dianggap tidak terlalu lucu oleh pembaca. Walaupun terdapat pelanggaran maksim kualitas dan kuantitas, menurut pembaca, dibutuhkan beberapa pembentuk kelucuan dan konteks yang sesuai. Pelanggaran maksim kuantitas dengan mengurangi kontribusi dinilai berpotensi untuk menghasilkan ketakterdugaan.
ABSTRACT
The violation of the cooperative principle Grice 1975 is considered to be a supporting element to create humor in discourse. Related studies is only based on the researchers rsquo point of views. In fact, things that are considered funny by researchers are not necessarily considered as funny by the readers. The present thesis discusses humor according to the readers in Tahilalats cartoon comic as well as links them with violations of cooperative principles and context. Therefore, the data source used is a cartoon episode that contains violations of the cooperative principle. This research combines quantitative and qualitative approach. The data are obtained from questionnaires and interviews. It is found that Tahilalats considered as ldquo not too funny rdquo by the readers. Although there are violations in principle of quality and quantity, some triggers and context are needed. The lack of information is considered potential to create unpredictability.
2017
S69723
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
West, Clare
St Helier: Georgian Press, 1994
828.64 WES s
Buku Teks Universitas Indonesia Library