ABSTRAK
Nama : Rohana Octavia DamanikProgram Studi : Magister Kajian Administrasi Rumah SakitJudul Tesis : Analisis Penyelenggaraan Keselamatan Pasien di Rumah SakitUmum Daerah Jati PadangInsiden Keselamatan Pasien diasosiasikan dengan kehilangan nyawa ataupundisabilitas permanen. RSUD Jati Padang, rumah sakit milik pemerintahprovinsi DKI Jakarta, baru setahun berdiri, namun sudah ada 11 insiden yangdiketahui dari Laporan dan Analisis Insiden Tim Peningkatan Mutu danKeselamatan Pasien Januari-Juni 2018 di RS tersebut. Dalam rangka persiapanakreditasi, peneliti merasa perlu untuk mengetahui bagaimana penyelenggaraanKeselamatan Pasien di RSUD Jati Padang. Jenis penelitian merupakan studikasus, didahului dengan pengisian checklist yang disesuaikan denganpersyaratan permenkes No 11 tahun 2017 yang dikuantifikasi untuk melihatgap antara current situation dengan persyaratan permenkes. Penelitiandilanjutkan dengan Consensus Decission Making Group (CDMG) untukmenganalisis penyebabnya dan tindak lanjut untuk meningkatkanpenyelenggaraan Keselamatan Pasien di RSUD Jati Padang. Hasil penelitianmenunjukkan penyelenggaraan Keselamatan Pasien di RSUD Jati Padangmasih kurang. Dari CDMG didapatkan 11 akar penyebab masih rendahnyapenyelenggaraan Keselamatan Pasien di RSUD Jati Padang. Alternatif solusiyang dikemukakan antara lain mensosialisasikan slogan ‘no blaming’,penunjukan petugas full timer Keselamatan Pasien dan menunjuk ‘pegawaiteladan dalam Keselamatan Pasien’Kata Kunci : Keselamatan Pasien, Rumah Sakit, PermenkesABSTRACT
Name : Rohana Octavia DamanikStudy Program : Hospital Administration Master ProgramTitle : Analysis of Patient Safety Implementation in JatiPadang District General HospitalPatient safety incidents are associated with loss of life or permanent disability.Jati Padang Hospital, owned by the DKI Jakarta provincial government, hasonly been established for a year, but from the incident report of Patient SafetyCommitee in the Hospital, from January till June 2018, it was found 11 reportsof incidents. More over, to fulfill the hospital accreditation requirements,therefore, the researcher wanted to find out how patient safety implementationis in Jati Padang Hospital. This type of research is a case study, preceded byfilling in a checklist that is adjusted to the requirements of Permenkes No. 11tahun 2017 to see the gap between the current situation and the requirements ofthe Permenkes. The study continued with the Decision Making GroupConsensus (CDMG) to analyze the causes and solutions to improve patientsafety management in Jati Padang Hospital. The results of the study showedthat the implementation of patient safety in Jati Padang Hospital is still lacking.From the CDMG, we found 11 root causes of the lacking of patient safetyimplementation in Jati Padang Hospital. Alternative solutions presentedinclude socializing the slogan 'no blaming', appointing a Patient Safety Officerand appointing 'patient safety champion'.Keywords: patient safety, hospital, indonesian health ministry regulation"