Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Arvi Istanto
Abstrak :
ABSTRAK
Organisasi harus membangunkepercayaan secara aktif menggandeng publik baik internal maupun eksternal demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi. Apabila fungsi komunikasi dengan publik organisasi dapat berjalan dengan baik, maka proses pencapaian tujuan organisasi akan mudah terlaksana. TNI Angkatan Darat sebagai organisasi dalam menjalankan tugasnya juga tidak luput dari pelanggaran yang dilakukan anggotanya, salah satunya peristiwa cebongan dan menjadi berita di media, sehingga opini publik terbentuk dan organisasi harus melakukan berbagai upaya agar citra organisasi tetap terjaga dengan melakukan serangkain komunikasi eksternal. Berdasarkan kerangka pikir tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui strategi komunikasi eksternal yang dilakukan oleh TNI Angkatan Darat dalam menghadapi opini publik dengan studi kasus pemberitaan media tentang peristiwa cebongan; dan hubungan TNI Angkatan Darat dengan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dan menghasilkan beberapa temuan. Pertama, strategi komunikasi eksternal yang dilakukan oleh TNI AD bertipologi reactive dengan pendekatan pada rectifying behaviour strategies berupa investigation. Strategi komunikasi tersebut masih memiliki beberapa kekurangan ditinjau dari, tidak adanya evaluasi secara khusus terhadap efektivitas kegiatan komunikasi yang telahmereka lakukan dan kurang fokusnya dalam menangani pencitraan. Kedua, peristiwa cebongan merupakan pelanggaran dan banyak di beritakan media tetapi opini publik tidak sepenuhnya negatif hal ini karena korban yang kebetulan preman dianggap meresahkan di masyarakat. Penelitian ini memberikan saran kepada TNI Angkatan darat untuk mempertahankan dan lebih membangun hubungan yang baik dengan masyarakat, karena sebagai lembaga pemerintahan TNI Angkatan Darat bekerja sepenuhnya untuk masyarakat, sehingga perlu adanya kejujuran kepada masyarakat agar kepercayaan masyarakat lebih baik.
ABSTRAK
Organizations must actively build trust by cooperating with their internal and external publics for the successful achievement of organizational goals. When communication functions with the public organization going well, then the process of achieving organizational goals, it will be easily accomplished. TNI Angkatan Darat as an Organization, in the duties also violated by its members. One of them was Cebongan Incident and this case reported by media. So, the public opinion was formed and organization should perform the way that the image of the organization is maintained with external communication. Based on such framework of notion, this research has several objectives, i.e. to understand the external communication strategy undertaken by TNI Angkatan Darat to face public opinion related on media coverage of cebongan incident, and know the relationship of TNI Angkatan Darat and the external public. This research uses a qualitative descriptive method and yields on several important findings. First, the external communication strategy undertaken by TNI Angkatan Darat has a reactive typology by rectifying behavior strategies via investigation. The communication strategy is not yet able to meet the criteria of a good communication strategy, which is reviewed from: first, there is no evaluation specifically about this communication strategy and lack of focus in dealing with imaging. Second, cebongan incident is violation and reported by the media, but public opinion is not entirely negative, because the victims were considered the troublemakers. This research suggests TNI Angkatan Darat to maintain and build good relationship with public, because as a government institution, TNI Angkatan Darat work completely to the publc, so need honesty to the public in order to better public confidence.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2014
T41642
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library