Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 53 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hamzah Muhammad Al Ghozi
"ABSTRAK
Tesis ini bertujuan mengungkap representasi kekuasaan Jawa dan kritik terhadap praktik kekuasaan Jawa, serta urgensi dari strategi narasi dalam novel Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi karya Yusi Avianto Pareanom yang merupakan interpretasi ulang cerita dongeng "Prabu Watu-Gunung dari Negeri Giling-Wesi" pada teks Babad Tanah Jawi. Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi dianalisis menggunakan teori Stuart Hall (2003), Benedict R.O'G Anderson (1984 & 2000), dan Koentjaraningrat (1984). Hasil analisis representasi yang mengupas unsur-unsur struktur memperlihatkan Gilingwesi sebagai kerajaan yang paling unggul dalam kontestasi kekuasaan pertama antarkerajaan yang merepresentasikan kekuasan Jawa. Gilingwesi dipimpin tokoh raja Watugunung dengan tiga kriteria kepemimpinan, antara lain kharisma, kewibawaan, dan kekuasaan dalam arti khusus. Analisis tentang kritik memperlihatkan bahwa kritik novel terhadap praktik kekuasaan Jawa direpresentasikan lewat praktik kekuasaan Gilingwesi dalam kontestasi kedua dengan Gerbang Agung, kerajaan yang memenuhi beberapa karakteristik dari kekuasaan Jawa. Empat komponen praktik kekuasaan Jawa yang dikritik, yaitu (a) wahyu dan kharisma; (b) alam semesta dan pusat kekuasaan; (c) laku tapa dan kuasa-kesaktian; serta (d) etika priyayi dan keturunan. Kesimpulannya, Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi mengajukan empat kritik terhadap praktik kekuasaan Jawa, antara lain tokoh perempuan, laku tapa, moralitas, dan juru selamat. Urgensi dari strategi narasi diperlihatkan melalui Sungu Lembu sebagai narator cerita yang melalui kesaksian dan pandangan kritisnya merepresentasikan kekuasaan Jawa dan mengkritik praktik kekuasaan Jawa.

ABSTRACT
This thesis discusses the representation of Javanese power and the criticism of Javanese power practice, and the urgency of the narrative strategy in Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi by Yusi Avianto Pareanom which is a reinterpretation of the story entitled "Prabu Watu-Gunung dari Negeri Giling-Wesi" in Babad Tanah Jawi text. Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi is analyzed by using the theory of Stuart Hall (2003), Benedict R. O'G Anderson (1984 & 2000), and Koentjaraningrat (1984). The result of representation analysis that explores structural elements of the novel shows Gilingwesi as the most superior kingdom in the first power contest which its represents the power of Java. Gilingwesi is led by the king of Watugunung which has the three criteria of leadership, such as charisma, authority, and power in a special sense. The analysis of criticism indicates that the critique of the novel toward Javanese power practice is represented by Gilingwesi's power practice in second contestation against Gerbang Agung, a kingdom that fulfills some characteristics of Javanese power. The four components of Javanese power practice that are criticized, namely (a) wahyu and charism; (b) the centre of power and the universe; (c) tapa behavior and supranatural- power; and (d) priyayi ethics and heredity. To sum up, Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi presents four criticisms of Javanese power practice, including female characters, tapa behavior, morality, and savior. The urgency of the narrative strategy is shown by Sungu Lembu as the narrator which through its witnesses and its critical view represent the power of Java and criticize the practice of Javanese power."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50469
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilah Rosyadah
"Pada tahun 2016 Best Media menerbitkan novel Dear Nathan dengan jargon ??dibaca jutaan kali di Wattpad ? diikuti novel-novel Wattpad lainnya di tengah krisis literasi Indonesia berdasarkan hasil survei The World ??s Most Literated Nations WLMN . Munculnya novel-novel Wattpad tersebut menjadi dasar pemilihan fokus tesis ini yaitu bagaimana penerbit memanfaatkan Wattpad melalui tahap seleksi dan transformasi novel digital ke cetak. Metode yang digunakan adalah netnografi, analisis tekstual, dan wawancara. Korpus tesis ini meliputi: lima novel Wattpad terbitan Best Media, yaitu: A: Aku, Benci, Cinta-Wulanfadi, Dear Nathan-Erisca Febriani, My High School Bride-Fallonyu, The Coldest Boyfriend-ItsFiyawn, dan Jatuh Hati-_rahmaa, lima novel Wattpad populer yang tidak diterbitkan Best Media, yakni: Vanilla-@srizqya, Maugy-@pandanello, Marriage With out Sex-@mslostinlove,My Wife is 16 Years Old-@inaka13, dan Bad Girl-@aulialvn, serta hasil wawancara dengan redaksi Best Media dan penulis Best Media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses seleksi dan transformasi novel, tidak hanya penerbit Best Media yang menjalankan peran sebagai cultural intermediary tetapi juga penulis dan pembaca sementara Wattpad berperan sebagai digital intermediary yang menghubungkan ketiga aktor cultural intermediary tersebut.

In 2016, Best Media published Dear Nathan novel and has sign dibaca jutaan kali di Wattpad rdquo read millions times in the Wattpad . The success of Dear Nathan followed by other Wattpad novels amid the Indonesian literacy crisis based on the survey of The World 39 s Most Literated Nations WLMN . The emergence of Wattpad novels being focus of this thesis, looking how the publisher using Wattpad through the selection and transformation process. The methods of this research were netnography, textual analysis, and interview. The corpus of this thesis are Five Wattpad novels published by Best Media A Aku, Benci, Cinta Wulanfadi, Dear Nathan Erisca Febriani, My High School Bride Fallonyu, The Coldest Boyfriend ItsFiyawn, dan Jatuh Hati rahmaa, five popular Wattpad novels not published Best Media Vanilla srizqya, Maugy pandanello, Marriage With out Sex mslostinlove, My Wife is 16 Years Old inaka13, dan Bad Girl aulialvn, and interviews result with Best Media editor and Best Media authors. The result shown that in selection and transformation process, the role of cultural intermediary is not only the Best Media publishers but also the authors and the readers and Wattpad acts as a digital intermediary that connects the cultural intermediaries."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T52058
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Deden Purnama
"Tesis ini membahas kontruksi Muslim Childhood dalam Bacaan anak Muslim Indonesia terpilih tahun 2018 menggunakan konsep Muslim Childhood (Al-Ghazali dalam Abdurrahman 2015, dan Scourfield, dkk. 2013). Alih-alih sebagai medium imajinasi, sastra anak kerap dijadikan alat pengajaran dan penyampai pesan moral. Melalui bacaan anak, orang dewasa berupaya menyisipkan pandangan serta nilai-nilai tertentu agar terbentuk masa kanak-kanak (childhood) secara ideal, termasuk idealisasi masa kanak-kanak berbasis ajaran Islam atau Muslim childhood. Hal ini diimplementasikan dalam bentuk narasi dan ilustrasi 18 buku anak Muslim terpilih yang diterbitkan di Indonesia pada 2018. Figur anak yang saleh, peran tokoh orang dewasa sebagai inisiator, serta eksplisitnya nilai-nilai keislaman yang dihadirkan mengungkap bagaimana kesalehan sebagai idealisasi Muslim childhood dikonstruksi secara langsung dan deskriptif. Mayoritas isi buku juga berfokus pada penyampaian pesan dibandingkan alur cerita. Kecenderungan tematik ini pada akhirnya memperlihatkan pandangan masing-masing penerbit terhadap ajaran Islam dalam setiap teksnya, yaitu memosisikan anak sebagai figur yang perlu dibina alih-alih diberikan kebebasan untuk menentukan pilihannya sendiri. Namun, nilai-nilai keislaman dalam teks-teks dari berbagai penerbit tersebut sebenarnya bersifat universal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan bacaan anak sebagai penyampai pesan ideal orang dewasa secara eksplisit dan menggurui masih mendominasi narasi teks serial anak Muslim di Indonesia tahun 2018 dari yang seharusnya sebagai medium imajinasi anak sebagai pembacanya.

This thesis discusses the construction of Muslim Childhood in selected Indonesian Muslim children’s literature in 2018 using the concept of Muslim Childhood (Al-Ghazali in Abdurrahman 2015, and Scourfield, et al. 2013). Instead of being a medium of imagination, children's literature is often used as a teaching tool and a messenger of morals. Through children's book, adults try to insert certain views and values ​​in order to form an ideal childhood, including the idealization of childhood based on Islamic teachings or Muslim childhood. This is implemented in the form of narratives and illustrations of 18 selected Muslim children's books published in Indonesia in 2018. The figures of pious children, the role of adult figures as initiators, and the explicitness of Islamic values ​​presented reveal how piety as an idealization of Muslim childhood is directly constructed. and descriptive. The majority of the book's content also focuses on delivering the message rather than the storyline. This thematic tendency ultimately shows the views of each publisher on Islamic teachings in each of their texts, namely placing children as figures who need to be nurtured instead of being given the freedom to make their own choices. However, Islamic values ​​in the texts of these various publishers are actually universal. The results of the study show that the tendency of children's reading as an explicit and patronizing ideal messenger for adults still dominates the narrative text of serial texts for Muslim children in Indonesia in 2018 than it should be as a medium for children's imagination as readers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lala Isna Hasni
"Meski tragedi 9/11 telah berlalu, memori tentangnya masih tetap ada. Dengan membongkar konstruksi memori 9/11 dalam dua novel anak yakni United We Stand (2009) dan Towers Falling (2016), penelitian ini bermaksud untuk melihat dinamika identitas bangsa Amerika yang terefleksikan melalui konstruksi memori tersebut. Hasil analisi menunjukkan bahwa memori 9/11 dalam kedua novel dikonstruksikan melalui dua sudut pandang yakni sudut pandang institusi dan personal. Melalui sudut pandang institusi memori 9/11 dikonstruksi dalam framing aksi teror, pengalaman traumatis, sejarah, dan persatuan bangsa. Melalui sudut pandang personal memori 9/11 dikonstruksi dalam framing pengalaman traumatis, American Dream, dan kepahlawanan. Konstruksi memori tersebut merefleksikan pandangan teks terhadap identitas bangsa Amerika. Di satu sisi, identitas bangsa Amerika sebagai bangsa adidaya terus dipertahankan di kedua novel. Di sisi lain, American Dream sebagai bagian dari identitas bangsa Amerika mengalami pergeseran makna. Pergeseran tersebut berkaitan dengan isu rasial yang berkembang seiring waktu di Amerika. American Dream dalam United We Stand cenderung memihak pada kulit putih (white supremacy) sedangkan American Dream dalam Towers Falling cenderung bersifat multikultural meski juga terdapat ambivalensi di dalamnya. Dengan demikian, pergeseran tersebut memperlihatkan bahwa identitas bangsa Amerika terbilang dinamis.

Although the 9/11 tragedy has passed, the memory remains. By analyzing the 9/11 memory construction in two children's novels United We Stand (2009) and Falling Towers (2016), this study intends to show American identities reflected from the novels. The results show that the 9/11 memories in both novels are constructed through two perspectives; institutional and personal. From institutional perspective, the 9/11 memory is constructed in four frames; acts of terror, traumatic experiences, history, and unity. From personal perspective, the 9/11 memory is constructed in three frames: traumatic experiences, the American Dream, and heroism. The memory construction reflects the texts’ views of American national identity. On one hand, American identity as a superpower country continues to be maintained in both novels. On the other hand, the American Dream as part of American identity experienced a shift in meaning. This shift is related to racial issues that have developed over time in America. The American Dream in United We Stand tends to side with white people (white supremacy). On the contrary, the American Dream in Towers Falling tends to be multicultural even though there is also ambivalence in it. This shift shows that American identity is dynamic.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nella Putri Giriani
"Tesis ini membahas pendisiplinan dalam konstruksi keluarga pada tiga film Indonesia kontemporer, yaitu Kulari Ke Pantai (2018), Keluarga Cemara (2019), dan Dua Garis Biru (2019) melalui konsep Konsep keluarga menurut Alston (2008), Teori Foucault mengenai Disciplinary Power, dan Unsur Naratif Film dan Mise-en-Scene milik Bordwell dan Thompson (2008). Penelitian ini berupaya membongkar konstruksi keluarga melalui wacana dan ideologi yang dibangun dalam film. Hal ini bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana tiga film karya Gina S. Noer sebagai representasi sineas perempuan masa kini memberikan kontribusi pada kajian film Indonesia dalam melihat transformasi konstruksi
keluarga di masa Reformasi yang merefleksikan perubahan wacana kuasa dan ideologi gender Orde Baru. Hasil analisis menunjukkan bahwa kuasa yang berkaita dengan wacana seksualitas, kelas/ruang, dan gender yang dimunculkan dalam ketiga korpus ini menimbulkan pendisiplinan yang tumpeng tindih melalui pengajaran, internalisasi, pengawasan, dan pelaksanaan disiplin lainnya yang produktif dalam keluarga.
Pendisiplinan ini menghasilkan dan melatih tokoh bapak, ibu, dan anak untuk menjadi
individu yang patuh dengan konstruksi keluarga yang sesuai dengan nilai agama dan
sosial dalam masyarakat. Analisis lebih jauh dengan teori kuasa disiplin Foucault
menemukan adanya resistensi tokoh dalam keluarga untuk melawan norma dan nilai yang
konvensional, walaupun tidak berjalan dengan lama dan signifikan. Posisi ideologis yang
ambigu tersebut mengindikasikan bahwa ketiga korpus mengalami pergulatan nilai.
Adanya dominasi ideologi patriarki dan paternalistik menunjukkan bahwa ketiga film
pada akhirnya belum mampu meninggalkan konvensi struktur sosial yang ada. Budaya
patriarki yang secara hierarkies mengekslusifkan kuasa ayah, menempatkan Ibu pada
peran prokreasi, dan memosisikan anak sebagai objek paling bawah dalam keluarga
masih menyisakan jejaknya pada film-film Indonesia kontemporer.

This thesis discusses disiplinary power of family construction in three contemporary
Indonesian movies, namely Kulari Ke Pantai (2018), Keluarga Cemara (2019), and Dua
Garis Biru (2019) through the concept of the concept of family according to Alston
(2008), Foucault's Theory of Disciplinary Power, and Bordwell and Thompson's (2008)
Film Narrative and Mise-en-Scene Elements. This research seeks to dismantle the family
construction through discourse and ideology in the movies. This aims to show how three
films by Gina S. Noer as representations of female filmmakers today contribute to
Indonesian film studies in seeing the transformation of family construction during the era
of Reformasi which reflects the changes in the discourse of power and gender ideology
of the Orde Baru. The results of the analysis show that the power related to sexuality,
class / space, and gender discourses that appear in these three corpuses causes overlapping
discipline through teaching, internalization, supervision, and the implementation of other
productive disciplines in the family. This discipline produces and trains father, mother,
and child figures to become individuals who are obedient to family constructions that are
in accordance with religious and social values in society. Further analysis with Foucault's
theory of disciplinary power found the resistance of figures in the family to go against
conventional norms and values, although not significant. This ambiguous ideological
position indicates that the three corpuses experience a value struggle. The dominance of
patriarchal and paternalistic ideologies shows that the three films in the end have not been
able to leave the existing convention of social structures. The patriarchal culture that
hierarchically excludes the power of the father, positions the mother in the role of
procreation, and the child as the lowest object in the family still leaves its traces in
Indonesian contemporary movies.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Unversitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ely Nurmaily
"Tesis ini membahas isu posisi dan dominasi kuasa sekolah berasrama dalam novel Harry Potter and the Philosopher's Stone karya Joanne Kathleen Rowling yang berkebangsaan Inggris. Dengan menggunakan konsep habitus, kapital dan arena Pierre Bourdieu, analisis menunjukkan bahwa dua dari empat ideologi asrama saling bertolak belakang, yaitu ideologi asrama Gryfffindor dan Slytherin. Dengan demikian, persaingan dan pertarungan tidak dapat dihindari antara kelompok habitus humanis yang multikultural (asrama Gryffindor) dan kelompok habitus eksklusif (asrama Slytherin).
Tujuan dinamika persaingan yang dihadirkan Rowling di dalam arena sekolah adalah terciptanya kuasa di ruang sosial, khususnya ruang sekolah yang humanis tanpa membedakan strata dan kelas sosial. Oleh karena itu, kepemilikan ragam potensi, kualitas serta nilai-nilai setiap individu menjadi prioritas utama untuk mencapai kedudukan kuasa di sebuah ruang sosial.

This thesis discuss the position and power domination issue of boarding school in a novel of Harry Potter and the philosopher's Stone by Joanne Kathleen Rowling from England. By applying habitus, capital and champ concept of Pierre Bourdieu, its analysis shows that two of four houses ideology are competed. They are Gryffindor house and Slytherin house. Hence, competition and conflict between humanity in multicultural house (habitus of Gryffindor house) and exclusive house (habitus of Slytherin house) are not able to be eluded.
The goal of its dynamics which is written by Rowling in school "champ" discussion, is gaining the power of non discriminative condition in social field. Therefore, capitals, quality, also character in hexis of the people become priorities to gain the power in a social field.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T 26264
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Halida Aisyah
"ABSTRAK
Penulisan sastra anak selalu bersifat didaktis dan mencerminkan nilai-nilai yang dianut pengarangnya. Penelitian ini membahas novel historis anak karangan Jacqueline Kelly yang berjudul The Evolution of Calpurnia Tate dan fokus pada upaya Kelly menyampaikan ideologi feminis dengan cara menulis ulang sejarah. Untuk sampai pada kesimpulan, pertama-tama penulis menganalisis penggambaran Calpurnia sebagai tokoh anak perempuan dengan nilai-nilai feminis dan keluarga Tate yang merefleksikan nilai-nilai gender tradisional di era Victoria. Penelitian ini menemukan bahwa pengarang memasukkan ideologi feminisnya dengan cara menghadirkan tokoh anak perempuan yang resistan terhadap peran gender tradisional yang diwakili oleh keluarga. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengarang setia pada genre historis. Ia tidak mengorbankan historisitas novel untuk mengakomodasi ideologinya, terlihat dari tokoh Calpurnia yang pada akhirnya tidak bisa keluar dari domestisitas yang menjadi nilai gender yang dijunjung oleh masyarakat Amerika era Victoria.

ABSTRACT
The writing of children rsquo s literature is always didactic and reflects the author rsquo s personal values. This research examines Jacqueline Kelly rsquo s children rsquo s historical novel The Evolution of Calpurnia Tate and focuses on Kelly rsquo s attempt to convey her feminist ideology by rewriting the history. In order to reach a conclusion, the researcher analyzes how Calpurnia is portrayed as a girl with feminist values and how the Tate family reflects traditional gender roles in the Victorian era. It is found that the author conveys her feminist ideology by presenting a girl character who is resistant to traditional gender roles represented by the family. This research also finds that the author is faithful to historical genre. Kelly does not sacrifice the novel rsquo s historicity to accommodate her ideology, proven by Calpurnia rsquo s character who, in the end, could not free herself from domesticity that was upheld by the Victorian American society."
2016
S69821
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Aini Annapurna
"ABSTRAK
This article is an excerpt from an undergraduate thesis of the same title and which focuses on A Series of Unfortunate Events, a children rsquo s book series by Lemony Snicket. This thesis explores how a culture of fear shapes childhood, which is represented in the series. This research uses qualitative textual analysis that focuses on the portrayal of the society and adult characters in its treatment of children. This research analyzes how the series represent the way that childhood is shaped by a culture of fear through the depiction of various characters and the society in the novels by analyzing the social institutions in the novels. This research also explores the author rsquo s attempts of challenging the notion of children as a vulnerable group that is represented in the novels, by analyzing the Baudelaires rsquo identity and vulnerability. Results suggest that A Series of Unfortunate Events demonstrate ambivalence in the perception of childhood. Social institutions that should create a safe space for children tend to further perpetuate the culture of fear for them. Furthermore, children rsquo s vulnerability is often taken advantage of by adults for their own interests. Results also suggest that for children, their childhood is shaped by a culture of fear that is created and maintained by adults.

ABSTRAK
Artikel ini adalah ringkasan dari skripsi berjudul sama yang membahas serial buku anak-anak A Series of Unfortunate Events karya Lemony Snicket. Skripsi ini membahas bagaimana culture of fear mempengaruhi masa kanak-kanak yang direpresentasikan oleh A Series of Unfortunate Events. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis tekstual yang berfokus pada penggambaran masyarakat dan karakter orang dewasa dalam perlakuannya terhadap anak-anak. Penelitian ini menganalisa representasi masa kanak-kanak dalam serial ini yang dibentuk oleh culture of fear melalui penggambaran berbagai karakter dan institusi-institusi sosial yang terdapat di dalam novel. Penelitian ini juga menganalisa upaya-upaya penulis untuk mematahkan asumsi identitas anak sebagai sosok yang rawan melalui penggambaran identitas dan kerawanan anak-anak Baudelaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ambivalensi dalam persepsi masa kanak-kanak. Institusi-institusi sosial yang semestinya menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak malah menempatkan mereka di situasi-situasi yang menakutkan. Selain itu, identitas vulnerability yang dimiliki anak-anak seringkali dimanfaatkan orang dewasa untuk kepentingannya sendiri. Penelitian juga menunjukkan bahwa masa kanak-kanak dibentuk oleh culture of fear yang diciptakan dan dipertahankan oleh orang dewasa."
2017
S69416
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eddline Kusuma Andani
"

Pemberdayaan perempuan sering digunakan dalam film untuk mengedepankan tokoh perempuan yang suara dan tindakannya sering tidak terlihat. Agensi, suara, dan kekuasaan adalah elemen yang saling terkait dalam membantu membentuk sosok perempuan yang berdaya. Film adaptasi The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008) memakai pendekatan yang berbeda dalam menyampaikan cerita sehingga terdapat perbedaan yang siginifikan pada alur dan tokoh Susan Pevensie yang digambarkan lebih berdaya dalam film daripada di buku. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan, bahwa meskipun di dalam film Susan ditampilkan lebih berdaya, film ini tidak sepenuhnya memberdayakan Susan. Masih ada penggambaran yang memosisikan Susan sebagai tokoh yang inferior. Dengan menggunakan teori agensi oleh Trites (1997), teori representasi oleh Hall (1997), dan unsur-unsur analisis film oleh Bordwell dan Thompson (2013), penelitian ini akan mengidentifikasi perbedaan penggambaran Susan dibandingkan tokoh laki-laki dan memeriksa agensi, suara, dan kekuatannya dalam buku dan film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemosisian Susan di dalam film tidak terlalu jauh berbeda dari pemosisian Susan di dalam buku. Ia tetap diposisikan sebagai tokoh yang lebih rendah daripada tokoh laki-laki. Dengan demikian, meskipun film menggambarkan Susan sebagai tokoh perempuan yang berdaya melalui perubahan alur dan representasi visualnya, film masih jatuh ke dalam perangkap stereotip gender. Beberapa mise-en-scène dalam film masih mewakili sistem patriarki dalam penggambaran stereotip gendernya yang kontraproduktif dengan upaya film tersebut untuk memberdayakan Susan.

 

 


Women empowerment is often used in films to bring forward female characters whose voices and actions are often put in the background. Agency, voice, and power are inter-connected elements in helping to shape an empowered female figure. The film adaptation of The Chronicles of Narnia: Prince Caspian (2008) takes a different approach in delivering the story which results in significant differences in the plot and Susan Pevensie’s character who is portrayed to be more empowering in the film than in the novel. This research aims to show that although in the film Susan is portrayed to be more empowering, it still does not fully empower Susan. There are several depictions that position Susan as an inferior character. By using agency theory by Trites (1997), representation theory by Hall (1997), and elements of film analysis by Bordwell and Thompson (2013), this research aims to identify the differences in Susan’s depictions compared to the male characters and analyze her agency, voice, and power in the novel and film of The Chronicles of Narnia: Prince Caspian. The result shows that Susan’s positioning in the film is not so much different from her positioning in the novel. She is still positioned as a character who is inferior to the male characters. Although Susan is portrayed as an empowered female character through the changes of the plot and her visual representation, the film still falls into the trap of gender stereotyping. Some mise-en-scène in the film still represent the patriarchal system in its gender stereotyped portrayal which is counterproductive to the effort of the film to empower Susan.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anindita Larasati
"Salah satu cara tokoh perempuan menavigasi jalan mereka melalui masyarakat patriarki adalah dengan memanfaatkan agensi. Kekuatan supernatural dapat menjadi salah satu bentuk kekuatan yang mereka miliki. The Foreshadowing (2006) adalah sebuah sastra anak yang mengambil latar Inggris dan Prancis pada masa Perang Dunia I. Berbeda dari kebanyakan novel anak bertema perang, tokoh utama novel ini adalah remaja perempuan bernama Alexandra. Perbedaan lain dari novel ini yaitu penggunaan kekuatan supernatural sebagai sumber agensi. Dengan menggunakan teori hegemoni gender oleh Schippers (2007) dan agensi perempuan oleh Trites (1997), penelitian ini membahas tokoh Alexandra, ayah, ibu, Tom, dan Jack. Hasil analisis memperlihatkan bahwa novel ini menunjukkan ambivalensi terhadap penggambaran kekuatan supernatural terkait dengan agensi perempuan. Di satu sisi, novel ini menunjukkan kekuatan supernatural sebagai alat yang sangat kuat sehingga dianggap sebagai ancaman oleh sistem patriarki yang direpresentasikan melalui tokoh ayah. Alexandra ditampilkan menggunakan agensinya dengan bantuan kekuatan supernatural untuk menerobos batas-batas peran gender yang berlaku di zamannya. Meskipun demikian, novel ini masih terbatasi oleh peran gender di masa Victoria karena tidak memberikan akses kepada tokoh perempuan untuk terlibat langsung di dalam peperangan.

One way female characters navigate their way through a patriarchal society is by utilizing their agency. Supernatural power can be one form of power they are endowed. The Foreshadowing (2006) is a children‟s literature set in England and France during World War I.Unlike most war-themed children‟s literature, the main character is a teenage girl named Alexandra. What also sets this novel apart is the use of supernatural power as a source of agency. Using theory on gender hegemony by Schippers (2007) and female agency by Trites (1997), this research examines Alexandra, her father, her mother, Tom, and Jack. The findings show that the novel is ambivalent in its portrayal of supernatural power in relation to female agency. On the one hand, the novel demonstrates that supernatural power is such a powerful tool that it poses a threat to the patriarchal system represented through the father. Alexandra is shown to be utilizing her agency with the help of supernatural power to overcome the boundaries set by gender roles during that time. On the other hand, this novel is still limited by Victorian gender roles because it gives no room for the female character to take part actively in the war.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6   >>