Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Yusaq Faiz Fadin
"ABSTRAK
Permasalahan penugasan truk pada area tambang memiliki kontribusi sebesar 50% dari biaya operasi berdasarkan literatur yang ada. Efisiensi pada permasalahan tersebut perlu dilakukan agar bisa mendapatkan aturan penugasan terbaik dalam pengalokasian truk dan loader untuk menjawab pertanyaan kemana seharusnya sebuah truk pergi agar mampu untuk memaksimalkan jumlah produksi dan memberikan penghematan biaya operasi yang signifikan pada industri yang bergerak di bidang pertambangan. Pendekatan terhadap look-ahead algorithm belum pernah dilakukan sebelumnya pada area pertambangan dalam menyelesaikan permasalahan penugasan dump truck. Riset ini mengembangkan sebuah model simulasi dan optimasi dalam menyelesaikan permasalahan penugasan dump truck dengan menggunakan data real-situation. Penelitian ini menggunakan discrete event simulation untuk menguji beberapa metode skenario penugasan truk diantaranya LP-Gap, persentase LP-Gap, multi-stage algorithm dan look-ahead algorithm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode skenario look-ahead algorithm memberikan jumlah produksi, produktivitas loader, produktifitas truk dengan blok dan tanpa blok yang terbaik sebesar 43,533 ton, 64.44%, 80.53% dan 63.47%.

ABSTRACT
The truck dispatching problem in open-pit mines area has a contribution of 50% of the operating costs according to the literature. Efficiency on the problem needs to be done in order to get the best dispatching rules for the allocation of truck and loader to answer the question where should a truck go to be able to maximize the number of production and provide significant operating cost savings to the industry engaged in mining. This approach to the look-ahead algorithm has never been done before in a mining area in solving the truck dispatching problem. This research developed a simulation and optimization model in solving the problems of assignment dump truck by using real data-situation. This study uses a discrete event simulation to test several scenarios methods of truck dispatching, including LP-Gap, the percentage of LP-Gap, multi-stage algorithm and look-ahead algorithm. The results of the study, show that a look-ahead algorithm scenario method gives the number of production, productivity of loaders, productivity of trucks with block and without block are the highest; 43,533 ton, 64.44%, 80.53% and 63.47%."
2016
T45721
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Yusaq Faiz Fadin
"Fokus pada penelitian ini membahas potensi dampak lingkungan dari aktifitas pemanfaatan emisi gas karbon dioksida sebagai injeksi miscible gas pada enhanced oil recovery. Responsible Innovation dipilih sebagai kerangka kerja besar pada peneltian ini, pemanfaatan CO2 dianggap sebagai salah satu inovasi yang harus dijaga keberlanjutannyya, oleh karena itu studi ini membahas dan menganalisis menggunakan lima dimensi responsible innovation diantaranya: anticipation, reflexivity, responsiveness, deliberation and participation. Sebagai alat untuk mengevaluasi, Life Cycle Assessment digunakan untuk menganalisis dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh 4 unit utama dalam proses CO2-Enhanced Oil Recovery yaitu sumur gas Subang,CO2 Recovery, CO2 Transmisi, dan sumur minyak EOR Jatibarang.
Kami membangun model perhitungan LCA dengan software spreadsheet, untuk mengukur berbagai kuantitas input feed gas yang berbeda untuk mengevaluasi dampak lingkungan yang ditimbulkan. Potensi dampak lingkungan terbesar adalah kontribusi terhadap dampak pengasaman/acidification ,yang sumbernya didominasi oleh emisi dari unit CO2 recovery. Secara umum, dampak lingkungan terbesar dalam kategori LCA adalah pengasaman/acidification, diikuti oleh pembentukan photo-oxidant, perubahan iklim/climate change dan penipisian sumber daya abiotik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unit sumur gas Subang menyumbang potensi dampak lingkungan terbesar dalam seluruh proses yang ada.

The focus of this research is to analyze potential environmental impact in the utilization of carbon dioxide gas emission as miscible gas injection on Enhanced Oil Recovery activity. Responsible Innovation has been choosen as a grand framework on this study, CO2 utilization is considered as one of the innovations that should be kept sustainability, therefore this study discuss and analyzes using five dimensions of responsible innovation namely: anticipation, reflexivity, responsiveness, deliberation and participation. As a tool to asses, Life Cycle Assessment (LCA) is applied to analyze impacts environment, produced by the four main units in the process of CO2-Enhanced Oil Recovery, which are Gas Well in Subang, CO2 Recovery, CO2 Transmission and Oil Well fo EOR in Jatibarang.
We developed LCA calculation model using spreadsheet software, used to assess a various of input quantity of feed gas to evaluate environmental impact. The biggest potential environmental impact is the contribution to acidification impact which emissions are produced mostly from unit CO2 recovery. In general, the biggest environmental impact in the LCA category is acidification, followed by photo-oxidant formation, climate change and depletion of abiotic resources. This study shows that gas wells in Subang gives the biggest environmental impacts potential in the whole process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59767
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library