Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asmuni
"Sampai hari ini, masyarakat Islam di seluruh dunia, meyakini bahwa akad nikah mempunyai makna yang sakral. Pelaksanaannya dilakukan dalam suasana hikmat dan dalam satu majlis pernikahan. Peelaksanaan akad nikah sangat formalistik dan verbalistik. Pelaksanaan talak atau cerai dalam perspektif ulama klasik sangat bebas dan tergantung kepada kehendak suami, sebab dialah yang memiliki hak cerai dan tidak perlu dengan meminta pertimbangan isteri. Talak dapat dijatuhkan di mana saja, kapan dan dalam kondisi apapun. menurut Kompilasi Hukum Islam, talak atau cerai hanya sah jika dilakukan di depan sidang Pengadilan Agama setelah upaya damai tidak dapat dicapai"
Universitas Dharmawangsa, 2016
330 MIWD 48 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yusran Asmuni
Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2000
297.2 YUS i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Moh. Asmuni
"ABSTRAK
Penelitian 1ni dilandasi pemikiran bahwa proses
pengajaran merupakan tahapan panting dari seluruh kegiatan
pendidikan di sakolah. Pengalaman yang diperoleh siswa
selama mengikuti kegiatan belajar-mengajar di sekolah sangat membekas pada diri siswa. Keadaan tersebut dapat dilihat pada perubahan kognitif, keterampilan maupun sikapnya.
Penelitian ini bertujuan mengkaji dampak pengajaran
pendekatan CBSA pada kemandirian, kreativitas dan prestasi
belajar siswa. Peneliti melakukan pembandingan antara
sekolah dasar negeri yang menyelenggarakan pengajaran
pendekatan CBSA baik dengan sekolah dasar negeri yang
menyelenggarakan pengajaran pendekatan CBSA kurang baik.
Hasil studi perbandingan tersebut menemukan adanya perbedaan
pada kemandirian, kreativitas dan prestasi belajar siswa
sebagai dampak dari proses pangajaran pendekatan CBSA yang
diikutinya. Sasaran penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas V sekolah dasar negeri di Kota Administratif Mataram, catur wulan ke 3, tahun ajaran 1990/1991. Mengapa penelitian ini dilakukan di tingkat sekolah dasar? Alasan penulis adalah (1) Sekolah dasar merupakan dasar pendidikan atau sebagai fondasi pendidikan tingkat berikutnya dengan diketahui kelebihan atau kekurangan proses pengajaran yang
dipraktekkan di sekolah dasar kita dapat mengambil manfaat
untuk membuat rencana proses pengembangan atau penyempurnaan
pelaksanaan pengajaran di tingkat sekolah dasar tersebut.
(2) Sekolah dasar negeri di Kota Administratif Mataram
marupakan sekolah dasar replikasi pengajaran pendekatan CBSA
pertama setelah sekolah dasar uji coba di Kabupaten Cianjur.
Sejak replikasi tahun 1985 sampai sekarang belum pernah
diadakan penelitian secara sistematis untuk melihat dampak
prgses pengajaran tersebut pada perubahan kemandirian,
kreatlvitas maupun prestasi belajar siswa, karena itu
paneliti tertarik untuk meneliti masalah ini.
Berdasarkan kajian teori diajukan lima hipotesis untuk
diuji kebenarannya dengan data empiris yang diperoleh dari
lapangan. Hasil penelitian menemukan bahwa:
1. Tingkat kemandirian kalompok siswa yang diajar Qieh guru
yang menerapkan pengajaran pendekatan CBSA baik lebih
tinggi dibandingkan dengan tingkat kemandirian kelompok
Siswa yang diajar oleh guru yang menerapkan pengajaran
pendekatan CBSA kurang baik.
2. Kreativitas kelompok siswa yang diajar oleh guru yang
manerapkan pengajaran pendekatan CBSA baik lebih tinggi
dibandingkan dengan kreativitas kelompok Siswa yang
diajar oleh guru yang menerapkan pengajaran pendekatan
CBSA kurang baik.
3. Prestasi belajar kelompok siswa yang diajar oleh guru
yang menarapkan pengajaran pendekatan CBSA baik lebih
tinggi dibandingkan prestasi belajar kelompok siswa yang
diajar oleh guru yang menerapkan pengajaran pendekatan
CBSA`kurang baik.
4. Korelasi antara kemandirian dengan kreativitas siswa
signifikan positif.
5. Korelasi antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa
signifikan positif.
Berdasarkan hasil temuan tersebut di atas diajukan
beberapa saran: 1) Guru perlu mamberi kesempatan kepada
siswa untuk berpartisipasi lebih banyak dalam aktivitas
perencanaan program pengajaran dan proses helajar-mengajar
di kelas. 2) Guru perlu merumuskan tujuan pengajaran yang
lebih bervariasi (tidak hanya sampai tujuan kognitif tingkat
pengetahuan - tetapi yang lebih tinggi dari itu - sintesis,
analisis atau bahkan sampai evaluasi) dan sekaligus menyusun
alat evaluasinya untuk keperluan mengukur tercapai atau
tidak tercapainya tinjuan pengajaran tersebut. 3) Perlu
penelitian lebih lanjut dengan mengambil sampel lebih banyak
dan dengan menggunakan metoda pengumpulan data yang lebih
bervariasi agar hasilnya lebih bagus. 4) Pengambil kebijakan
pendidikan dasar di Nusa Tenggara Barat dapat memanfaatkan
hasil penelitian ini untuk keperluan penyempurnaan proses
pengajaran pendekatan CBSA di sekolah dasar."
Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1992
T38130
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mukhamad Busro Asmuni
"Studi ini bermaksud menguji faktor politik uang dalam memengaruhi perilaku memilih masyarakat pada Pilkada Temanggung tahun 2018. Di dalam studi perilaku memilih di Indonesia terdapat faktor-faktor yang memengaruhi perilaku memilih yaitu agama, identifikasi partai, hubungan etnik, kualitas dan kinerja kandidat, dan faktor lain, dengan menggunakan pendekatan sosiologis, psikologis dan rational choice. Fokus studi ini mengenai politik uang sebagai faktor dalam memengaruhi perilaku memilih dengan menggunakan pendekatan teori rational choice. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif, jumlah sampel sebanyak 400 responden, tingkat kepercayaan 95% dan margin of error (MoE) 5%, menemukan bahwa praktik politik uang pada Pilkada Temanggung 2018 terjadi dengan menggunakan pemberian uang tunai oleh tim sukses atau kandidat sebelum pemilihan. Temuan menunjukkan ada pengaruh positif politik uang terhadap perilaku memilih masyarakat Temanggung pada Pilkada
2018. Data survei menyebutkan pengaruh faktor politik uang terhadap perilaku memilih masyarakat pada pilkada Temanggung 2018 adalah sebesar 40,5 persen. Penelitian ini menyimpulkan studi perilaku memilih khususnya pendekatan rational choice sangat relevan digunakan dalam mempelajari praktik demokrasi elektoral di dalam kasus pilkada kabupaten Temanggung tahun 2018.

This study examine the effect of money politics on people's voting behavior in the 2018
Temanggung local election. In the studies of voting behavior in Indonesia there are factors
to voting behavior, including religion, party identification, ethnic relations, candidate
quality and performance, and other factors using sociological, psychological and rational
choice approaches. The focus of this study is on vote buying as a factor in influencing
voting behavior using the rational choice theory approach. This study uses a quantitative
method with descriptive analysis, a sample size of 400 respondents, a 95% confidence
level and a 5% margin of error (MoE), found that the practice of vote buying in the 2018
Temanggung local elections occurred using the cash giving by campaign teams or
candidates before election. The findings show that there is a positive effect of vote buying
on the voting behavior of the Temanggung people in the 2018 local election. The survey
found that the effect of vote buying on voting behavior in the 2018 Temanggung election
is 40.5 percent. This research concludes that the study of voting behavior, especially the
rational choice approach, provides valuable information on the practice of electoral
democracy in the case of the 2018 Temanggung local election.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library