Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cindy Yanci
Abstrak :
Angka kesakitan dan kematian yang disebabkan diabetes mellitus tipe 2 masih tinggi di seluruh dunia. Diabetes mellitus tipe 2 merupakan penyakit yang memiliki dampak kesehatan mematikan, seperti gagal ginjal, kebutaan, penyakit kardiovaskular, dan berujung kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko diabetes mellitus tipe 2 pada orang berusia 40 - 70 tahun di Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan disain studi cross-sectional yang dilakukan pada bulan April hingga Mei 2014 di Vihara Hastabrata, Pusdiklat Maitreyawira, dan Vihara Darma Bakti. Teknik pemilihan sampel yang digunakan pada penelitian ini merupakan non-probability sampling, purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan semi-quantitative FFQ dengan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 59,7% responden mengidap diabetes mellitus tipe 2. Dari hasil bivariat menggunakan uji chi-square (95% CI) menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara pola diet vegetarian (OR = 2,756; CI = 1,30 - 5,84), jenis kelamin (OR = 3,216; CI = 1,34 - 7,73), genetik (OR = 2,457; CI = 1,13 - 5,37), linggkar pinggang (OR = 2,273; CI = 1,10 - 4,69), dan stres (OR = 3,233; CI = 1,28 - 8,12) dengan diabetes mellitus tipe 2. Dari hasil multivariat menunjukan bahwa pola diet vegetarian menjadi faktor protektif terhadap diabetes mellitus tipe 2.
The mortality and morbidity rate of non-communicable disease, especially type 2 diabetes is still high around the world. The type 2 diabetes has got some deathly health impact such as kidney failure, blindness, cardiovascular disease, even leading to death. The purpose of this research is to obtain information about the risk factors contributing to type 2 diabetes on people aged 40 - 70 years old in West Jakarta. This study used a cross-sectional design which was conducted between April and May 2014 in Vihara Hastabrata, Pusdiklat Maitreyawira, dan Vihara Darma Bakti. This study used non-probability sampling, purposive sampling for taking samples. Data were collected through the questionnaire and semi-quantitative forms which were interviewed. The results showed that 59,7% of the respondents suffered from type 2 diabetes. From data analyses by chi-square test (95% CI), there were significant association between vegetarian dietary pattern (OR = 2,756; CI = 1,30 - 5,84), sex (OR = 3,216; CI = 1,34 - 7,73), gene (OR = 2,457; CI = 1,13 - 5,37), waist circumference (OR = 2,273; CI = 1,10 - 4,69), and stress (OR = 3,233; CI = 1,28 - 8,12) with type 2 diabetes. Vegetarian dietary pattern became the protective factor to type 2 diabetes.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S55693
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Yanci
Abstrak :
Obesitas adalah faktor risiko penyakit kardiovaskular. Skripsi ini merupakan penelitian dengan desain studi cross-sectional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kejadian obesitas berdasarkan asupan gizi, aktivitas fisik, dan faktor lainnya. Penelitian ini melibatkan 104 responden yang merupakan PNS di Kantor Dinas Kesehatan kota Depok. Obesitas diukur menggunakan Indeks Massa Tubuh. Sebanyak 50% PNS mengalami obesitas (IMT > 25 kg/m2). Dari beberapa variabel yang diuji, terdapat perbedaan bermakna kejadian obesitas berdasarkan asupan energi, karbohidrat, dan lemak, serta kebiasaan makan di luar rumah baik pada pria maupun wanita. Setelah dikontrol oleh jenis kelamin, perbedaan tersebut hanya bermakna pada wanita. Berdasarkan hasil penelitian, PNS disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang berlebihan, serta mengurangi frekuensi makan di luar rumah untuk mencegah obesitas. ......Obesity is an independent risk factor for cardiovarcular disease. The purpose of this cross-sectional study is to identify the difference in the incidence of obesity based on dietary intake, physical activity, and some other factors. A total of 104 civil servants of Depok Health Department were included in this study. Obesity was measured using Body Mass Index. The prevalence of obesity (BMI > 25 kg/m2) was 50%. From the tested variables, there were significant differences in proportion of energy, carbohydrate, and protein intake, as well as eating out of home on the prevalence of obesity in both men and women. After controlled by sex, the differences were only significant in women, but not in men. The results suggest that civil servants to reduce energy, carbohydrate, and fat intake, as well as the frequency of eating out of home.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S60158
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cindy Yanci
Abstrak :
ABSTRAK
Dalam beberapa dekade terakhir, penelitian mengenai brand telah memperoleh perhatian banyak pihak. Hal-hal yang berkaitan dengan brand, seperti brand love dan brand engagement merupakan salah satu hal yang menarik untuk dipelajari lebih lanjut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari brand love, brand image dan brand personality terhadap brand engagement dengan ethnocentrism sebagai faktor moderasi dengan menggunakan studi kasus brand fashion lokal di Indonesia. Responden dalam penelitian ini adalah orang-orang yang pernah membeli brand fashion lokal spesifik pada pakaian atau clothing. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Model SEM . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa excitement tidak memiliki pengaruh positif terhadap brand love, dan brand image tidak memiliki pengaruh positif terhadap WOM. Namun, dengan adanya moderasi ethnocentrism maka pengaruh excitement terhadap brand love dan brand image semakin besar. Brand love memiliki pengaruh positif terhadap WOM yang akhirnya menciptakan brand advocacy.
ABSTRACT
In the last few decades, research on the brand has gained the attention of many parties. Matters related to the brand, such as brand love and brand engagement is one of the interesting things to be studied further. This study was conducted to analyze the effect of brand love, brand image and brand personality on brand engagement with ethnocentrism as a moderating factor by using case studies of local fashion brand in Indonesia. Respondents in this study were people who has ever buy a specific brand of local fashion on clothing. Data processing method used is Structural Equation Model SEM . The results of this study indicate that the excitement does not have a positive influence on brand love and brand image does not have a positive effect on WOM. However, the presence of ethnocentrism moderating the influence of excitement to the brand love and brand image even greater. Brand love to have a positive effect on WOM finally creating brand advocacy.
2017
S66518
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library