Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aris Sunawar
"Sistem pentanahan merupakan kunci penting untuk keselamatan manusia dan peralatan listrik dari lonjakan arus akibat hubungan pendek atau sambaran petir yang tidak dapat di prediksi kemunculannya. Sistem pentanahan yang baik mempunyai hambatan pentanahan yang kecil sehingga mampu menyalurkan arus berlebih langsung kedalam tanah. Hambatan tanah berasal dari hambatan jenis tanah, sedangkan faktor yang mempengaruhi hambatan jenis tanah adalah faktor suhu, kelembaban dan bahan kimiawi yang terkandung dalam tanah tersebut.
Tesis ini menyampaikan seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan pasir dan batu pada tahanan jenis tanah murni. Dengan melakukan pengujian hambatan di tanah campuran pasir dan batu pada kondisi kelembaban dan suhu yang dikondisikan serta penambahan garam kemudian dibandingkan dengan pengujian pada tanah murni. Dalam pengujian diperoleh tanah campuran pasir dan batu memiliki hambatan jenis yang lebih tinggi dari tanah murni, namun nilai hambatan jenis dapat berubah oleh kondisi kelembaban dan suhu tanah, serta penambahan garam.

The earthing system was the important key for the safety of humankind and electricity equipment from the increasing current from short circuits or the stroke of lightning that could not be predicted of its emergence. The good earthing system had the earth resistance that was small so be able to distribute the excessive flow direct into the land. The earth resistance came from the earth resistivity, whereas the factor that affected the earth resistivity is the temperature factor, humidity and the chemical material that were contained in this soil.
This thesis delivered how big is the influence that caused by sand and the stone in pure resistance of the soil. By testing the earth resistance in of mixed sand and rock land on condition for humidity and the temperature that were conditioned as well as the increase in salt afterwards compared with the testing to the pure soil. In the test was received the land and mix of stone and sand had the higher earth resistivity than the pure soil, but the value of the earth resistivity could be changed by the condition for humidity and the temperature of the soil, as well as the increase in salt."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
T24265
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Aris Sunawar
"Pengguna kendaraan sering harus memarkir kendaraan pada ruang terbuka yang terpapar panas matahari langsung, yang mana pada saat kondisi terik, temperatur didalam kabin mobil meningkat jauh dibanding kondisi temperatur luar. Temperatur di dalam kabin dapat mencapai lebih dari 60°C dalam waktu kurang dari 60 menit, yang tentunya dapat membahayakan bagi manusia ataupun bagi benda-benda didalam kendaraan serta menimbulkan kerusakan bagi material mobil itu sendiri.
Disertasi ini akan melihat pola distribusi temperatur mobil yang diparkir di bawah sinar matahari langsung di iklim tropis Indonesia, sehingga diperoleh pola data temperatur tertinggi dan terendah di dalam kabin mobil selama waktu pemanasan 60 menit. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model mobil asli dan menggunakan model skala untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Dengan memodelkan mobil menjadi suatu sumber panas konstan dengan prinsip konduksi thermodinamika, panas yang dihasilkan didalam kabin dimanfaatkan untuk mendapatkan energi listrik menggunakan modul thermoelektrik. Penggunaan modul thermoelektrik sebagai sumber energi tidak memerlukan tenaga dari mesin mobil yang memboroskan pengunaan bahan bakar minyak.
Penggunaan modul thermoelektrik yang diletakkan di atap seluas 1 m2 diperkirakan dapat menghasilkan daya sampai dengan 14,7W dengan simulasi diperoleh penurunan suhu sebesar 1°C. Dengan penurunan temperatur tersebut diharapkan dapat mengurangi bahaya yang mungkin timbul akibat panas dan meringankan kerja sistem pendingin mobil.

Vehicle users often have to park vehicles in open spaces that are exposed to direct heat, which during hot conditions, the temperature in the cabin of the car increases considerably compared to the conditions of outside temperaturs. The temperature in the cabin can reach more than 60 ° C in less than 60 minutes, which of course can be dangerous for humans or for objects in the vehicle and cause damage to the material of the car itself.
This dissertation will look at the temperature distribution patterns of cars parked in direct sunlight in Indonesias tropical climate, so that the highest and lowest temperatur data patterns are obtained in the cabin of the car during a 60 minute warm up time. Testing is done using the original car model and using a scale model to get more accurate results. By modeling the car into a constant heat source with the principle of thermodynamic conduction, the heat generated in the cabin is used to obtain electrical energy using a thermoelectric module. The use of a thermoelectric module as an energy source does not require power from a cars engine which wastes the use of fuel oil.
By using a thermoelectric module that is placed on a roof of 1 m2 it is estimated that it can produce power up to 14,7W with a target of decreasing the temperatur inside the cabin to reach 1 degrees compared to without the addition of modules. With the decrease in temperatur is expected to reduce the dangers that may arise due to heat and ease the work of the car cooling system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
D2715
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library