Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Chandra Hermawan
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi bagi anak penderita kanker dalam menjalani pengobatannya di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan koleksi anak untuk biblioterapi bagi anak penderita kanker dalam menjalani pengobatannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam prosesnya, dilakukan analisis koleksi dengan pendekatan pengguna dan penggunaan diukur melalui persepsi pengguna, observasi pengguna dan pengujian atas manfaat koleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi anak yang disediakan YKAKI melalui program Sekolah-Ku didasarkan pada visi dan misi program, perkembangan anak, pendidikan dan biblioterapi yang diberikan melalui story telling bagi anak usia 0-6 tahun. Koleksi yang digunakan yaitu 9,2% dari total koleksi. Namun, dalam proses pemanfaatan terdapat kendala yaitu bahan bacaan yang dikenal masih perlu ditambah dan ditingkatkan kualitas, menyesuaikan bahan bacaan dengan kondisi anak dan administrasi kegiatan biblioterapi. Untuk itu, diperlukan perhatian agar membuat kebijakan pengembangan koleksi dan ketersedian koleksi, meningkatkan pengetahuan SDM guru/konselor mengenai manajemen koleksi anak dan laporan statistik pemanfaatan koleksi.
ABSTRACT
This research describes about usage of child’s collection for bibliotherapy to children with cancer in healing treatment at YKAKI. The Research conducted to analyze the usage of child’s collection for bibliotherapy to children with cancer in healing treatment. The type of this research is “qualitative” by “case studying” method. The useful of collections analysis by user and using approach and the useful was measuredby the perception of user, user’s obsevation and the test of The usage of collection. The result of this research shows of the child’s collection was provided YKAKI through “Program Sekolah-Ku” based on vision and mision program, children development, education grade and biblioteraphy has been given through story telling for children age 0-6 years. The collection was adopted approx 9,2% from the number of collections. The obstacle was discovered of the usage process are the reading materies was known still need enhance and advance the quality, adapting the reading materies to child’s condition and the administrative of biblioteraphy activity. Based on fact was discovered during the research, it necessary to make the policy of collection development and providing the collection, advance the human resources knowledge (teachers or concelors) relate to the management of children’s collection and statistic report of the collection usage.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55656
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library