Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anne Wiratma
"Die Gruenen merupakan partai yang menonjol pada Bundestagswahl 2021 (Pemilihan Umum Jerman 2021). Hal ini terlihat dari peningkatan perolehan suara Die Gruenen yang tertinggi di antara partai-partai lain dibandingkan dengan Bundestagswahl sebelumnya di tahun 2017. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan tersebut adalah poster kampanye yang berperan besar dalam proses politik di Jerman. Analisis semiotika dengan mempertimbangkan perspektif mitos oleh Barthes (1972) dan representasi oleh Hall (1997) dilakukan terhadap 16 poster kampanye Die Gruenen untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana poster kampanye Die Gruenen pada Bundestagswahl 2021 menyampaikan pesan partai dan ideologi apa yang terungkap dari cara penyampaian tersebut?”. Hasilnya, ditemukan bahwa Die Gruenen menggunakan karakteristik personalisasi, penjenamaan yang menonjol dengan adanya colour overlay, dan simplifikasi bahasa agenda partai. Semua unsur ini berbicara secara solid sebagai bahasa visual poster kampanye Die Gruenen kepada publik sehingga mencerminkan partai ini sebagai partai yang mengedepankan visi misi serta kepentingan publik.

In the 2021 Bundestagswahl (German General Election), the Green Party (Die Gruenen) stood out. This is proven by their highest votes gain among any other party compared to the 2017 election. A big part of their success was due to their campaign posters, which play a great role in German politics. To understand how these posters worked, a semiotic analysis was done to 16 of the Green Party’s posters using frameworks of Myth from Barthes (1972) and representation from Hall (1997). This study aims to shed some light on the question “How do the Green Party’s share their message through political campaign posters and what kind of ideas are they conveying?”. The study found that the Green Party's posters were effective because they used the characteristics of personalisation, their brand, especially bold colour overlay, and language simplification which made their political agendas more digestible. These strategies made the posters a powerful way to communicate with the public. They showed that the Green Party is deeply committed to its vision, mission, and the interests of the general public in Germany."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anggina Mutiara Hanum
"Penelitian ini membahas mengenai Peran Pebisnis dalam Politik Pendanaan Kampanye Pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014. Dalam penelitan ini dikaji mengenai aspek-aspek yang berkaitan dengan Pendanaan Kampanye Pilpres 2014. Kebutuhan akan dana kampanye yang demikian vitalnya dalam melancarkan segala sesuatunya terkait pemenangan pemilu, menjadikan terbentuknya pola pendanaan kampanye yang banyak mengandalkan kekuataan finansial dalam menjalankan berbagai strategi pemenangan kampanye politik. Strategi-strategi ini sebagai maneuver untuk mendukung elektabilitas yang tinggi pasangan calon dan kamanye yang menyentuh seluruh penjuru nasional dengan tujuan akhir to reach out voters. Temuan utama dalam penelitian ini, menunjukkan indikasi adanya peranan yang signifikan oleh para pebisnis, kelompok oligarki ekonomi dalam politik pendanaan pilpres 2014. Teori dan konsep yang digunakan pada penelitian ini: pemilu, pendanaan pemilu, oligarki dan plutokrasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara, analisis dokumen serta menggunakan metode studi kasus pada penelitian ini.

This study discusses the role of businessmen in the political funding of the Jokowi Jusuf Kalla Campaign, in the 2014 Presidential and Vice Presidential Election. This research reviews several aspects related to the 2014 Election Campaign Funding. The need for such vital campaign funds in launching everything related to the winning of the election, led to the formation of a campaign funding pattern that relied heavily on financial strength in carrying out various strategies for winning political campaigns. These strategies are seen as a maneuver to support the high electability of candidates to the entire nation, with the ultimate goal being, to reach out to voters. The main findings in this study indicate a significant role of businessmen and economic oligarchy groups, in the political funding of the 2014 presidential election. Theories and concepts used in this study election, election funding, oligarchy and plutocracy. The research method used a qualitative approach. Methods of data collection in this research were executed via interviews, document analysis and using case study methods. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 >>