Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1637 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R. Erwin Bayu Aji
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40460
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Nizar Vidiansyah
"Dalam beberapa tahun terakhir, pengelolaan, penyambungan , dan internetworking local dan wide area network menjadi tugas yang semakin sulit. Setelah beberapa waktu yang lalu pengembangan jaringan menggunakan teknologi sederhana, seperti Ethernet 10Mb dan X,25 Gateway, saat ini muncul teknologi Switched Ethernet, 100/1000 Base-T, FDDI, ISDN, Frame Relay, dan ATM.
Dengan mengimplementasikan teknologi-teknologi baru lUI, perencanaan jaringan menjadi lebih rumit. Sementara jaringan yang menggunakan teknologiteknologi tersebut tumbuh dengan cepat. Perencanaan dan pengelolaan jaringan yang baik, saat ini menjadi komponen yang penting bagi setiap enterprise network.
Tesis ini menjelaskan issue-isse yang dihadapi PT Krakatau Steel, seperti tidak terdapatnya standard pembangunan jaringan berskala perusahaan dan banyaknya platform, protokol, dan topologi yang berjalan bersama pada jaringan. Kedua issue tersebut menghasilkan konfigurasi infrastruktur jaringan yang kompleks, sehingga perawatan jaringan menjadi sesuatu yang sulit.
Tesis ini juga berisi tinjauan dari model bisnis perusahaan, aplikasi, serta konfigurasi dan teknologi jaringan enterprise. Tesis ini mengungkapkan relasi antar bisnis, aplikasi, dan teknologi dan menganalisisnya menggunakan model Top-Down. Dengan mempertimbangkan perangkat jaringan yang tersedia saat ini, yang kemudian dipetakan pada Model Hirarkis Jaringan, tesis lUI merekomendasikan konfigurasi jaringan enterprise yang optimal. Rekomendasi tersebut terdiri dari alternatif-alternatif pengurangan bridge, penggunaan terminal Mainframe PC-based, penggunaan RCV Ethernet, dan penambahan Route Switch."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40423
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andry Fadjriya
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40425
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Hendrawan
"Infrastruktur TI (Teknologi Informasi) berperan di dalam membantu efektifitas dan efisiensi dalam tingkat strategis dari organisasi. Salah satu prasyarat organisasi untuk mencapai tujuan tersebut adalah melakukan integrasi infrastruktur TI. sesuai dengan struktur, manajemen, dan kultur dalam organisasi. Masalah yang umum yang timbul adalah penerapan infrastruktur yang tidak seragam. Hal tersebut terjadi karena penerapan tidak dilakukan secara sekaligus sehingga terjadi perbedaan platform infrastrukur, disamping masih terjadi proses-proses pengolahan data secara manual. Selain itu faktor organisasi yang besar, lokasi yang berjauhan serta biaya yang timbul seringkali menjadi penyebab tidak terintegrasinya infrastruktur teknologi informasi.
Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai organisasi dengan karakteristik kantor pelayanan yang tersebar di seluruh indonesia, memiliki permasalahan belum terintegrasiuya infrastruktur TI yang dimiliki di lain pihak, dengan aktivitas perdagangan internasional yang meningkat, DJBC semakin dituntut untuk memberikan pelayanan yang cepat dan efisien, keseragaman dalam pelayanan, serta informasi yang akurat untuk mendukung kelancaran aktivitas pedagangan tersebut.
Sebagai antisipasi terhadap kebutuhan tersebut maka perlu diterapkan integrasi infrastruktur TI dengan menerapkan rancangan Enterprise Network yang akan menghubungkan kantor-kantor Bea dan Cukai di seluruh Indonesia ke dalam suatu Network dukungan Enterprise Network tersebut diharapkan dapat mendukung pengolahan data secara terpusat untuk proses-proses pelayanan khususnya di bidang ekspor.
Metoda Hierarchical Networking digunakan untuk menjaga kualitas network service untuk mempertahankan kehandalan network pada proses pelayanan yang dilakukan terpusat. Untuk menjaga keamanan network karena adanya interkasi dengan jaringan publik, disiapkan suatu perimeter network."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40367
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arie Indrakusuma
"Krisis ekonomi yang melanda Indonesia mengakibatkan Bank XYZ melakukan banyak perubahan yang signifikan dalam penanganan bisnisnya. Tingkat kemacetan pada kredit wholesale yang menyebabkan tingkat kerugian yang signifikan, sedangkan pendapatan dari usaha retail yang dijalankan menunjukkan suatu prospek yang sangat baik. Hal ini yang menyebabkan Bank XYZ untuk memfokuskan bisnisnya dalam Retail Banking.
Perubahan bisnis ke arah Retail Banking yang menuntut peranan dari Teknologi Infonnasi yang sangat tinggi. Sehingga perancangan SVIT akan turun menentukan tingkat kesuksesan dari Bank XYZ tersebut dalam mengarahkan ke suatu bisnis yang baru.
Perancangan Teknologi Informasi yang tepat dan sesuai dan adaptif dengan perkembangan bisnis dan teknologi dibutuhkan sekali untuk menempatkan Bank XYZ dalam untuk memiliki competitive advantage dalam menjalankan bisnisnya. Thesis ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai perubahan bisnis yang selalu diikuti dengan perubahan dari Teknologi Informasi. Dan merancang sebuah sistem yang sesuai dengan arah perubahan tersebut, sebuah rancangan Retail Banking pada khususnya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40368
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prihaswara
"Memasuki milenium ketiga, tantangan di dunia telekomunikasi semakin pesat. Perkembangan teknologi membuka peluang untuk berkembangnya bisnis informasi dan komunikasi. Sejalan dengan perkembangan teknologi, pengguna Internet dunia tumbuh secara exponensial. Public Switched Telephone Network (PSTN) yang menyediakan jasa POTS memiliki struktur yang didesain untuk pelayanan voice tidak mampu memenuhi kebutuhan pelanggan internet tersebut. Banyak pengguna yang mulai memakai kabel TV, lease line dari service provider atau melalui satelit untuk mendapatkan akses yang lebih cepat.
Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan internet dengan infrastruktur jaringan lokal yang ada saat ini, DIVRE II PT Telkom menggelar sistem Digital Subscriber Line (DSL). DSL memiiliki kemampuan teknologi broadband yang diterapkan pada jaringan lokal, dan kemampuan memisahkan jalur panggilan voice ke PSTN dan jalur panggilan data ke provider. Dengan sistem DSL, market internet terutama pada segmen bisnis yang menginginkan pelayanan nilai tambah dari penggunaan internet memiliki kesempatan untuk memilih yang terbaik. Diharapkan PT Telkom (DIVRE II) dapat memenuhi keinginan pelanggan dalam rangka mempertahankan market share dengan menyediakan pelayanan nilai tambah dan menetapkan suatu kriteria sukses sebagai suatu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dalam tesis ini akan dilakukan kajian mengenai kriteria sukses pelayanan melalui strategi bisnis DIVRE II, khususnya operasional dan pemeliharaan sistem DSL. Kajian tersebut akan menghasilkan model pelayanan yang memenuhi kriteria sukses pelayanan yang didukung oleh sistem informasi dan teknologi informasi. Salah satu kriteria sukses adalah proses bisnis pelayanan dari front office sampai back office yang langsung dirasakan oleh pelanggan Diharapkan kajian ini merupakan bagian dari Customer Relationship Management (CRM).

As we know to enter upon the third millennium, the challenge of telecommunication's world is growing fast. Technology development makes an opportunity in the development of information business and telecommunication. Similar to that's development, Internet consum?rs are growing exponential. Public switch telephone services (PSTN) that provide voice service cannot handle Internet traffic because of structural design. Many consumers begin to get faster Internet access by using TV cable, leased line, and satellite from the service provider.
To overcome the Internet needs, DIVRE II PT.Telkom deploys Digital Subscriber Line (DSL) system in local loop infrastructure. DSL has broadband technology capability that's applied in local loop network, and capable to split voice (PSTN destination) from data (Provider destination).
By this Systems, market share in Internet business segments that want value added services, have chance to choose the best providers. As I hope, DIVRE II can anticipate subscriber needs to make market share retention by providing value added services and establishing success criteria as the way to increase subscriber satisfaction.
Overall thesis presents analysis of the success criteria of services through DIVRE II business strategies, especially DSL operational and maintenance. This analysis produces services model that covers success criteria of services that's supported by information systems and information technology. One of these criterions is the business process of incident management. Incident management is management of customer request, update request, request resolution, and request closure. I hope that the analysis is the part of Customer Relationship Management (CRM).
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40507
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid Octavia
"Untuk dapat mengelola kegiatan manufaktur dengan baik tentu saja diperlukan sebuah sistem terkomputerisasi yang akan sangat memudahkan perencanaan persediaan dan produksi terutama bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki jenis persediaan yang sangat banyak dengan proses produksi yang rumit dan beraneka ragam. Sistem yang demikian biasa disebut sebagai Sistem Informasi Manufaktur dengan menggunakan Manufacturing Resource Planning (MRP 11) sebagai konsep dasar atau logika bisnisnya.
Tesis ini bertujuan untuk membuat rancangan sistem informasi dalam industri manufaktur khususnya di PT. KG. Tesis ini meliputi penelitian mengenai konsep MRP II yang diperoleh dari berbagai sumber untuk memperoleh metodologi penerapan yang paling tepat. Kemudian konsep tersebut akan digunakan untuk melakukan perancangan sistem informasi manufaktur di PT. KG ini.
Mengingat luasnya cakupan MRP II, maka dalam tesis ini hanya akan dibatasi pada manajemen persediaan untuk kebutuhan produksi, yang mencakup mulai dari perencanaan kapasitas, penerimaan bahan baku, barang setengah jadi sampai penyimpanan barang jadi dan pengiriman ke pelanggan, juga termasuk pelacakan persediaan. Dikarenakan masalah keuangan dikelola langsung oleh induk perusahaan, maka rancangan sistem ini dibatasi hanya akan mengelola data kuantitas, sedangkan data-data mengenai nilai akan diabaikan.
Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat diperoleh rancangan lengkap mengenai sistem informasi manufaktur yang selanjutnya dapat digunakan oleh pihak manajemen PT. KG untuk merencanakan pengimplementasiannya di dalam perusahaan mereka.

To be able to manage manufacturing process well, we need a computerized system that help companies with vast range of inventory and complex production planning do inventory and production planning. Such system is often called Manufacturing Information System with Manufacturing Resource Planning (MRP II) as the basic concept I business logic. This thesis contains the design of manufacturing information system for PT. KG.
This thesis covers research on MRP II concepts from various sources to attain the most applicable implementation methodology. This concepts later are used as the basis in designing the manufacturing information system for PT KG.
Considering the complexity of MRP II application in industries, this thesis will be limited only to inventory management for production purposes that covers: capacity planning, material receving, WIP, storage, delivery, and inventory tracking. Since the financial transactions are directly handled by the holding company, this system design will be limited only to quantitative transactions, while financials transactions will be omitted.
The writer hope that this research will result in comprehensive manufacturing information system design that later can be implemented by PT KG's management at the company.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40546
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Eritasari
"Divisi Regional (Divre) 2 Jakarta adalah salah satu Divisi Regional dari PT Telkom dimana cakupannya meliputi 8 Kandatel (Kantor Daerah Telekomunikasi) dan tersebar di wilayah Jakarta, Bogor dan Bekasi. Jumlah pelanggan yang dilayani oleh PT Telkom Divre 2 Jakarta saat ini meliputi 1,5 juta pelanggan dengan total sst (Satuan Sambungan Telepon) berkisar 2 juta sst.
Untuk menangani jumlah pelanggan yang cukup besar dan seiring dengan perkembangan bisnis yang semakin maju dan dinamis maka PT Telkom Divre 2 Jakarta perlu didukung dengan infrastruktur jaringan sistem informasi yang scalable, reliable, secure dan manageable. Infrastruktur yang demikian diharapkan mampu mengakomodosi kebutuhan PT Telkom Divre 2 Jakarta di masa sekarang maupun yang akan datang.
Berdasarkan kondisi infrastruktur jaringan sistem informasi yang eksisting dan latar belakang di atas maka timbul suatu pemikiran, yang dituangkan melalui thesis ini, untuk melakukan perencanaan infrastruktur jaringan yang tepat untuk PT Telkom Divre 2 Jakarta. Melalui thesis ini, dimana penulisannya dilandaskan pada ilmu yang terkait, diharapkan pihak manajemen memperoleh masukan bagaimana membangun infrastruktur jaringan system informasi seperti dimaksud di atas.

The Regional Division (Divre) 2 Jakarta is one Regional Division of PT Telkom in which the scooping is covered for 8 Kandatel (telecommuncation distric office) and spreaded in Jakarta, Bogor, and Bekasi. The sum of customers served by PT Telkom Regional Division 2 Jakarta now is content of 1,5 million customers and total sst is about 2 million sst.
To tackle the sum of big customers and follow the development business that enough progress and dynamic so that PT Telkom Regional Division 2 Jakarta needs to be supported by the network infrastructure information system with scalable, reliable, secure and manageable and then it is expected to be able to accommodate the requirement up to now and in the future.
Based on the condition of infrastructure on the network information system which exist and background as above, thus appear on idea which is taken on the theses, I do The Network Infrastructure Planning sharply, for PT Telkom Regional Divison 2 Jakarta. Pass Through the theses where writing is based on science skilled, it is hoped that management staffs would gain the input how to develop the network infrastructure information system as above.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40540
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudy Auwlya
"Kemajuan Teknologi Informasi yang demikian cepat, memaksa suatu organisasi atau perusahaan untuk menerapkannya agar tetap dapat bertahan di lingkungan bisnisnya. Penerapan Teknologi lnformasi dalam kegiatan suatu organisasi atau perusahaan saat ini merupakan hal yang tidak dapat lagi dihindari untuk mendukung tujuan dan meningkatkan produktivitas organisasi atau perusahaan tersebut. Salah satu faktor yang menuntut penerapan Teknologi Informasi antara lain adanya kebutuhan akan informasi yang cepat, akurat, terkini dan terintegrasi.
Demikian juga halnya dengan CV. IGB sebagai perusahaan manufaktur yang bergerak dalam industri perkancingan. Dengan semakin meningkatnya volume transaksi dan jumlah konsumen, juga peningkatan persaingan dengan kompetitor, maka kebutuhan akan tenaga kerja untuk melayaninya juga ikut meningkat. Dengan peningkatan jumlah tenaga kerja ini, baik sebagai karyawan tetap (staff) ataupun sebagai karyawan harian (buruh pabrik), juga harus didukung oleh suatu sistem yang mampu menangani pembayaran gaji mereka secara cepat dan akurat, maka sistem EPS (Employee Payment System) lama yang masih berbasiskan DOS menjadi penghambat kegiatan bisnis. Sebagai perusahaan manufaktur, pembayaran gaji karyawan sering menjadi masalah karena ketidakakuratan dan keterlambatan pembayaran gaji akan menghambat proses produksi. Demikian juga bila informasi jam kerja, lembur, cuti dan pinjaman karyawan tidak diketahui secara cepat dan akurat, mengakibatkan proses pengolahan data pembayaran gaji untuk karyawan menjadi lambat yang dapat menyebabkan ketidakpuasan karyawan. Untuk mempercepat proses pembayaran gaji, administrasi dan meningkatkan kepuasan karyawan, maka CV. IGB perlu menerapkan sistem informasi baru yang tepat.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa dan merancang sistem informasi baru yang dapat melakukan kontrol pembayaran gaji karyawan secara cepat dan akurat pada perusahaan manufaktur. Perancangan dilakukan dengan melakukan analisis terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di CV. IGB terutama kegiatan yang terkait dengan pembayaran gaji karyawan, dan membuat desain sistem informasi baru yang sesuai.
Dalam perancangannya, metodologi yang digunakan dalam pelaksanaan tesis ini merupakan bagian dari System Development Life Cycle, antara lain : mengidentifikasi masalah yang timbul dari sistem lama untuk menentukan cakupan pekerjaan (cakupan dan tujuan); menginvestigasi sistem lama (investigasi sistem); membuat model logis dari data dan proses sistem (analisa sistem); dan membuat rancangan sistem sebagai solusi masalah tersebut (rancangan sistem), sedangkan untuk basis datanya menggunakan model relasional. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai prototype untuk EPS."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40539
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Farid Azis
"Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan adalah sebuah aplikasi yang relatif baru dan belum banyak diimplementasikan di Indonesia. Mengimplementasikan Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan memerlukan konsepsi yang jelas berdasarkan kondisi spesifik masing-masing organisasi. ASEAN Secretariat adalah salah satu badan dalam ASEAN yang fungsinya untuk meningkatkan efisiensi dan koordinasi dari badan-badan ASEAN dan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan proyek-proyek dan kegiatan-kegiatan dari organisasi ASEAN. ASEAN Secretariat menyadari, bahwa sumberdaya terpenting didalam organisasinya adalah sumberdaya pengetahuan (knowledge assets), sehingga harus dikelola dengan baik. Sistem manajemen untuk mengelola sumberdaya pengetahuan ini mutlak diperlukan.
Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan secara formal belum dibentuk di ASEAN Secretariat, meskipun dalam aktivitas organisasi beberapa proses Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan telah dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan Sistem lnformasi Manajemen Pengetahuan yang sesuai bagi ASEAN Secretariat. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan yang dilakukan terdiri atas tiga tahapan yaitu pengumpulan data, analisis dan perancangan. Laporan tesis ini akan menguraikan aktifitas-aktifitas dan produk-produk yang dihasilkan pada masing-masing tahapan.
Berdasar hasil analisis yang dilakukan, rancangan Sistem Informasi Manajemen Pengetahuan yang dibuat adalah tipe Knowledge Harvesting dengan mengambil fokus pada pengelolaan dokumen, sebab sebagian besar aset pengetahuan dari ASEAN Secretariat adalah dalam bentuk dokumen. Keuntungan yang dapat diperoleh dari Sistem Manajemen Pengetahuan ini adalah: memberi kemudahan staf untuk melakukan pencarian pengetahuan, mengkontribusikan Tacit Knowledge yang dimilikinya kedalam bentuk dokumen elektronik dan menyimpannya dalam Central Repository sehingga dapat digunakan oleh staf lainnya serta berkolaborasi membuat dokumen secara bersama-sama dalam satu kelompok.
Hasil rancangan ini dapat dipakai sebagai dasar untuk melangkah ke tahapan implementasi. Saran-saran untuk mengembangkan rancangan ini disampaikan di bagian penutup dari laporan tesis ini.

Knowledge Management System is an application that relatively new and has not much implemented in Indonesia. To implement a Knowledge Management System need a clear concept based on each organization's condition. The ASEAN Secretariat is an ASEAN Bodies which aim to increase functionality, efficiency and coordination between ASEAN Bodies also to increase implementation of ASEAN projects and activities. The ASEAN Secretariat realized that as the most important organization assets, knowledge assets should be managed carefully. The Knowledge Management System should be developed to manage the assets.
Knowledge Management System has not explicitly established whether some of the process has been implemented. This research aimed to design a Knowledge Management System suited for the ASEAN Secretariat. The research consists of three phases namely: data gathering, analysis and design. The research's report would explain the activities and results of each phase.
Due to the analysis result, The Knowledge Harvesting type was choosing to implement. The system will be focused on document's management because most of The ASEAN Secretariat knowledge assets are a document. The Knowledge Management System will benefit the ASEAN Secretariat's staffs on searching an information easier, contributing knowledge and collaborate with their group's mate.
The Knowledge Management System's design which is done could be used as a base for the implementation phase. Some suggestions to enhance the design was presented on closing section of the report.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40538
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library