Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dara Malahayati
"ABSTRAK
Video game semakin popular di semua kalangan, termasuk anak-anak. Bermain
video game secara berlebihan diperkirakan dapat mempengaruhi motivasi belajar
anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan
bermain video game dengan tingkat motivasi belajar pada anak usia sekolah.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan teknik
stratified sampling. Penelitian ini dilakukan di salah satu SD di Depok dengan
jumlah sampel 106 orang. Data penelitian diujikan dengan menggunakan uji chi
square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan bermain video game
anak-anak di sekolah ini 65% tergolong kategori normal (waktu yang tidak
berlebihan). Di sisi lain, tingkat motivasi belajar anak-anak di sekolah ini 56%
tergolong kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa tidak
ada hubungan antara kebiasaan bermain video game dengan tingkat motivasi
belajar. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi perawat untuk
memberikan edukasi dan konseling mengenai peningkatan motivasi belajar baik
secara langsung pada anak maupun melalui orangtua.

ABSTRACT
Video games are more popular in everyone, including children. Play video games
redundantly can be affecting the children's learning motivation. The purpose of
the research is to determine the correlation between the habit of playing video
game and the level of motivation learning in school-age children. The method of
the research is a descriptive correlative with the stratified sampling technique.
The research was conducted at a primary school in Depok with total sample of
106 people. The research data was tested by using a chi square test. The result
showed that the habit of playing video game of the children in this school is 65%
in normal category (not over time). On the other side, the level of motivation
learning of the children in this school is 56% in low category. The conclusion of
this research showed that there is no a correlation between the habit of playing
video game and the level of learning motivation. The results of this research can
be used as references for nurses in giving education and counseling about
increasing learning motivating directly for school-age children or for their
parents."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S42742
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dara Malahayati
"Demensia merupakan gejala yang mengindikasikan adanya kehilangan fungsi intelektual meliputi memori, bahasa, konsentrasi, dan kemampuan kognitif. Salah satu dampak yang diakibatkan oleh demensia adalah kerusakan memori. Kerusakan memori pada lansia dapat mempengaruhi kemampuan melakukan aktivitas sehari-hari maupun perubahan perilaku sosialnya. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memaparkan hasil pemberian asuhan keperawatan pada Nenek NA dengan kerusakan memori di wisma Bungur, STW Karya Bhakti. Intervensi keperawatan yang dipilih adalah pemberian stimulasi kognitif yang terdiri dari reality orientation dan reminiscence therapy. Hasil evaluasi yang didapatkan selama enam minggu antara lain Nenek NA dapat mengenal dirinya dan orang terdekatnya. mengenal kembali memori masa lalunya melalui media foto, dan meningkatkan aktivitas berkomunikasi dengan orang lain. Pemberian latihan kognitif dan orientasi realita secara terjadwal di STW untuk lansia yang mengalami kerusakan memori menjadi upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri lansia sehingga kualitas dan kesejateraan lansia akan meningkat.

Dementia is a symptom that indicates loss of intellectual function including memory, language, concentration and cognitive ability. One of impacts of dementia is impaired memory. Impaired memory can influence ability in doing daily activities as well as social skill of older adults. The aim of this paper was to explain the result of nursing care of Ny. NA with impaired memory in Wisma Bungur, STW Karya Bhakti. One of selected nursing interventions was giving cognitive stimulation including reality orientation and reminiscence therapy. The result of implementation during six weeks such as Ny. NA could recognize herself and the closest persons remember the past memory by photo and improve communication activities with other people. Giving cognitive exercise and reality orientation regularly in STW for older adults with impaired memory should be addressed to improve the confidence of older adults in order to increase the quality and welfare of the older adults.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library