Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andy Setyadi
Abstrak :
ABSTRAK
Dewasa ini masyarakat semakin dimanjakan oleh teknologi, sehingga bank dituntut oleh masyarakat modern memberikan kemudahan-kemudahan dalam melakukan kegiatan perbankan. Salah satu pelayanan jasa bank yang tergolong baru saat ini adalah layanan hybrid machine dan self service banking machine BRI yaitu layanan pembukaan rekening yang dapat dilakukan oleh nasabah sendiri tanpa harus mengantri di bank. Layanan ini pertama kali dikembangkan oleh Bank BRI pada tahun 2014. Di sisi lain dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia dikenal sebuah prinsip, yaitu prinsip menganal nasabah (CDD), yang mewajibkan adanya pertemuan langsung antara pihak bank dengan nasabah. Peneliti ingin mengkaji bagaimanakah perkembangan peraturan terkait prinsip tersebut, dan bagaimanakah layanan baru perbankan, Self Service Banking, dapat memenuhi prinsip tersebut. Penelitian ini akan dilakukan dengan metode kualitatif,menggunakan penelitian yuridis normative, dengan melakukan wawancara langsung kepada pihak BRI. BRI telah bekerjasama dengan Kementrian Dalam Negeri untuk mengembangkan reader KTP Elektronik, dan tapping fingerprint. Hal ini lah yang mendasari sistem keamanan BRI dalam hal pemenuhan Prinsip Mengenal Nasabah.
ABSTRACT
Nowadays people are increasingly spoiled by technology, so that the bank is required by modern societies provide easiness in conducting banking activities. One bank services that are new this time is a hybrid service machine and selfservice banking machine, is account opening service can be done by the customer himself without having to queue at the bank. This product was developed by BRI in 2014. In the legislation in Indonesia is known Customer Due Diligence. Researchers wanted to examine how the regulatory developments related to these principles, and how a new service banking, Self Service Banking, can meet these principles. This study will be conducted by a qualitative method, using a normative juridical research, with direct interviews to the BRI. BRI has cooperated with Kementrian Dalam Negeri to develop Electronic ID card reader and fingerprint tapping. This is the one underlying security system BRI in fulfilling CDD.
2016
S63969
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library