Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Aufa Salsabila Imtisatami
"Salah satu bagian utama dalam kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan BMHP yaitu penyimpanan. Penyimpanan dilakukan bertujuan untuk memelihara mutu sediaan farmasi, menghindari kehilangan dan pencurian, serta memudahkan dalam pencarian dan pengawasan sediaan. Rumah sakit memerlukan pengembangan kebijakan pengelolaan obat untuk meningkatkan keamanan, khususnya obat yang perlu diwaspadai (High alert medication). Obat tersebut harus diwaspadai karena sering menyebabkan terjadinya kesalahan dan dapat menyebabkan Reaksi Obat Yang Tidak Diinginkan (ROTD). Kelompok obat tersebut salah satunya obat yang terlihat mirip dan kedengarannya Look mirip (LASA atau Alike Sound Alike). Risiko yang dapat ditimbulkan oleh obat LASA yaitu kesalahan saat pengambilan obat. Upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari kesalahan saat pengambilan obat adalah tidak menempatkan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai yang penampilan dan penamaan yang mirip (LASA) secara berdekatan saat penyimpanan dan memberikan penandaan khusus bagi obat Look Alike Sound Alike (LASA). Untuk menjamin penyimpanan obat LASA telah dilakukan dengan baik dan benar maka harus dilakukan monitoring dan evaluasi dalam penyimpanan obat tersebut. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo telah membuat daftar nama obat Look Alike dengan zat aktif berbeda dan kekuatan berbeda. Hal ini dilakukan dengan harapan masing-masing satelit farmasi dapat menerapkan sistem penyimpanan yang baik dan benar sesuai dengan daftar nama obat tersebut sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan tenaga kefarmasian selama proses dispensing obat. Daftar nama obat Look Alike sediaan parenteral dengan zat aktif berbeda dan kekuatan berbeda terakhir diperbaharui pada tanggal 1 Juni 2021, sehingga diperlukan pembaharuan daftar tersebut di tahun 2022.
One of the main parts in the management of pharmaceutical preparations, medical devices, and BMHP is storage. Storage is carried out with the aim of maintaining the quality of pharmaceutical preparations, avoiding loss and theft, as well as facilitating the search and control of preparations. Hospitals need to develop drug management policies to improve safety, especially high alert medication. These drugs must be watched out for because they often cause errors and can cause unwanted drug reactions (ROTD). This group of drugs is one of the drugs that looks similar and sounds similar (LASA or Alike Sound Alike). The risks that can be caused by LASA drugs are errors when taking drugs. Efforts that can be made to avoid errors when taking drugs are not placing pharmaceutical preparations, medical devices and consumable medical materials that are similar in appearance and labeling (LASA) close together during storage and providing special labeling for Look Alike Sound Alike (LASA) drugs. . To ensure that the storage of LASA drugs has been carried out properly and correctly, monitoring and evaluation must be carried out in storing these drugs. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo has made a list of Look Alike drug names with different active substances and different strengths. This is done with the hope that each pharmaceutical satellite can implement a good and correct storage system in accordance with the list of drug names so that it can increase the awareness of pharmaceutical staff during the drug dispensing process. The list of Look Alike drug names for parenteral preparations with different active substances and different strengths was last updated on June 1 2021, so it is necessary to update the list in 2022."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Aufa Salsabila Imtisatami
"Ada beberapa pelayanan farmasi klinik yang dilakukan di puskesmas untuk meningkatkan kepatuhan pasien. Salah satu bagian utama yang paling sering dilakukan oleh apoteker dan terbukti efektif yaitu pemberian konseling pada pasien. Untuk melakukan konseling, apoteker perlu memerhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan agar proses konseling dapat terlaksana dengan baik, efektif, dan tepat sasaran. Hal yang perlu diperhatikan apoteker dalam konseling adalah kriteria pasien yang akan dilakukan konseling dan tahap-tahap yang ada di dalam proses konseling serta isi dari konseling yang akan disampaikan kepada pasien. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas khusus ini yaitu studi literatur sebagai pedoman selama pelaksanaan penelitian. Studi literatur dilakukan dengan beberapa sumber antara lain permenkes yang berkaitan dengan puskesmas dan pelayanan kefarmasian di puskesmas, e-book, buku pedoman standar pelayanan kefarmasian di puskesmas, jurnal, artikel publikasi, maupun sumber lainnya. Hasil studi literatur selanjutnya akan diimplementasikan selama pelaksanaan proses konseling kepada pasien – pasien di Puskesmas Kecamatan Kalideres. Hasil proses konseling akan di catat kedalam form catatan pengobatan pasien. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Profesi Apoteker di Puskesmas Kecamatan Kalideres yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa Terdapat 6 poin tahapan dari pelaksanaan konseling di puskesmas antara lain apoteker membuka komunikasi antara apoteker dengan pasien/keluarga pasien, menulis identitas pasien, menilai pemahaman pasien tentang penggunaan obat, memberikan penjelasan kepada pasien/keluarga pasien untuk menyelesaikan masalah penggunaan obat dan memberikan informasi serta edukasi obat kepada pasien, melakukan verifikasi akhir untuk memastikan pemahaman pasien/keluarga pasien, dan membuat laporam kegiatan konseling obat.
There are several clinical pharmacy services performed at the puskesmas to improve patient compliance. One of the main parts most often performed by pharmacists and proven effective is the provision of counseling to patients. To carry out counseling, pharmacists need to pay attention to several things that need to be done so that the counseling process can be carried out properly, effectively, and on target. Things that need to be considered by the pharmacist in counseling are the criteria for the patient to be counseled and the stages involved in the counseling process as well as the content of the counseling that will be delivered to the patient. The research method used in the preparation of this special assignment report is the study of the literature as a guide during the implementation of the research. The literature study was carried out using several sources, including the Minister of Health relating to health centers and pharmacy services at health centers, e-books, standard guidebooks for pharmaceutical services at health centers, journals, published articles, and other sources. The results of the literature study will then be implemented during the counseling process for patients at the Kalideres District Health Center. The results of the counseling process will be recorded into the patient's medication record form. Based on the results of the Pharmacist Professional Work Practice at the Kalideres District Health Center which has been carried out by researchers, it can be concluded that there are 6 stages of implementing counseling at the puskesmas, including the pharmacist opening communication between the pharmacist and the patient/patient's family, writing the patient's identity, assessing the patient's understanding of drug use , providing explanations to patients/patients' families to resolve drug use problems and providing drug information and education to patients, conducting final verification to ensure understanding of patients/patients' families, and preparing reports on drug counseling activities."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Aufa Salsabila Imtisatami
"Pedagang Besar Farmasi (PBF) sangat berperan penting dalam proses pengadaan karena jika di dalam proses pengadaan di PBF tidak berjalan dengan baik maka akan berpengaruh kepada proses distribusi ke tempat pelayanan kefarmasian lainnya sehingga dapat menyebabkan ketersediaan obat di tempat pelayanan kefarmasian sedikit. Pedagang Besar Farmasi merupakan perusahaan yang berbentuk badan hukum yang mimiliki izin pengadaan, penyimpanan, penyaluran obat atau bahan obat dalam jumlah besar sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. PBF hanya dapat melaksanakan pengadaan obat dari industri farmasi atau sesama PBF. Namun, tidak semua PBF yang dapat melakukan pengadaan obat secara langsung di industri farmasi. PBF cabang hanya dapat melaksanakan pengadaan obat atau bahan obat dari PBF Pusat saja. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Profesi Apoteker di KFTD cabang Bogor yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa KFTD cabang Bogor dalam melakukan perencanaan pengadaan didasarkan pada tiga metode antara lain purchase order (PO) atau stock transfer order (STO) kalkulator, forecast (marketing), dan PO outlet atau ID paket. KFTD cabang Bogor membuat surat pesanan berupa purchase order (PO) untuk produk kimia farma dan semua narkotika serta stock transfer order (STO) diperuntukkan produk non-Kimia farma serta pesanan relokasi antar cabang. KFTD cabang Bogor melakukan pengadaan kepada Unit Logistik Sentral (ULS) dan Unit Kerja Logistik (UKL) harus melalui KFTD pusat.
Pharmaceutical Wholesalers (PBF) play an important role in the procurement process because if the procurement process at PBF does not go well, it will affect the distribution process to other pharmaceutical service locations so that the availability of drugs in pharmaceutical service locations is low. Pharmaceutical Wholesalers are companies in the form of legal entities that have permits to procure, store, distribute drugs or medicinal substances in large quantities in accordance with statutory provisions. PBF can only procure drugs from the pharmaceutical industry or fellow PBFs. However, not all PBFs can procure drugs directly in the pharmaceutical industry. PBF branches can only procure drugs or medicinal ingredients from the central PBF. Based on the results of the Pharmacist Professional Work Practice at the KFTD Bogor branch which has been carried out by researchers, it can be concluded that the KFTD Bogor branch in carrying out procurement planning is based on three methods including purchase orders (PO) or stock transfer orders (STO) calculators, forecasts (marketing), and outlet PO or package ID. KFTD Bogor branch issues orders in the form of purchase orders (PO) for pharmaceutical chemical products and all narcotics as well as stock transfer orders (STO) for non-chemical pharmaceutical products as well as orders for relocation between branches. The KFTD Bogor branch procures to the Central Logistics Unit (ULS) and the Logistics Work Unit (UKL) must go through the central KFTD."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Aufa Salsabila Imtisatami
"Mutu alat kesehatan tidak hanya ditentukan dari produk akhir saja, namun juga harus dilihat keseluruhan prosesnya. Peralatan produksi termasuk mesin-mesin yang digunakan tidak boleh dilewatkan untuk diperhatikan dalam suatu industri agar menghasilkan produk yang sesuai. Untuk menunjang hal tersebut, maka dibutuhkanlah validasi terhadap mesin atau biasa yang disebut kualifikasi mesin. Semua mesin yang digunakan dalam produksi harus dilakukan kualifikasi sebelum digunakan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas khusus ini yaitu studi literatur sebagai bahan untuk penyusunan protokol kualifikasi instalasi dan kualifikasi operasional mesin crimper pada produksi alat kesehatan X sesuai dengan yang dipersyaratkan di PT. Forsta Kalmedic Global. Studi literatur dilakukan dengan beberapa sumber antara lain prosedur tetap, standar ISO , e-book, artikel publikasi, maupun sumber lainnya. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Profesi Apoteker di PT. Forsta Kalmedic Global yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa Hal-hal yang telah diketahui antara lain dokumen protokol kualifikasi instalasi dan kualifikasi operasional mesin crimper dibuat dengan cara mengamati mesin secara langsung dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan mesin crimper misalnya URS, manual book, SOP, maupun dokumen lainnya yang berkaitan dengan mesin crimper. Selain itu, Hal-hal yang telah diketahui antara lain laporan kualifikasi dibuat setelah pelaksanaan protokol kualifikasi instalasi dan operasional mesin crimper telah dilakukan sesuai dengan kriteria penerimaannya. Dan Hal-hal yang telah diketahui lainnya yaitu pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kualifikasi instalasi dan operasional adalah Departemen Engineering, Departemen Produksi, dan Departemen Quality Assurance.
The quality of medical devices is not only determined by the final product, but also by looking at the entire process. Production equipment including the machines used must not be overlooked for attention in an industry in order to produce appropriate products. To support this, engine validation is needed or what is commonly called engine qualification. All machines used in production must be qualified before use. The research method used in the preparation of this special assignment report is the study of the literature as material for preparing the installation qualification protocol and operational qualifications for the crimper machine for the production of medical device X according to the requirements at PT. Forsta Kalmedic Global. Literature studies were conducted using several sources including standard procedures, ISO standards, e-books, published articles, and other sources. Based on the results of the Pharmacist Professional Work Practice at PT. Forsta Kalmedic Global which has been carried out by researchers, it can be concluded that the things that are known include the installation qualification protocol documents and operational qualifications for the crimper machine made by observing the machine directly and studying things related to the crimper machine, for example URS, manual book , SOP, or other documents related to the crimper machine. In addition, things that have been known include a qualification report made after the implementation of the qualification protocol for the installation and operation of the crimper machine has been carried out in accordance with the acceptance criteria. And other things that are known, namely the parties involved in carrying out installation and operational qualifications are the Engineering Department, the Production Department, and the Quality Assurance Department."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Aufa Salsabila Imtisatami
"Pelayanan obat atas resep dokter merupakan salah satu dari pelayanan kefarmasian di Apotek. Resep yang sesuai harus memuat cukup informasi yang memungkinkan tenaga kefarmasian yang bersangkutan mengerti obat yang akan diberikan kepada pasiennya. Resep juga harus ditulis dengan jelas agar terhindar dari salah persepsi antara dokter dengan tenaga kefarmasian yang bersangkutan. Namun pada kenyataanya, masih ada beberapa permasalahan yang ditemui di dalam peresepan. Permasalahan dalam peresepan obat tersebut disebut juga Medication error. Medication error merupakan kejadian yang dapat merugikan pasien akibat pemakaian obat yang seharusnya dapat dicegah dalam pengobatan. Upaya dalam pencegahan terjadinya kesalahan pemberian obat (Medication error) adalah pengkajian resep pada resep yang diterima dari pasien. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan laporan tugas khusus ini yaitu pengambilan data secara retrospektif dimana dilakukannya pengamatan dan mencatat terkait dengan aspek administrasi, aspek farmasetik, dan aspek klinis dari resep tersebut dan di ceklis pada form yang telah dibuat. Berdasarkan hasil Praktik Kerja Profesi Apoteker di Apotek Kimia Farma 352 Margonda yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa Ketepatan resep pada pasien gastritis berdasarkan aspek administrasi masih terdapat beberapa kekurangan sehingga diperlukan kelengkapan dalam resep pada aspek administrasi, Ketepatan resep pada pasien gastritis berdasarkan aspek farmasetik telah memenuhi persyaratan standar pelayanan kefarmasian, namun terdapat beberapa resep yang masih belum memenuhi persyaratan sehingga kelengkapannya perlu diperhatikan kembali, dan Ketepatan resep pada pasien gastritis berdasarkan aspek klinis telah memenuho persyaratan standar pelayanan kefarmasian seluruhnya sehingga harus dipertahankan seterusnya seperti ini.
Drug service on a doctor's prescription is one of the pharmaceutical services at the pharmacy. An appropriate prescription must contain sufficient information to enable the pharmacist concerned to understand the drug to be given to the patient. Prescriptions must also be written clearly to avoid misunderstandings between the doctor and the pharmacist concerned. But in fact, there are still some problems encountered in the prescription. Problems in prescribing these drugs are also called Medication errors. Medication error is an event that can harm the patient due to the use of drugs that should be prevented in treatment. Efforts to prevent medication errors from occurring are reviewing prescriptions on prescriptions received from patients. The research method used in the preparation of this special assignment report was retrospective data collection where observations and notes were made related to the administrative, pharmaceutical, and clinical aspects of the prescription and checked on the form that had been made. Based on the results of the Pharmacist Professional Work Practice at Kimia Farma 352 Margonda Pharmacy which has been carried out by researchers, it can be concluded that the accuracy of prescriptions for gastritis patients based on administrative aspects still has some deficiencies, so completeness of prescriptions is needed on administrative aspects. Accuracy of prescriptions for gastritis patients based on pharmaceutical aspects has been meet the standard requirements for pharmaceutical services, but there are several prescriptions that still do not meet the requirements so that their completeness needs to be considered again, and the accuracy of prescriptions for gastritis patients based on clinical aspects has fulfilled the standard requirements for pharmaceutical services in its entirety so it must be maintained onwards like this."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library