Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alvin Steviro
Abstrak :
Isu kekristenan di komunitas Tionghoa-Indonesia telah banyak diteliti, akan tetapi jarang sekali ditemukan studi mengenai bagaimana budaya tinggi berpengaruh terhadap komunitas-komunitas Tionghoa-Indonesia Kristen. Tesis ini membahas konstruksi identitas Gereja Reformed Injili Indonesia GRII melalui artikulasi-artikulasi Ketionghoaan, Budaya Tinggi, dan Kekristenan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produksi dan konstruksi identitas kultural sebuah institusi agama di Jakarta serta memberikan perspektif alternatif terhadap konstruksi tersebut. Selain itu, sehubungan dengan pembahasan aspek budaya tinggi, penelitian ini juga diharapkan memberikan kontribusi dalam ranah Cultural Studies yang topiknya sering didominasi oleh budaya populer. Melalui metode participant observation serta analisis tekstual, tesis ini menggunakan doktrin Kalvinisme, konsep ketionghoaan, konsep budaya tinggi, teori religious economy, serta pikiran-pikiran Bourdieu dalam menganalisis diskursus diskursus yang bersirkulasi dalam GRII. Penelitian ini menemukan bahwa GRII mengonstruksi identitasnya melalui elemen-elemen ketionghoaan, budaya tinggi, dan kekristenan. Ketiga elemen ini saling berinteraksi dalam proses pembentukan identitas GRII. Artikulasi ketiga elemen ini, yang dilakukan secara selektif, juga diiringi kepingankepingan keindonesiaan, budaya populer, dan inklusivitas religius. Konstruksi identitas yang dilakukan tersebut pada akhirnya berpengaruh pada pemosisian diri gereja tersebut serta kapital kultural yang mereka miliki.
Christianity among Chinese-Indonesians is an issue that has been studied for numerous times. However, there have been few research on how high culture influences Christian Chinese-Indonesian communities. This thesis discusses Reformed Evangelical Church of Indonesia GRIIs construction of identity through articulations of Chineseness, High Culture, and Christianity. This research aims to analyze the production and construction of a Jakarta-based religious institutions cultural identity and to propose an alternative way of looking at the aforementioned identity construction. In addition, with the analyses on a particular articulation of high culture, this research also hopefully contributes to Cultural Studies academic discussions, which are usually dominated by the topic of popular culture. Through the methods of participant observation and textual analysis, this thesis applies doctrines of Calvinism, concepts of Chineseness, theories of high culture, the theory of religious economy, and Bourdieus thoughts in analyzing discourses which circulate within GRIIs identity construction. GRII is found to construct its identity through the elements of Chineseness, high culture, and Christianity. More specifically, the three elements interact one another during the churchs identity construction. Articulated selectively, the existence of the three elements are also followed by fragments of Indonesian-ness, pop culture, and religious inclusivity. Such construction of identity also affects the churchs positioning and cultural capital.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T54457
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvin Steviro
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini menganalisis elemen-elemen pemikiran Friedrich Nietzsche mengenai nihilisme dan Übermensch dalam tiga karakter utama film Fight Club (1999), yaitu sang Narator Tanpa Nama, Tyler Durden, dan Marla Singer. Tujuan penelitian ini adalah meninjau bagaimana film ini mengadopsi dan menginterpretasi ulang ide-ide Nietzsche tentang nihilisme dan Übermensch. Dua teori utama yang digunakan untuk meninjau korpus ialah konsep nihilisme dan Übermensch itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua konsep Nietzsche tersebut diadopsi hanya sebagian sebelum pada akhirnya film ini membuat versi nihilisme dan Übermensch nya sendiri.
ABSTRACT
This undergraduate thesis analyzes specific elements of Friedrich Nietzsche?s ideas on nihilism and Übermensch operating within Fight Club (1999)?s three main characters, which are the Unnamed Narrator, Tyler Durden, and Marla Singer. The main purpose of this research is to see how the movie adopts and interprets Nietzschean ideas of nihilism and Übermensch. The theoretical framework used to analyze the corpus consists of two main ideas, which are Nietzschean nihilism and Übermensch themselves. The final result of this research is that the two Nietzschean concepts are only partially adopted before the movie finally makes its own version of nihilism and Übermensch.
2015
S59377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library