Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Fitriana
Abstrak :
ABSTRAK
Disebutkan dalam Pasal 28 UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, PAUD adalah pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan informal. Menurut Gutama (Media indonesia, I0 Juli 2006), banyak kendala yang dihadapi dalam meningkatkan partisipasi PAUD di Indonesia, diantaranya adalah tenaga pendidik yang belum memenuhi kualifikasi. Sedangkan S6C&l`8 umum, guru merupakan faktor penentu tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Oleh kanena itu, penting memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas guru. Berdasarkan analisa kebutuhan yang diiakukan kepada guru PAUD dan kepala sckolah PAUD yang ada di kota Bogor diketahui bahwa pengajar masih bclum memahami pcngajaran efektif secara keseluruhan sehingga mereka belum dapat kreatif dalam menyiapkan bahan-bahan pembelajaran dan mcngatasi anak-anak yang bemiasalah. Akar permasalahannya adalah karena pengctahuan mereka yang kurang mengenai kamkteristik anak usia dini dan bagaimana cara menghadapinya, Hal ini disebabkan oleh perbedaan lalar belakang pendidikan para pengajar dan sebagian besar dari mereka lidak memiliki pengetahuan dasar sebagai gum. Tujuan pelatihan ini adalah untuk membekali guru mengcnai pengetahuan karaktcristik anak usia dini schingga nantinya diharapkan guru lebih efektif dalam mclakukan kegiatan bclajar mengajar di kclas. Pelatihan ini diadakan dengan durasi waktu empat bclas jam selama dua han. Isi pelatihan dirangkum dalam sebuah modul yang terdiri atas tujuh scsi dengan pokok bahasan antara lain : I) Perkembangan anak usia dini, khususnya aspek Esik, kognititl emosi dan sosial; 2) Pendidikan anak usia dini secara umum.
ABSTRACT
Stated on Pasal 28 UU No. 20/2003 about National Education System, early child age education is an education prior to basic education level run through formal, nonforrnal, and informal education. According to Gutama (Media Indonesia, .luly IO, 2006), many obstacles faced on improving PAUD participation in Indonesia, that is, non qualified educator. Commonly, teacher is a definite factor detemiining high-low of education quality. Therefore, it is important to give finll attention in improving the quality of the teachers. Based on need analysis of PAUD teacher and PAUD headmaster in Bogor, it is known that they lack of comprehension of effective teaching completely, in order to, they can't provide creative teaching modul and handle extraordinary problem on children. The main problem is because of they lack of comprehension on the characteristics of early child age and how to face and handle it. It is caused by difterent education background ofthe teachers and having no basic knowledge of teacher. This training aims to give the teachers knowledge of early child age characteristics so they can effectively teach in the classroom. This training is organized in I4 hours for 2 days. It covered in a modul with 7 session discussing: I) The development of early child age such as physically aspect, cognitive, emotion and social; 2) Early child age education.
2007
T34127
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover