Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 50 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Fajar Prihatini
"Tesis yang berjudul Representasi Pemikiran Montesquieu melalui Harem dalam Lettres Persanes merupakan penelitian terhadap roman Lettres Persanes 'Surat-surat Persia' karya Montesquieu (1721). Penelitian ini beranjak dari permasalahan bagaimana harem merepresentasikan pemikiran Montesquieu dalam roman Lettres Persanes. Roman ini pernah dianalisis oleh peneliti terdahulu dengan melihat roman dalam kaitannya dengan kondisi sosial penciptaan karya. Melalui penelitian tersebut dan kritik terhadap novel diketahui bahwa roman itu dibuat untuk mengkritik pemerintahan Louis XIV dan Philippe d'Orleans. Akan tetapi, penelitian mengenai harem dan penghuninya sebagai alat pembanding yang digunakan oleh pengarang di dalam menyampaikan kritiknya masih jarang ditemukan. Oleh karena itu, penelitian ini hanya berfokus pada harem dalam merepresentasikan pemikiran pengarang. Data yang digunakan hanya berjumlah 38 surat dari seluruh surat yang berjumlah 161. Ke-38 surat itu berhubungan dengan harem di dalam roman. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang didukung dengan teori strukturalisme untuk membedah teks pada tingkat awal. Melalui analisis strukturalis didapatkan pengaluran sebanyak 208 sekuen dan hanya 19 sekuen yang berfungsi sebagai pembentuk alur. Selain itu, terdapat pula tokoh utama, laki-laki pemilik harem yang bernama Usbek, lima orang istrinya, selir, kasim hitam dan kasim putih, serta budak perempuan dan laki-laki.
Pengarang menggabungkan Barat dan Timur dalam latar waktu dan tempat. Kemudian, penelitian dilanjutkan dengan menghubungkan hasil analisis strukturalis itu dengan latar pemikiran pengarang yang dipengaruhi oleh aliran klasisisme dengan elemen dasar berupa penghargaan terhadap kemanusiaan, keteraturan, ketegasan, keselarasan, kesatuan, dan keterbukaan serta konsep berpikir kritis abad Pencerahan. Representasi yang dibungkus melalui harem membuat pembahasan mengenai perempuan dan relasi kuasa di dalam harem melalui tiga sumbu kekuasaan, yaitu kelas, gender, dan ras harus dilakukan pada tataran selanjutnya. Kesimpulan atas penelitian ini adalah bahwa melalui harem, pengarang menghadirkan pemikirannya sebagai seorang humanis dengan konsep berpikir kritis cartesian dan juga pemikirannya tentang kekuasaan serta hukum dan keteraturan, sedangkan bentuk penulisan surat-menyurat dan cerita tentang Timur digunakan bagi pengarang untuk bersembunyi dan menyembunyikan kritiknya mengenai Prancis serta menarik perhatian pembaca.

This thesis, Representation of Montesquieu's Ideas and Thoughts through the Harem in Lettres Persanes, presents an analytical account of Montesquieu's novel Lettres Persanes, 'Persian Letters' (1721). This novel has been previously analyzed by a researcher who related it to the social conditions of its production. That research and other critical appraisals of the novel argue that the novel was written to criticize governance under Louis XIV and Philippe d'Orleans. To date, it is rare to find an analysis of life in the harem which sees it as the comparative tool used by the author in his critique. This analysis, by contrast, starts by problematizing the harem depicted in the Persian Letters and research focuses only on the harem to represent the ideas and thoughts of the author. The data used for the analysis was obtained from 38 out of the 161 letters which make up the novel. The 38 letters concern life in the harem. Their analysis is carried out by means of the qualitative method and supported by structuralism to look at the text in the first level. Through this structuralist analytical approach, it appears that there are 208 sekuen of narration and only 19 of them are qualified as the plot. Besides, there are also the main character, Usbek, the owner of the harem, his five wifes, his concubines whose numbers were left unspecified by the author, black and white eunnuch, male and female slaves.
The author used Western and Eastern societies as the novel's settings. The next step is analyzing the thoughts of the author which is influenced by classicism and by the cartesian critical perpective. Representation of thought through the harem requires an analysis of the power relations among the harem residents by using three main axes of power relations; class, gender, and race. The analysis concludes that the author as a philosopher represents his ideas about humanity, power, law and order by using cartesian critical and rationalistic perspective. The epistolary form and the history of the East are used to disguise the critique about French sosio-political life and also to attract a certain body of readers.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T37297
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahman
"Tradisi maataa merupakan tradisi tahunan yang di dalamnya terdapat berbagai ritual, kabhanti, dan tarian. Tradisi maataa memiliki nilai yang dapat mempersatukan masyarakat pendukungnya. Nilai itu berupa nilai religius dan nilai sosial, bahkan secara filosofi tradisi maataa merupakan perwujudan dari siklus kehidupan terutama yang berhubungan dengan kelahiran dan perkawinan. Selain itu, masalah kelisanan ditemukan dalam kabhanti tradisi maataa.
Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan kelisanan dan keberlangsungan tradisi maataa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelisanan dalam tradisi maataa tercermin dari kabhanti yang dilantunkan yang sarat dengan repetisi dan penggunaan perumpamaan yang mengambil dari alam sekitar. Selain itu, kabhanti dalam tradisi maataa penciptaannya terjadi secara spontan sangat bergantung pada audiens dan penari. Dari segi formula kabhanti dalam tradisi maataa umumnya berbentuk frasa dan ketika dilantunkan terjadilah variasi yang berbentuk teks dan cara melantunkannya. Untuk mempertahankan eksistensinya tradisi maataa diwariskan dengan melalui tiga pola pewarisan yaitu pewarisan dalam pertunjukan, pewarisan secara langsung, dan pewarisan di kalangan sendiri.

Maataa is an annual tradition and has various ritual, kabhanti and dancing. Maataa tradition has value that could unite all the society. Those values are religious and social value, even philosophically maataa tradition is a life cycle which relates to natality and marriage. In other hand, orality problem is also found in kabhanti maataa tradition.
The objective of this research is to explore the orality and the sustainity of maataa tradition. It used qualitative method by ethnography approach. The result shows that orality in maataa tradition reflected from the sound of kabhanti which has repetition and using of metaphor from the environment. Then, kabhanti in maataa tradition created spontaneously depend on the audiences and the dancers. Kabhanti formula generally in phrase and there are is variations on text and the way of orality when it is orality. There are three inheritance ways in keeping the existence of maataa tradition which are by performance, direct and inheritance of the society itself.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T29270
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fina Amalia Masri
"Alionda merupakan pertunjukan tradisi masyarakat Kulisusu di Kabupaten Buton Utara. Di dalamnya terdapat tarian, nyanyian, dan permainan rakyat. Pertunjukan ini mengandung nilai sosial dan nilai pendidikan. Akan tetapi, kepunahan mengancam keberlanjutannya. Sebagai bagian dari tradisi lisan, salah satu penentu eksistensi dan keberlanjutan alionda adalah bagaimana ia dikelola. Hal tersebut dibahas dalam penelitian ini, dengan tujuan menguraikan sistem pengelolaannya dan merumuskan perencanaan strategis sebagai upaya untuk mengantisipasi kepunahannya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan perekaman audio visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan pertunjukan alionda adalah sistem pengelolaan pertunjukan bersifat rakyat. Terdapat dua pola pewarisan dalam alionda, yaitu pewarisan dalam pertunjukan dan pewarisan dalam lingkup keluarga. Pewarisan ini dilakukan dengan melibatkan para siswa SMA Negeri 1 Kulisusu. Di dalamnya terjadi proses penciptaan yang dilakukan secara spontan oleh penyaji tanpa menggunakan teks tertulis. Proses tersebut melibatkan formula berbentuk kata dan terdapat penambahan "ornament" ketika nyanyian alionda disajikan dihadapan audiens. Sebagai upaya untuk mengantisipasi kepunahannya, dirumuskan empat perencanaan strategis dari penelitian ini, yakni strategi 1) pengembangan pertunjukan alionda dan pengelolaannya, 2) pemanfaatan Sumber Daya Manusia, 3) kreativitas, dan 4) strategi untuk mengantisipasi kepunahan alionda.

Alionda is a traditional performing art of Kulisusu Society in North Buton Regency. There are dance, song, and folk games inside it. This performance contains social and educational value. However, extinction threatens its sustainability. As part of oral tradition, one of the determinants of its existance and sustainability is how it is managed. That is discussed in this study, with the aim to describe its management system and formulate strategic planning as an effort to anticipate its extinction. This research is qualitative research with doing observation, interview, and audio-visual recording. The results show that the performance management system of Alionda is the performance management system of folk. There are two patterns of inheritance in Alionda, namely inheritance in performance and inheritance within the scope of family. Inheritance is accomplished by involving students of Senior High School of Kulisusu. There is a process of creation occurred in it, which is done by the performer spontaneously without using a written text. The process involves the formula in the form of word and there is the addition of "ornament" word when Alionda song is presented to the audience. As an effort to anticipate its extinction, four strategic planning has formulated from this study, they are: strategy of 1) the development and management of alionda performances, 2) utilization of Human Resources, 3) creativity, and 4) strategies to anticipate of alionda extinction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T29759
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfa Hassan
"ABSTRAK
Skripsi ini berjudul Tema Penantian Melalui Struktur Drama En Attendant Godot. Judul itu dipilih berdasarkan asumsi, bahwa dalam drama tersebut terdapat tema penantian.
Tema ini mendorong penyusun untuk mengetahui lebih lanjut apakah struktur drama tersebut menunjang penyampaian tema.
Untuk kepentingan itu maka penyusun melakukan analisis unsur-unsur struktur karya seperti alur, tokoh, latar, dan judul.
Analisis alur menunjukkan tidak adanya konflik dengan akibat alur cerita tidak berkembang.
Pernyataan di atas akan diperkuat lagi dengan melakukan analisis-unsur-unsur struktur lain yang terdapat dalam karya.
Analisis tokoh menunjukkan bahwa di dalam drama ini identitas tokoh nyaris tidak ada, begitu pula halnya dengan keterangan yang menyangkut hubungan antara tokoh serta tindak-tanduk mereka. Akibatnya pembaca menantikan keterangan-keterangan tersebut, namun hal itu tidak pernah ada, sehingga pembaca pun terpaku dalam situasi menunggu. Hal yang sama terjadi pula pada unsur struktur lainnya. Melalui latar misalnya.
Hasil analisis latar yang terdiri dari analisis tempat dan waktu juga menopang adanya tema penantian, karena analisis menunjukkan bahwa Estragon dan Vladimir tidak pasti akan tempat serta waktu perjumpaannya dengan Godot. Selain itu terjadinya peristiwa di tempat yang sama juga menambah kenungkinan kegagalan mereka untuk bertemu dengan Godot. Janggalnya, ketidakpastian ini tidak menjadi masalah bagi mereka. Sekalipun tempat dan waktu penting artinya dalam suatu penantian. Tidak acuhnya tokoh Estragon dan Vladimir terhadap kepastian tempat dan waktu tersebut memperkuat kesan seakan-akan situasi menunggulah yang ingin ditonjolkan.
Analisis judul menunjukkan bahwa baik dari komponen makna serta strukturnya, judul memiliki peran dalam menopang tema penantian. Analisis unsur-unsur struktur membuktikan bahwa struktur dalam drama ini erat hubungannya dengan tema penantian.

"
1989
S14520
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joesana Tjahjani
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan makna judul dan hubungannya dengan struktur karya. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan struktural dan teori yang digunakan adalah : teori Tzvetan Todorovmengenai aspek karya naratif, teori Roland Barthes mengenai hubungan sintagmatik dan paradigmatik, teori Schmittdan Viala mengenai sekuen, teori Jan Van Luxemburg dkk. Mengenai situasi bahasa dalam karya sastra, teori Nidadan Taber mengenai jenis-jenis makna serta teori Mariana Tutescu mengenai analisis komponen makna dan isotopi.
Analisis struktur karya mengungkapkan bahwa didalam karya terdapat bagian cerita yang terputus-putus,karena tidak diketemukannya hubungan logis dalam keseluruhan karya. Selain itu analisis ini mengemukakan pula kehadiran penutur yang berganti-ganti. Hal-hal tersebutmengakibatkan timbulnya kesan kesenjangan di dalam karya.
Setelah analisis struktur karya, dilakukan analisismakna kata-kata yang terdapat di dalam judul (kecuali kata-kata gramatikal). Tampak kemudian bahwa ternyata judul memiliki hubungan yang erat dengan keseluruhan isi karya. Setiap kata dalam judul berhubungan dengan salah satu unsur karya. Penelitian terakhir yang dilakukan bertujuan untuk mengungkapkan kesatuan makna dalam keseluruhan judul. Hasil yang diperoleh adalah bahwa kata-kata yang diteliti memiliki komponen makna bersama yakni komponen makna bersama 'keadaan terputus dari akal atau pikiran manusia'.
Sebagai kesimpulan dapat dikatakan bahwa keadaan terputus dari akal atau pikiran manusia yang terungkap sebagai makna judul menggambarkan tidak adanya hubungan logis dalam keseluruhan karya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1989
S14331
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damar Jinanto
"Skripsi ini membahas tema kekuasaan yang terdapat di dalam film Un Prophète karya Jacques Audiard melalui analisis aspek naratif dan sinematografis film. Analisis juga didukung konsep kekuasaan Pierre Bourdieu untuk melihat bentuk pertarungan kekuasaan yang terjadi antartokoh dalam film. Pertarungan kekuasaan berhubungan dengan kepemilikan kapital tiap tokoh. Hasil analisis menampilkan relasi kuasa pada tokoh dalam mengakumulasikan dan mempertahankan kapital yang dimiliki di dalam ruang penjara. Film ini memperlihatkan usaha tokoh memperoleh kapital yang dibutuhkan dalam pertarungan kekuasaan.

This study discusses the themes of power contained in Un Prophète, directed by Jacques Audiard, through narrative and cinematographic aspects of the film. The analysis is also supported by Pierre Bourdieu’s concept of power to see the power struggle among the characters of the film. The power struggle is related to the capital ownership of each character. The analysis results show the power relation within the characters in accumulating and retaining the capitals that are held in the prison. This film shows the venture of the character to obtain the capitals which are needed in the power struggle.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53105
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sakya Anindhita
"Skripsi ini membahas makna perjalanan bagi dua tokoh utama dalam film _Le Grand Voyage_ karya Isma_l Ferroukhi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bantuan teori-teori dari kajian sinema. Hasil penelitian menyatakan bahwa melalui analisis aspek naratif dan sinematografis ditemukan perbedaan watak kedua tokoh utama yang menjadi sumber konflik. Di akhir perjalanan, kedua tokoh utama memiliki kesamaan pandangan terhadap makna perjalanan. Perjalanan ini berdampak besar dan bermakna mendalam bagi kedua tokoh utama yang ditandai dengan penemuan kedua tokoh utama akan makna cinta dan kehidupan. Makna "besar" dalam perjalanan tersebut berarti besar dari segi jarak, ruang, dan waktu, juga besar dari segi nilai-nilai spiritual.

The Focus of this study is to find the meaning of voyage according to two main characters on Ismael Ferroukhi_s film, _Le Grand Voyage_. This study is using qualitative method with the help of theories on cinema studies. The final results of this study shows that the differences of the two main characters in the film are recognized from the narative and cinematographic aspect; at the end of the voyage, both has the same view regarding the meaning of the voyage; the voyage has a big impact and deep meaning for them; the two main characters reveals a spiritual discovery; the meaning of "grand" in the voyage is grand of distance, space, and time, and also grand for its spirituality values."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
S14368
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muthia Aisha Chandra
"Skripsi ini membahas tentang pemikiran Jansenisme terutama mengenai grâce yang terdapat dalam novel Le Baiser au Lépreux melalui tokoh Jean yaitu dari diri Jean sendiri, lingkungan maupun latar tempat Jean berada. Untuk melihat bagaimana pemikiran tersebut ditampilkan dalam novel Le Baiser au Lépreux maka akan digunakan teori sintagmatik dan paradigmatik Roland Barthes dan teori sekuen Viala dan Schmitt.

Abstract
This thesis analysis the school of thought of Jansenism especially about the grace of God which is implied in the novel of Le Baiser au Lépreux through its main character Jean. The analysis will be focusing on Jean itself, his environment and places where he has been. To demonstrate the way the thoughts are being exposed in the novel of Le Baiser au Lépreux, the structuralism theory of Roland Barthes, Viala and Schmitt are applied."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S520
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Davina Aussieria
"Skripsi ini membahas mengenai keterasingan yang dialami tokoh Duc de Reichstadt dalam drama L?Aiglon karya Edmond Rostand ditinjau dari analisis alur, latar, tokoh dan pengujaran. Hasil analisis dari alur, latar, tokoh dan pengujaran menunjukkan bahwa Duc de Reichstadt, putra Napoleon yang diasingkan ke Austria ini mengalami keterasingan. Hal ini menyebabkan kerancuan pada identitasnya. Ia menjadi terasing dari masa lalunya dan ingin terbebas dari keterasingan yang dialaminya.

The focus of this study is the estrangement of Duc of Reichstadt, the main character of L?Aiglon a drama written by Edmond Rostand, reviewed by analyses on plot, setting, characters and speeches. Analysis on plot, setting, characters and speeches showed that Duc of Reichstadt, the son of Napoleon who was exiled in Austria, suffered of estrangement. This is led to confusion about his identity. He became isolated from his past and therefore wants to liberate himself from his estrangement."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42225
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siska Martina
"Skripsi ini membahas lirik lagu kebangsaan Prancis, La Marseillaise. Tujuan skripsi ini adalah menunjukkan adanya tema kekerasan melalui makna yang terkandung pada lirik lagu. Pendekatan yang dilakukan adalah analisis makna lirik lagu. Pertama-tama dilakukan pemilihan kata, frase, atau kalimat yang dianggap memiliki nuansa kekerasan. Analisis tersebut dilakukan menjadi dua bagian; yang pertama adalah analisis semantik yang terdiri dari analisis makna denotatif, konotatif, dan gaya bahasa, dan yang kedua adalah analisis pragmatik yang terdiri dari analisis komunikasi dan isotopi. Hasilnya menunjukkan bahwa lagu La Marseillaise mengandung tema kekerasan yang ditampilkan melalui aspek semantik dan pragmatiknya. Letak tema kekerasannya terlihat pada usaha Rouget de Lisle untuk membakar amarah rakyat Prancis untuk melakukan kekerasan kepada musuh republik Prancis.

This thesis is focused to the French national anthem, La Marseillaise. The aim of this thesis is to show the theme of violence and through the meanings contained in the lyrics of the song. The approach taken is to analyze the meaning of song lyrics. First, it_s choosing the words, phrases, or sentences, which are considered to have a feel of the violence. Analysis occurred in two parts; the first is semantic analysis consisted of denotative meaning, connotative meaning, and style of language analysis. The second is pragmatic analysis consisted of communication and isotope analysis. The results are showed that the song La Marseillaise contain themes of violence that is displayed through its semantics and pragmatics aspects. The themes are seen in the hardness of Rouget de Lisle to burn the French people's anger to do violence to the enemy of French republic.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S14505
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5   >>