Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Doloksaribu, Martin
"Kereta api sebagai alat transportasi massal yang sering digunakan oleh masyarakat perlu memiliki tingkat keamanan yang tinggi untuk menjamin keselamatan penumpangnya. Untuk alasan tersebut, kereta api perlu memiliki rem yang memiliki sifat mekanis yang baik, antara lain laju aus yang rendah dan tingkat keuletan yang optimal. Rem yang terbuat dari komposit (kombinasi antara material logam dan polimer) menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan sifat laju aus dan tingkat keuletan yang optimal sebagai aplikasi kanvas rem kereta api. Dan untuk mengetahui sifat mekanik tersebut perlu dilakukan pengujian aus pada skala lab dan SEM untuk mengetahui tingkat kehomogenan antara matriks dan penguat. Melaui penelitian ini, didapatkan bahwa rem komposit Logam-Polimer memiliki nilai Laju Aus yang lebih besar daripada rem komposit Polimer. Dan tingkat kehomogenan antara matriks dan penguat mempengaruhi tingkat Laju Aus.

Train, as a mass transportation vehicle which used frequently, requires high safety factor to ensure passenger?s safety. For that reason, train must have brake canvas that has good mechanic properties; as low wear rate and optimum ductility. Brake that made from composite (combination of metal and polymer) becomes a alternative material to obtain brake canvas which has optimum wear rate and ductility for train application. Wear testing is used to study wear rate and SEM is used to study the distribution of reinforcement in matrix. As conclusion, brake canvas metal-polymer composite has higher wear rate than brake canvas polymer composite. And distribution of reinforcement in matrix affect wear rate."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S41718
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Doloksaribu, Martin
"Tesis ini meneliti mengenai persentase keterisian microcavity pada cetakan braket ortodontik dengan proses Metal Injection Molding (MIM). Braket ortodontik memiliki microcavity pada bagian sayap dan dasar (base). Berbeda dengan proses pengisian pada MIM konvensional, proses injeksi/pengisian microcavity (μMIM) harus dilakukan dengan cepat. Pada penelitian ini dilakukan simulasi dan injeksi cetakan braket ortodontik dengan MIM terhadap volume feeder. Feeder 1 memiliki volume (luas penampang runner-gate) kecil dan Feeder 2 memiliki volume (luas penampang runner-gate) besar. Simulasi pada Feeder 1 menghasilkan keterisian penuh pada temperatur material 200oC. Simulasi pada Feeder 2 menghasilkan keterisian penuh pada temperatur material 190oC. Aliran material pada injeksi Feeder 1 tidak dapat mencapai gate pada temperatur material 200oC dan tekanan injeksi 1600 kgf/cm2. Aliran material dapat mencapai ujung Feeder 2 pada temperatur material 165~200oC dan tekanan injeksi 1050~1600 kgf/cm2 namun keterisian cavity produk tidak penuh. Simulasi dan eksperimen injeksi memberikan hasil yang berbeda pada keterisian microcavity. Volume feeder yang lebih besar memberikan keterisian microcavity lebih baik.

This thesis examines the filling percentage of microcavity in orthodontic bracket molds using the Metal Injection Molding (MIM). Orthodontic brackets have microcavities on the wing and base. Unlike the conventional MIM, microcavities on the microinjection (μMIM) were filled rapidly. In this study, simulation and injection of orthodontic bracket molds were carried out on the different volumes of the feeder. Feeder 1 was a small volume feeder (smaller cross-sectional area of runner and gate) and Feeder 2 is a large volume feeder (larger cross-sectional area of runner and gate). Simulations on Feeder 1 produce a complete filling at a material temperature of 200oC. Simulation on Feeder 2 produces complete filling at a material temperature of 190oC. The flow of injected material in Feeder 1 was unable to reach the gate at a material temperature of 200oC and an injection pressure of 1600 kgf/cm2. The flow of injected material in Feeder 2 was able to fill the cavity at a material temperature of 165~200oC and an injection pressure of 1050~1600 kgf/cm2 however one of wing (microcavity) was still incompletely filled. Injection simulations and experiments gave different results on the filling percentage of microcavity. A larger feeder volume provides a better filling percentage of microcavity."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library