Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Casman
"Pengetahuan ibu merupakan faktor penting untuk keberhasilan merawat balita pneumonia, baik di rumah sakit maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh edukasi audiovisual pneumonia terhadap pengetahuan ibu, lama hari rawat dan rehospitalisasi balita di RSUD DKI Jakarta. Desain penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan two group pre post test design. Sebanyak 64 responden yang diambil menggunakan tekhnik consecutive sampling. Masing-masing diberikan edukasi selama 3 hari, 32 melalui audiovisual dan 32 melalui leaflet.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan pengetahuan ibu, lama hari rawat, dan rehospitalisasi pada kedua kelompok (p<0,05). Pengetahuan post edukasi merupakan faktor yang paling dominan memengaruhi lama hari rawat dan rehospitalisasi pneumonia balita setelah dikontrol dengan pendidikan ibu dan kepadatan hunian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah edukasi audiovisual lebih efektif meningkatkan pengetahuan ibu sebelum dan setelah edukasi (p=0,001), memperpendek lama hari rawat (p=0,001), dan mengurangi risiko rehospitalisasi (p=0,047) dibandingkan dengan edukasi melalui leaflet. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya adalah melakukan randomisasi dengan menggunakan desain eksperimen murni.

Mother's knowledge is a main factor of pneumonia care in young ages children, while hospitalization or after discharge. Our Objective was determined the effectiveness education used audiovisual to mother’s knowledge, length of stay and re-admission at 3 Public Hospitals DKI Jakarta. This research used quasy-experimental with pre post test design. Total was 64 respondent included, 32 each group. Intervenstions was given for 3 days, one group used audiovisual  and other used leaflet.
The results showed that both groups was significant diferenciance on mother’s knowledge, length of stay and re-admission (p <0.05). Knowledge after education is the most dominant factor of length of stay and re-admission of pneumonia under five years children. Audiovisual education more effective increased mother’s knowledge before and after education (p=0.001), shorted length of stay (p=0.001), and reduced the risk of re-admission (p=0.047) than leaflet education. Further research especially intervention research, it is necessary to randomized used RCT.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2019
T53570
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Casman
"Prosedur pemasangan infus sebagai akses kemoterapi pada anak kanker menyebabkan kecemasan dan nyeri. Model Adaptasi Roy sebagai pendekatan dalam asuhan keperawatan dapat mengoptimalkan metode distraki dengan cara memodifikasi stimulus saat pemasangan infus. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis distraksi sebagai upaya mengurangi kecemasan dan nyeri saat pemasangan infus dengan metode studi kasus pada 5 kasus asuhan keperawatan anak kanker yang dipasang akses kemoterapi. Hasilnya menunjukkan pada anak usia muda distraksi yang dapat digunakan untuk mengurangi kecemasan dan nyeri adalah dekapan ibu, pada anak usia sekolah dapat menonton video sebagai metode distraki, dan pada remaja dapat dikombinasikan dengan teknik relaksasi. Distraksi terbukti efektif mengurangi kecemasan dan nyeri saat pemasangan infus, namun perlu teknik distraksi yang dapat digunakan pada rentang usia yang beragam, misalnya dengan buzzy. Standar operasional prosedur pemasangan infus dengan buzzy diharapkan dapat diujicobakan.

Peripheral intravenous catheter (PIVC) as access chemotherapy in child cancer lead of anxiety and pain. Roy adaptation model as a nursing approach can optimise the distraction method by modifying the stimulus during infusion. The purpose of this research is to analyze distraction as an effort to reduce anxiety and pain during the infusion with a case study method on 5 cases of nursing care on child cancer who needed access chemotherapy. The results showed in young children distraction that can be used to reduce anxiety and pain is the parents holding, in school-aged children can watch the video as a distraction method, and in adolescents can be combined with relaxation techniques. Distraction is proven to effectively reduce anxiety and pain during infusion, but it needs distraction techniques that can be used in a variety of age ranges, such as with buzzy. Standart operating procedure of PIVC with buzzy is necessary to consider the effect of buzzy in further research. "
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library