Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159 dokumen yang sesuai dengan query
cover
A.M. Hermina Sutami
"Bahasa Mandarin sudah lama dikenal di Indonesia. Di FSUI Program Studi Cina merupakan program studi yang cukup "tua" yang mengajarkan bahasa Mandarin pada tingkat Universitas. Pengajaran bahasa Mandarin pada beberapa puluh tahun lalu jelas berbeda dengan pengajaran dewasa ini. Hal ini berkenaan dengan tujuan pengajaran itu sendiri. Tujuan pengajaran pada masa silam berbeda dengan masa kini karena perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan masyarakat. Kalau pada masa silam tujuan pengajaran lebih condong pada pengguasaan bahasa secara pasif, maka pengajaran dewasa ini lebih ditekankan pada kemampuan komunikatif, walaupun kemampuan tulis diabaikan. Selain itu, beberapa tahun terakhir ini permintaan perusahaan-perusahaan akan lulusan program studi Cina menunjukkan gejala yang meningkat. Karena itu yang menjadi masalah ialah model silabus apa yang dapat memenuhi kebutuhan pada masa sekarang ini.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model silabus untuk pengajaran bahasa Mandarin tingkat dasar. Dalam silabus itu akan dijabarkan kemampuan bahasa yang hendak ditanamkan kepada siswa.
Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan. Caranya dengan mengumpulkan buku-buku tentang pengajaran bahasa. Berdasarkan pendekatan, teori dan metode yang telah ada, saya berusaha menemukan metode yang paling sesuai dengan pengajaran bahasa Mandarin di Indonesia.
Model silabus yang dihasilkan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi program studi Cina FSUI, atau program pendidikan bahasa Mandarin lainnya dalam menyusun silabus bahasa Mandarin. Model silabus ini menjabarkan bahwa empat keterampilan yang akan diajarkan adalah menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Keempat keterampilan tersebut mempunyai bobot yang tidak sama. Penentuan bobot itu berhubungan dengan tujuan pengajaran. Karena tujuan pengajaran adalah agar siswa dapat berkomunikasi, maka keterampilan yang ditekankan pada semester I dan II adalah menyimak dan berbicara. Pada semester berikutnya membaca dan menulis mendapat penekanan yang lebih berat, kemudian diteruskan pada semester terakhir. Sementara itu kegiatan perkuliahan bahasa, sehingga pada semester terakhir yang patut ditekankan adalah kemahiran menulis huruf Han harus sejalan dengan kosa-kata yang dikuasai. Dengan kata lain, siswa harus dapat menuliskan semua kata yang sudah dipelajarinya ke dalam huruf Han."
Depok: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
LP-Pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Sheddy Nagara Tjandra
1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Washington : Heldref Publication
050 ICUT 27 (1979)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
"ABSTRAK
Penelilian tahap perlama ini merupakan penelitian survai, yang bertujuan untuk
memperoleh informasi tentang : (1) urutan kompetensi ahli teknik mesin yang
dibutuhkan oleh dunia kerja, (2) urutan penguasaan kompetensi sarjana teknik
mesin, (3) urutan kompetensi ahli teknik mesin yang perlu didngkatkan, (4)
kompetensi lulusan teknik mesin yang perlu ditingkatkam menurut perguruan
tinggi, (5) kompehensi yang perlu mendapat perhatian perguruan tinggi dalarn
pengcmbangan kurikulum, (6) urutan prioritas cabang ilmu heknik mesin yang
perlu dikembangkan, (7) kerjasama perguruan tinggi dan industri, (8) kondisi
perguruan tinggi. Lnformasi tersebut di atas akan dijadikan sébagai landa,san_)
dalam penelitian berikutnya, yaitu perancangan model pernbelajaz-an yang
mampu mendukung terciptqnya kebutuhan kompetensi yang telah dirumuskan
pada penelitian `
Untuk mendapatkan infonnasi tersebut di atas, dilakukan survai pada '16 industri
yang bergerak di bidang teknik mesin dan 6 perguruan tinggi negeri. Industri
yang disurvai mencakup induslri mesin yang memproduksi bahan, barang jadi,
dan jasa. Perguruan tinggi yang di survai adalah UNSRL ITB, UI, UGM, ITS,
UNHAS. Instrumen penelitian yang dipakai dalam penelitiah ini berupa
kuesioner yang dibuat untuk industzi dan keperluan pergunzan tinggi. Kuesipner
untuk keperluan industri terdiri dari 4 bagian yailu idemitas responden, persepsi
kemampuan dasar ahli heknik mesin, penguasaan kompetensi sazjana teknik
mesin clan kerjasama dengan perguruan tinggi. Kuesioner untuk keperluan
pérgliruan tinggi terdiri dari 5 bagian yaitu identitas responden, `pe1nbekalan
pengetahuan teknik mesin, kelengkapan fasilitas pendidikan, kondisi pengajaran,
kerjasama dengan instansi lain.
Hasil analisis data secara deskriptif mengungkapkan bahwa A). Kebutuhan ahli
teknik mesin menurut industri adalah 1 (1) lima umtan prioritas kompetensi dari
yang paljng penting adalah : perencanaan & perancangan nekayasa, rnanajemen rekayasa, pendidikan dan pelatihan, komunikasi, pengetahuan 8: keterampilan
dasar rekayasa profesional; (2) Urutan penguasaan kompctensi diurut mulai dari
yang paling lemah adalah kumuniksi, penelitian & pengembangan,
komersialisasi, manajemen aset, implementasi proyek, manufaktur 6: produksi;
(3) umtan kompetensi yang perlu ditingkatkan diurut mulai dari yang paling
-penting adalah komunilcasi, perencanaan & perancangan rekayasa, pendidikan &
pelatihan, penelitian & pengembangan, komersialisasi; (4) arah perkembangan
bidang ilmu tekni1< mesin diurut mulai dari yang paling penting adalah konversi
energi, pemipaan & instalasi, variasi mesin untuk kebutuhan khusus, mesin-
mesin otomotif, mesin-mesin pertanian; B) Kebufsuhan ahli teknik mesin menurut
pergnu-uan tinggi adalah: (1) kompetensi yang perlu dilingkatkan adalah prinsip
& etika profesi, (2) kompebensi yang perlu dipertimbangkan dalam
pengembangan kudkulum adalahz komunikasi, perencanaan '& perancangan
rekayasa, pendidikan 8: pelatihan, manajemen aset, penelitian & pengembangan,
komersialisasi; prinsip 8: etilca profesi; (3) seluruh perguruan Iinggi ternyata
pernah melakukan kezjasama dengan industri, namun masing-masing melihat
dari kepantingannya sendiri, belum pada kepentingan bersama, (4) praktikum
pada umumnya berjalan lancar, fasilitas perpustakaan dan administrasi
pelayanan memadai, metoda, media pembelajaran serta tugas yang diberikan
pada mahasiswa miskin variasi.
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat diiemukaan bebe)-apa saran
implikasi hasil temuan penelitian sebagai berikul: (1) model pembelajaran yang
dikembangkan dirancang sedemikian, sehingga dapat meningkatkan kemampuan
(kompetensi) sebagai berikut : (a) kemampuan berkomunikasi secara efektif
(terlulis dan lisan), (b) lcemampuan rancang bangun dan rekayasa dalarn bidang
pcrmesinan, (c) kemampuan mengaplikasikan konsep dan prinsip manajemen
dalam proses belajarnya, (d) kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip penelitian
cjan pengembangannya untuk menghasilkan produk Iayak jual, (e) kemampuan
menjalankan tugas sesuai dengan kode etik profesional, (2) mata kuiiah yang
akan digunakan sebagai obyek garapan pengembangan model pembelajaran
adalan mata kuliah yang memungkinkan (cocok) untuk climinati. Stra pembelajaran yang diusulkan adalah strategi mendukung ke arah pembentukan kompetensi sebagaimana tertera di atas, (3) bidang garapan kerjasama Perguruan Tinggi - Industri yang ada agar diupayakan untuk dimanfaatkan sebagai lahan penerapan dalam menumbuhkan kompetensi yang diperlukan, (4) temuan mengenai arah pengexnbangan bidang ilmu teknik mesin, agar diperlimbangkan,
sebagai masukan dalam mengembangkan metode pernbelajaran, (5) kegiatan
pembelajaran, jenis tugas yang diberikan, media pembelajaran dan kegiatan
praktikum seria fasilitas laboratorium yang ada, agar dimanfaatkan, dimoclifikasi
sedemikian sehfngga mendulcung ke arah tercapainya kompetensi yang
diharapkan, (6) karakheristik dosen, mahasiswa perlu digali, agar efektlfitas
pembelajaran meningkat.

Abstract
The aim of this first stage research were to find out the information about : (1) the ranking
priority of Mechanical Engineer?s competence in industries, (2) the ranking of mastering
level?s competence of Mechanical Engineer who works in industries, (3) the kinds of
competence of Mechanical Engineer needed to be improved proposed by industries, (4)
the competence of Mechanical Engineer?s needed to be improved proposed by the
Technical Higher Education, (5) the ranking priority of Mechanical Engineering
Specialisation needed to be developed, (6) kind of partnership activities between industry
and technical higher education., (7) the existing condition of instructional facilities usage
in the technical higher education. All this infomation above will be`used as main input,
instrumental input for developing instructional model that will be able to support the
competency needed by the Mechanical Engineer that will be held in the second stage of
research.
Survey in 16 industries producing materials, goods and mechanical engineering service,
and 6 (six) States Technical I-Hgher Education in Mechanical Engineering Division had
been done in order to gather infomation needed for this research. The (six) States
Technical Higher Education in Mechanical Engineering Division were UNSRI, ITB, UI,
UGM., ITS, UNHAS. The instmments for survey consist of questiormaire for industries
and for universities. The questionnaire for industry consists of 4 parts, there are
respondent identity, the perception items of basic knowledge competency needed for the
professional mechanical engineer, the perception of mastering level competency of
Mechanical Engineer who works in industries, kind of partnership activities between
industry and university. The questionnaire for States Technical Higher Education in
Mechanical Engineering Division consists of 5 (five) parts, there are respondent identity,
the perception of mechanical engineering content to be given in promoting competency
,needed for Mechanical Engineer in university, the existing facilities in education, the
existing condition of instructional activities to be handled, kind partnership activities
between industry and university. This research find out : A) From industrial point of view that : (1) The ranking priority of Mechanical Engineer competency, presents from the most important competency were Engineering Planning and Design, Management of Engineering Works, Education and Training, Communication, Professional Engineering Practice Skill and Basic Engineering Knowledge, (2) The ranking mastering level competence of Mechanical Engineer who
works in industry presents from the lowest level ofmzistcring were Communication,
Research Development and Commercialisation, Asset Management, Project
Implementation and Production ; (3) The ranking of competence needed to be improved
according to the industries, presents from the most important competency were
Communication, Engineering Planning and Design, Education and Training, Asset
Management, Research Development and Commercialisation ; (4) The direction of
mechanical engineering specialist needed to be developed presents from the most
important were Energy Conversion & Electric Power, Plant and Piping Engineering,
Various Special Industries Machinery Engineering, Automotive Engineering, Agricultural
Machine Engineering ; B) From Higher Education point of view this research find out that
2 (1) The competency needed to be improved according to respondent in the higher
education technology was The Professional Ethics and Principles; (2) The competency
needed to be considered in curriculum development were Communication, Engineering
Planning and Design, Education and Training, Asset Management, Research.
Development and Commercialisation, Professional Ethics and Principles, (3) Almost all
higher education technology in mechanical engineering division ever having activities with
industry ; (4) Almost all higher education technology in mechanical engineering division
had done very well the laboratory works ; library facilities and services also in good order; the instructional method and media usage and task to be given to the students were in
poor in variety.
Base on the summary above, some suggestions are proposed as follow: __ (l) _In order to
develop instructional model for mechanical engineering division: (a) the ranking priority
of competence needed to be achieved have to be used as the instructional objective , (b) he condition of the mechanical engineering division , such as the characteristics of course
content, the characteristics ofthe students, the constraints and strength in the education
institution and industries. (2) By knowing the type of collaboration activities between
university and industry, it can be used as an input for improving a better collaboration
which can give benefits for both clearly, (3) By knowing the direction of mechanical
engineering specialist needed to be developed _ it can be used as an input for designing
specific instructional task for students in order to increase enrichment in knowledge or for
curriculum development. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Herma
"Tesis ini membahas pengukuran tingkat kinerja SMAN 1 Bengkulu Selatan menggunakan balanced scorecard. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengukuran tingkat kinerja SMAN 1 Bengkulu Selatan terhadap empat aspek kinerja, yaitu: aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal, dan aspek pembelajaran dan pertumbuhan. Pengukuran dilakukan terhadap data sekunder untuk aspek keuangan dan aspek proses bisnis internal, sementara aspek pembelajaran pertumbuhan dan aspek pelanggan menggunakan data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner.
Hasil akhir penelitian menunjukan bahwa kinerja SMAN 1 Bengkulu Selatan secara keseluruhan berada pada status baik (berkinerja baik). Walau demikian, terdapat salah satu elemen pada aspek kinerja proes bisnis internal yang status kinerjanya cukup, yaitu bidang operasi. Untuk itu penelitian ini sedapat mungkin, SMAN 1 Bengkulu Selatan membuat program baru dengan cara menambah mata pelajaran yang berisi tentang muatan dan keunggulan lokal atau life skill pada kurikulum sehingga beban kerja efektif setiap guru dapat terpenuhi dan dilaksanakan dengan baik. Selain itu, penelitian ini juga menyarankan agar SMAN 1 Bengkulu Selatan dapat mengembangkan sistem informasi berbasis information communicatian and technology (ICT) untuk meningkatkan kinerja di bidang kemampuan sistem informasi.

This thesis discusses about the performance rate of SMAN 1 of South Bengkulu using balanced scoredcard. It is a quantitative study with descriptive design. The study is done by measuring four factors of the performance rate. They are financial, customer, process of internal business, and learning and growth. The analysis of the financial and the process of internal business factors use secundary data, while the analysis of the learning and growth and the customer factors use primary data from the questionairy.
The result of the study shows that in general the performance of SMAN 1 of South Bengkulu is on the good level. Nevertheless there is one element of the process of internal business factor, that is the operation element is not on the good level yet. Therefore this study suggests SMAN 1 of South Bengkulu should make a new program by adding new subject contains local excellence or life skills in the curriculum to fulfill teachers? activities and will be done effectively. Furthermore, this study suggests SMAN 1 of South Bengkulu to develop the system of Information and Communication Technology (ICT) to improve the performance of the information system ability.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T30223
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S8641
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kunandar
Jakarta: Rajawali, 2010
371.1 KUS g
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Iklilah Muzayyanah Dini Fariyah
Depok: Universitas Indonesia. Program Pascasarjana , 2014
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Gelineau, R. Phyllis
"This book is designed to assist pre-service and in-service classroom teachers in weaving music, visual arts, drama, and movement into the elementary school curriculum--thereby stimulating the learning process, enriching other subject areas, and providing opportunities for creative expression and self-fulfillment. Featuring content informed by the National Standards for the Arts, the book provides the basic tools and activities that teachers need to gain confidence in using the arts in their elementary classrooms."--Publisher description"
Singapore : Cengage Learning , 2012
372.5 GEL i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11 12 13   >>