Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ciwuk Musiana Yudhawasthi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Membahas kondisi Pusat Rekod Komersial (2) Mengkaji penanganan rekod inaktif yang berfokus pada Sarana Fisik (Lokasi, Fasilitas dan Keamanan), Layanan (Penerimaan, Pengolahan dan Penyimpanan), Kontrak & Biaya serta Staf Pusat Rekod Komersial. Jumlah sampel adalah lima perusahaan yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor dan Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di mana data dikumpulkan melalui metode observasi partisipasi dengan aturan researcher participant dan wawancara mendalam baik lisan maupun terekam. Dalam melakukan penelitian, peneliti melengkapi diri dengan Pedoman Wawancara dan Daftar Periksa (checklist) Kriteria Evaluasi Pusat Rekod Komersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; sebagian besar sampel merupakan perusahaan modal asing dan hanya tiga sampel yang bisnis utamanya Pusat Rekod Komersial. Sebanyak 60% sampel jenis badan induknya adalah perusahaan relokasi. Satu dari lima sampel telah memiliki sertifikat ISO untuk manajemen organisasi dan juga hanya satu sample yang telah memiliki sertifikat manajemen Records Storage dari PRISM International (Professional Records & Information Services Management International). Fasilitas gedung penyimpanan beragam antara onsite dan offsite serta penerapan keduanya. Tetapi hanya satu dari lima sampel yang telah memiliki lahan sendiri. Secara umum sarana fisik yang meliputi lokasi, fasilitas dan keamanan telah mengikuti standar yang seharusnya dimiliki. Seluruh sampel menerapkan layanan penyimpanan secara lengkap (full reference storage). Secara umum kegiatan layanan yang meliputi penerimaan, pengolahan, penyimpanan dan permintaan (temu-kembali & layan-antar) telah memiliki prosedur yang jelas. Namun tingkat penguasaan staf terhadap manajemen rekod sulit diukur, karena latar-belakang pendidikan kearsipan di seluruh sampel adalah 0%, selain itu seluruh sampel memperkerjakan staf kontrak lebih banyak daripada staf tetap. Seluruh sampel juga tidak transparan terhadap biaya standar, karena beragamnya komponen biaya yang harus dipertimbangkan. Berdasarkan seluruh hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa belum ada Pusat Rekod Komersial yang paling ideal saat ini di wilyah Jakarta dan sekitarnya, masing-masing perusahaan mempunyai kelebihan dan kekurangan. Calon klien harus dapat mempelajari sendiri beragam standar yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan dan melakukan inspeksi secara teliti.
The objectives of this research are (1) to analyze the conditions of Commercial Records Centers, (2) to examine how Commercial Records Centers manage their records, focusing on the Physical Infrastructures (Location, Facilities and Security), the Services (Accessioning, Processing and Storage), the Contract & the Cost, and the Staff. The five records centers ("samples") have been examined are located in Jakarta, Bogor and Bekasi. This research can-led out is a qualitative method, and the data was collected through in-depth interview and participant-observation method with researcher-participant as roles. The results of them show that most of the samples (80%) are foreign investment companies which only 60% have core business as records storage providers. Not all of samples agree on the standardization, only one out of five samples (20%) holds ISO certificate for organization management. And just one sample holds international certification on Records Storage Management from PRISM International (Professional Records & Information Services Management International). The facilities of the storage premises vary from onsite (40%) to offsite (80%), which one sample has both facilities. But only one out of five samples (20%) owns its facility. In general, physical infrastructures (location, facilities, and security) are in conformance with the required professional standard. All samples' services are categorized in of full reference storage. They manage active records (three samples), and semi-active as well as in-active records (all of them). Three out of five samples also manage non-paper records. In general, the samples have a clear procedure in accessing, processing & storing the records. The flexible considerations are applied to one condition to another condition. In terms of cost, there is no a "transparent" attitude towards it. The level of expertise in records management among operating personnel is difficult to examine as none of them has formal education in records management. And all samples have more contractual staff than permanent staff. Based on the findings and its in Jakarta surrounders, it can be said that for the time being there is no ideal Commercial Records Centers exists yet. Since every company has its own pluses and minuses. It is important for the client to understand their needs and to learn a various standards relevant to their needs. Beside, to inspect the center thoroughly.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
T11792
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ciwuk Musiana Yudhawasthi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia sekarang ini. Penelitian ini mencoba merangkum dan mendeskripsikan kondisi dan masalah yang dihadapi perpustakaan fakultas di lingkungan UI. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia dan unit pelaksana teknis (UPT) perpustakaan di Universitas Indonesia. Melalui metoda penarikan sampel jatah (Quota Sampling) ditetapkan enam perpustakaan dari dua belas perpustakaan fakultas yang ada di UI. Serta satu unit pelaksana teknis perpustakaan yaitu UPT Perpustakaan UI. Perpustakaan fakultas yang terpilih sebagai sampel adalah Perpustakaan Fakultas Kedokteran UI (FK UI), Perpustakaan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (FKM UI), Perpustakaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI (FMIPA UI), Perpustakaan Fakultas Ekonomi UI (FE UI), Perpustakaan Fakultas Sastra UI (FS UI) dan Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI (FISIP UI). Penarikan sampel ini dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling Technique). Data dikumpulkan menggunakan tiga cara, yaitu pertama, wawancara mendalam (in-depth interview) terhadap Kepala Perpustakaan atau Pustakawan Senior di perpustakaan fakultas anggota sampel, serta Kepala UPT Perpustakaan UI. Kedua, mengadakan observasi dan ketiga, mengumpulkan pemikiran_-pemikiran melalui studi kepustakaan. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan, diketahui bahwa kondisi dan masalah yang dihadapi perpustakaan fakultas di lingkungan Universitas Indonesia bervariasi dalam bidang struktur organisasi dan sistem perpustakaan, koleksi, staf, layanan pemakai dan anggaran perpustakaan. Mengenai gedung perpustakaan secara keseluruhan perpustakaan di lingkungan UI telah memiliki ruang/gedung tersendiri. Meskipun demikian terungkap bahwa letak ruang/gedung yang tersedia kurang strategis dan rancangan arsitekturnya mengganggu pembagian ruang. Perabot dinilai memadai, tapi perpustakaan ingin menambahkan perlengkapan kerja untuk staf, seperti telepon, komputer dan sebagainya. Dari penelitian ini juga terungkap bahwa perpustakaan kurang aktif mengadakan kegiatan promosi dikarenakan kurangnya dana, waktu dan tenaga. Hubungan antara perpustakaan dan pihak fakultas (staf pengajar, para pengambil keputusan, mahasiswa dan karyawan) kurang terbuka, sehingga ada kesan fakultas masih menomorduakan perpustakaan. Selain daripada itu, terungkap kesan adanya kesenjangan hubungan dan komunikasi antara perpustakaan fakultas dan UPT Perpustakaan UI.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15267
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library