Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 154 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Farras Nawara Nawal Yumna
"Penelitian ini membahas tentang keberlanjutan sistem informasi perpustakaan Universitas Gunadarma yang menerapkan sistem informasi perpustakaan baru dalam memudahkan kinerja pustakawan. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan sistem informasi perpustakaan Universitas Gunadarma dari offline ke online serta mengetahui keberlanjutan sistem informasi Perpustakaan Universitas Gunadarma dalam menerapkan sistem yang baru. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen terkait keberlanjutan pada sistem informasi perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberlanjutan sistem informasi Perpustakaan Universitas Gunadarma sudah terbilang cukup bagus akan tetapi pustakawan yang ada di sana harus memperhatikan penyesuaian-penyesuaian pada perubahan yang terjadi. Temuan penelitian juga mengungkapkan bahwa sebaik-baiknya sistem yang dirancang oleh ahli IT belum tentu dapat digunakan dengan baik oleh penggunanya. Studi ini menyarankan agar perpustakaan dapat mempertahankan keberlanjutannya dengan melakukan perawatan dan perbaikan pada sistem serta memberikan sosialisasi dan melakukan analisis kebutuhan pengguna pada mahasiswa agar mereka dapat memahami dan dapat mengakses sistem ini dengan baik dan benar.

This study discusses the sustainability of the Gunadarma University library information system which implements a new library information system to facilitate the performance of librarians there. This study aims to identify changes in the Gunadarma University library information system from offline to online and to determine the sustainability of the Gunadarma University Library information system in implementing the new system. Data collected through in-depth interviews, observation and document analysis related to the sustainability of the library information system. The results show that the sustainability of the Gunadarma University Library information system is quite good, but the librarians who are there must pay attention to adjustments to the changes that occur. The study findings also reveal that the best system designed by IT experts can not necessarily be used properly by its users. This study suggests that library should keep their system sustain with system maintenance and they need to socialize and make the user needs about the system so that they able to access the system properly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Rahmawati
"ABSTRAK
Skripsi ini bertujuan untuk membahas mengenai manajemen terhadap informasi publik yang diterapkan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Implementasi dari praktik manajemen informasi ANRI ini terdiri dari identifikasi sumber informasi publik ANRI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil temuan menjukkan bahwa pelaksanaan manajemen informasi publik di ANRI terbagi berdasarkan jenis sumber informasi publik itu sendiri, yaitu informasi publik yang bersumber dari arsip dinamis dan informasi publik yang bersumber dari arsip statis. Manajemen informasi publik yang diterapkan oleh ANRI mencakup tiga kegiatan utama, yaitu pengolahan, penyimpanan dan penyebaran informasi publik. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, terdapat beberapa kekurangan ANRI dalam memberikan pelayanan keterbukaan informasi publik yang disebabkan oleh kekurangan ANRI dalam melakukan manajemen informasi terhadap informasi publik. Oleh karena itu, ANRI masih perlu meningkatkan perencanaan dan upaya yang lebih baik yang berkaitan dengan manajemen informasi publik ANRI.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kitri Safariningsih
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai sikap pemustaka terhadap hak cipta dikaitkan dengan layanan fotokopi di perpustakaan Johannes Oentoro Universitas Pelita Harapan. Sikap pemustaka dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemustaka memberikan sikap negatif terhadap hak ekonomi dan sikap positif terhadap hak moral. Namun secara keseluruhan pemustaka memeberikan sikap positif terhadap hak cipta dalam kaitannya dengan layanan fotokopi yang ada di perpustakaan Johannes Oentoro. Penulis menyarankan agar perpustakaan memberikan batasan yang tegas, membuat peraturan hanya koleksi terbitan luar negeri yang dapat diperbanyak, memberikan pengawas layanan fotokopi, formulir untuk mendata koleksi yang difotokopi, dan sosialisasi terhadap hak cipta dan Undang-undang Hak Cipta yang berlaku agar dapat dijalankan oleh pemustaka dalam menjalankan kegiatan baik di lingkungan perguruan tinggi maupun masyarakat.

ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses the library users' attitude towards copyright associated with photocopy service in the Johannes Oentoro library Pelita Harapan University. Users? attitude viewed from the aspect of cognitive, affective, and conative. This study uses a quantitative study with survey methods and data collection in the form of questionnaires and interviews. The study concluded that users provide negative attitude towards economic rights and positive attitude towards moral rights. But overall users provide positive attitude towards copyright in relation to photocopy service in the Johannes Oentoro library. The author suggested that the library provide strict limits on boundaries, invent and create regulation that only imported books can be photocopied, personnel to supervise photocopy service, form to record a collection of photocopied, and disseminate the copyright and its Copyright Act to be applicable for users in running their activities both in universities and society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S489
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Suharmini Wahyuningsih
"Tesis ini mengevaluasi 4 mata kuliah program web suplemen yaitu mata kuliah Pelayanan Bahan Pustaka, Manajemen Perpustakaan, Dasar-Dasar Dokumentasi dan Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan yang dijadikan balhan ajar dalam pengajaran menggunakan sistem e-learning. Metode yang digunakan adalah kuantatif, dengan mendeskripsikan data yang masuk melalui kuesioner.
Hasil yang diperoleh dalam evalusi adalah program web suplemen bahan ajar tersebut responden merasakan manfaat pemahaman yang lebih mudah dari mata kuliah tersebut, penambahan pengetahuan tentang ilmu perpustakaan. Di sawing itu responden merasa lebih siap dalam menghadapi ujian semester dengan adanya soal-soal latihan beserta umpan balik dalam materi web suplemen tersebut;This thesis evaluates web-supplements programs of the four courses.

This thesis evaluates web-supplements programs of the four courses: Bibliographical Services, Library Management, Basic of Documentation, and, Library Collaboration and Network. Those are used as course material in the e-learning system. The research uses quantitative method using descriptive data from quesionnaires.
The result of the evaluation shows that the respondents consider to get the advantages of the easiness in grasping the course materials and improving on the library science knowledge. Furthermore, the respondents consider that the exercises and their feedbacks in the web-supplement programs make them feeling well-prepared to cope with the semester examination. In fact, they do not have any difficulties to access those programs, and especially the respondents who work, are not disturbed by the way the programs do.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T26915
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Wajdi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan di perpustakaan berdasarkan harapan dan persepsi pengguna. Penelitian dilakukan pada Perpustakaan IAIN Sultan Maulanan Hasanuddin Banten. Responden penelitian terdiri dari 20 dosen di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Metode pengukuran yang dilakukan adalah Libqual +TM, yaitu metode pengukuran kualitas layanan perpustakaan berdasarkan harapan dan persepsi pengguna. Empat variabel yang diukur dalam penelitian ini, yaitu (1) access to information (2) affect of service, (3) personal control, (4) library as place. Temuan penelitian menunjukan bahwa layanan Perpustakaan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten secara umum belum memuaskan responden. Hal ini terlihat dari kesenjangan (gap) antara harapan minimum dan persepsi responden adalah -1,46 yang menunjukan bahwa adequacy gap berada dibawah batas toleransi (zone of tolerance). Sedangkan berdasarkan jenis layanan di perpustakaan, layanan sirkulasi memiliki adequacy gap -1.33, layanan internet -1,46 dan layanan referensi memiliki adequacy gap -1,57. Jadi seluruh jenis layanan yang ada di Perpustakaan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten belum memuaskan responden. Aspek yang memerlukan perbaikan mendesak diantaranya adalah: (a) Fasililtas fisik perpustakaan, seperti meja, bangku, rak buku, AC dan kesediaan listrik yang memadai, baik untuk layanan referensi, sirkulasi maupun layanan internet (b) Jumlah komputer untuk layanan internet yang kurang memadai (c) Koleksi buku dan majalah yang kurang memadai, terutama koleksi referensi dan buku-buku terbitan terbaru (d) Tidak tersedianya ruang khusus diskusi yang nyaman (e) Kemampuan dan jumlah petugas yang masih terbatas dalam melayani pengguna, terutama dalam hal mengevaluasi informasi dan mencari informasi di internet (f) Kurangnya petunjuk yang memudahkan pengguna untuk menemukan informasi yang dicari.

The objective of this research is to measure the quality of library service in library based on expectation and user's perceived. This research was conducted in the Library of IAIN Sultan Maulan Hasanuddin Banten. Libqual +TM method was used that is quality of library service measurement based on user's expectation and user's perceived. There are for measured variables in this research those are (1) access to information (2) affect of service, (3) personal control, (4) library of place. The result shows that the quality of library service of IAIN Sultan Maulan Hasanuddin Banten is not satisfied the users. It shows from there is a gap between minimum expectation and their perceived about -1.46 and it means that adequacy gap is under zone of tolerance. Meanwhile, based on the service category in the library the adequacy gap of circulation service is -1.33, internet services is -1.46 and the adequacy gap of reference service is -1.57. So, for all service categories in the Library of IAIN Sultan Maulan Hasanuddin Banten were not satisfied to the users. From those findings, there are several aspect that still need improvement in meeting the users' demand including (a) library physical facility as table, desk, and bookcase, AC and sufficient electric for all reference services, circulation and internet services, (b) lack of computers in internet services, (c) book and magazine collections particularly for reference collections and the recent publication, (d) there is no particular comfortable space for discussion, (e) lack of staffs and their ability in giving service to the users, particularly in doing evaluation of the information and information searching on the internet, (f) lack of information direction to the user in searching the information needed."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28934
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Made Kumara Santi Dewi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai kualitas layanan perpustakaan elektronik keliling (pusteling) dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMK. Perpustakaan elektronik keliling merupakan sebuah program baru yang diluncurkan oleh Perpustakaan Nasional RI untuk meningkatkan penetrasi teknologi informasi/internet di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui kualitas layanan yang diberikan oleh pusteling kepada salah satu pemustakanya yaitu siswa SMK. Lokasi penelitian diadakan di SMK 11 Kelompok Bisnis dan Manajemen Pinangsia, Jakarta Barat. Berdasarkan observasi dan pengolahan data kuesioner secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pusteling kepada siswa SMK sudah tergolong baik. Dari 5 faktor penentu kualitas sebuah layanan, dua di antaranya yaitu kelengkapan fasilitas dan penataan ruangan mendapat poin sangat baik. Sedangkan kebutuhan informasi siswa SMK yang berhasil diidentifikasi terbagi menjadi tiga konteks yaitu kebutuhan informasi berdasarkan peran sosial, personal dan lingkungan. Terkait dengan peran sosial sebagai pelajar, penyelesaian tugas sekolah menempati prioritas pertama dan kedua. Untuk kebutuhan informasi dilihat dari sisi personal, informasi mengenai hiburan mendapat prioritas teratas. Sedangkan untuk kebutuhan informasi menyangkut konteks lingkungan, informasi mengenai peristiwa terkini mendapat peringkat pertama.

ABSTRACT
This study is about the service quality of mobile electronic library in meeting the information needs of vocational students. Mobile electronic library is a new program launched by the National Library to enhance the penetration of information technology/internet in the community. The purpose of this study wanted to know the quality of services provided by electronic mobile library to the vocational students as one of their user. The research location was held at SMK 11 Pinangsia Business and Management Group, West Jakarta. Based on observations and data processing quantitative methods, the results showed the quality of services provided by pusteling to vocational students are good. Of the five determinants of service quality, two of which are complete facilities and arrangement of the room got very good points. While the information needs of vocational students who were identified divided into three contexts is based on the information needs of social roles, personal and environmental. Associated with social roles as students, completion of school work got the first and second priority. For information needs in terms of personal, information about the entertainment gets top priority. As for the need of information regarding the environmental context, information on current events got first rank. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S487
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bagus Ariowibowo
"Penelitian ini membahas mengenai penerapan program TBM Ruang Publik di TBM@Mall Plaza Semanggi dan TBM@Mall Blok M Mall. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan program TBM ruang publik dalam bidang layanan dan kegiatan TBM@Mall Plaza Semanggi dan TBM@Mall Blok M Mall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif berbentuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan program TBM Ruang Publik kedua TBM yang menjadi tempat penelitian belum maksimal dalam memberikan layanan dan mengadakan kegiatan bagi para penggunanya, karena kedua TBM tersebut belum memberikan layanan dan mengadakan kegiatan seperti apa yang dianjurkan dalam Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan TBM Ruang Publik.
Hasil penelitian ini menyarankan bagi para pengelola TBM untuk lebih memahami Petunjuk Teknis Pengajuan dan Pengelolaan TBM Ruang Publik agar bisa memberikan pelayanan yang maksimal serta mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk penggunanya dan juga pengelola harus mampu memaksimalkan pendanaan yang telah diberikan untuk pengelolaan TBM@Mall.

This study discussing about the implementation Public Space Community Reading Center Program at TBM@Mall Plaza Semanggi and TBM@Mall Blok M Mall. The purpose of this research is to identify implementation Public Space Community Reading Center Program especially in the field of services and activities in both of place. Method used in this research is descriptive qualitative case studies.
The conclusion of this study is the impelemtation Public Space Community Reading Center Program in both of place are not maximized in providing services and conducting activities for its users, because TBM is not yet providing services and conducting activities. The
Researcher suggest that the managers could understand the Techical Guidelines for Application and Management of Public Space Community Reading Center in order to provide maximum service and conduct activities and managers must be able to maximize the funding that has been given to the TBM@Mall Management.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43370
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andreina Caniggia
"Skripsi ini menjelaskan tentang pencapaian target pengguna Perpustakaan Umum Freedom yang dilihat dari Komunikasi Pemasaran Terpadu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam, kajian pustaka lalu dianalisis dan diinterpretasikan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Komunikasi Pemasaran Terpadu harus diterapkan secara intensif dan berkelanjutan untuk membangun branding awarness dalam masyarakat dan mencapai visi misi Perpustakaan. Selain itu, untuk perkembangan dalam Perpustakaan, Komunikasi Pemasaran Terpadu pun hadir dalam elemenelemennya sebagai berikut: Iklan, Pemasaran Langsung, Pemasaran Interaktif, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, dan Penjualan Personal.

This mini-thesis describes the achievement of the target users who viewed the Public Library Freedom viewed from Integrated Marketing Communications. This study uses qualitative research methods with indepth interviews, literature review, analyzed and interpreted. The results suggest that integrated marketing communications should be applied intensively and sustainably to build branding awarness in society and achieve the vision mission of the Library. In addition, for developments in the Library, Integrated Marketing Communications was present in the elements as follows: Advertising, Direct Marketing, Interactive Marketing, Sales Promotion, Public Relations, and Personal Selling."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42875
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Moethia Anggraeni
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas proses pendirian dan penerapan repositori lembaga di UI
dan IPB dari segi manajemen repositori. Topik ini diteliti karena melihat
perkembangan repositori dalam menyimpan karya ilmiah yang diproduksi oleh
sivitas akademika di perguruan tinggi serta memudahkan masyarakat luas untuk
mengakses penelitian yang pernah dilakukan oleh perguruan tinggi tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses pendirian repositori di UI
dan IPB dengan menggunakan teori dua fungsi manajemen yaitu planning dan
staffing. Selain itu penelitian ini juga ingin menganalisis proses pengumpulan
karya ilmiah yang diproduksi oleh perguruan tinggi. Hasil yang diharapkan dari
penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran bagaimana proses planning,
staffing, dan pengumpulan konten ketika kedua perguruan tinggi ini mendirikan
sebuah repositori untuk menyimpan karya ilmiah mereka. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Cara
pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan melakukan
wawancara ke beberapa narasumber dan observasi terhadap repositori yang
dimiliki oleh UI dan IPB.

ABSTRACT
This thesis discusses the development and implementation of repository
institutions in terms of UI and IPB management repository. This topic studied
since seen the development of a repository to store scientific papers produced by
academicians in universities and enable the public to access the studies that have
been conducted by the college. The purpose of this study was to analyze the
process of the establishment of a repository in the UI and IPB using the theory of
two functions in management, planning and staffing. In addition, this study also
wants to analyze the process of collecting scientific papers produced by the
college. The expected outcome of this study is to provide an overview of how the
process of planning, staffing, and collecting contents when both the college set up
a repository for storing their scientific work. This study used a qualitative
approach to the case study method."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54269
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antoni Panji Purnomo Adi
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai peran perpustakaan khusus dalam memenuhi
kebutuhan informasi peserta diklat di perpustakaan Lemhannas RI. Tujuan penelitian
ini adalah mengetahui kebutuhan informasi yang dibutuhkan bagi peserta diklat dan
layanan yang diberikan Perpustakaan Lemhannas RI dalam memenuhi kebutuhan
informasi peserta diklat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah
kebutuhan informasi peserta diklat sangat beragam tergantung dari jenis pekerjaan
masing-masing peserta. Dari segi layanan yang diberikan perpustakaan Lemhannas
RI belum mampu memenuhi kebutuhan informasi bagi peserta diklat.

ABSTRACT
This research examines about the role of special libraries in fulfilling the information
needs by training participants in National Resilience Institution RI. This research to
identify the need of information by training participants and the services provided by
Library of National Resilience Institution RI in fulfilling the need of information by
training participants. This research is a qualitative research with use case study
method. This study used data collection techniques with interviews, observation and
document analysis. The results of this research are training of participants needs of
information vary depending on the type of work each participant. In terms of library
services provided National Resilience Institution RI has not been able to fulfill the
need of information by training participants"
2014
S57445
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   4 5 6 7 8 9 10 11 12 13   >>