Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prasetyo Dwi Laksono
"Sejarah panjang Kepolisian Negara Republik Indonesia telah membentuk sikap dan perilaku anggota Polri cenderung militeristik dan merugikan masyarakat. Integrasi Polri dengan ABRI selama Orde Baru ternyata membawa dampak buruk terhadap kineija Polri di masyarakat. Polri cenderung bertindak sebagai aparat penguasa yang melindungi kepentingan pemerintah dan mengabaikan kepentingan masyarakat. Pada tanggal 1 April 1999 Polri resmi berpisah dari ABRI dan kemudian pada tanggal 1 Juli 2000 Polri benar-benar menjadi lembaga independen dibawah Presiden (Polri Mandiri). Perubahan ini kemudian membawa dampak kepada perubahan paradigma Polri dari kecenderungan mengabdi pada kepentingan penguasa menjadi institusi sipil yang mengabdi kepada masyarakat (civilian police). Berbagai kebijakan dan strategi Polri Mandiri yang gencar digalakkan Polri merupakan salah satu upaya Polri dalam memaksimalkan peran, fungsi dan tugasnya sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan sikap anggota Polri dan masyarakat terhadap Polri Mandiri. Sampel diambil menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Occidental sampling, dengan jumlah sampel 200 orang yang terdiri dari 100 anggota Polri dan 100 masyarakat. Untuk melihat perbedaan sikap tersebut dilakukan perhitungan t-test for independent sample pada skor rata-rata sikap masing-masing kelompok. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan perbedaan sikap yang signifikan antara anggota Polri dan masyarakat terhadap Polri Mandiri.
Dalam penelitian ini ditemukan bahwa anggota Polri mempunyai kecenderungan sikap yang favorable terhadap Polri Mandiri, sedangkan masyarakat mempunyai kecenderungan sikap yang unfavorable terhadap Polri Mandiri. Perbedaan ini disebabkan karena adanya beberapa faktor yang berpengaruh dalam pembentukan sikap seperti pengalaman langsung masyarakat ketika berurusan dengan polisi, pengaruh orang lain, media massa dan juga faktor-faktor emosional. Faktor lain yang menyebabkan terjadinya perbedaan sikap antara anggota Polri dan masyarakat terhadap Polri Mandiri adalah indentitas sosial, faktor ingroupoutgroup, dan juga prasangka kelompok."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
S3340
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Laksono
"ABSTRAK
Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut. Dalam
pengoperasiannya, kapal membutuhkan daya mesin yang sesuai sehingga
kecepatan kapal tercapai. Hambatan kapal menjadi faktor yang paling penting
dalam pemilihan main engine. Dengan displaement yang sama, penelitian ini akan
membandingkan nilai hambatan total yang didapat dari kapal model monohull dan
kapal model katamaran. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan mengenai
penurunan nilai hambatan yang diakibatkan oleh konfigurasi membujur (R/L)
pada demihull kapal katamaran. Metode eksperimen dan numerik (HullSpeed-
MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian dengan variasi kecepatan pada
angka Froude 0.2 -0.6. Pada hasil eksperimen menunjukkan hambatan total
terbesar pada Fn 0.2-0.32 dimiliki oleh konfigurasi R/L 0.1. Selanjunya pada Fn >
0.32, hambatan total terbesar dimiliki oleh monhull. Monohull memiliki nilai
koefisien hambatan total terbesar dibanding dengan ketiga konfigurasi. Jika
dibandingkan antara ketiga konfigurasi, terlihat bahwa konfigurasi R/L 0.1 pada
Fn 0.2-0.3 menghasilkan nilai koefisien hambatan total yang terbesar. Pada Fn >
0.3, nilai koefisien hambatan total terbesar dimiliki oleh konfigurasi R/L 0.0.
Sedangkan analisa konfigurasi lambung secara membujur (staggered)
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan hambatan. Semakin
besar nilai R/L, maka semakin kecil nilai hambatan yang dihasilkan

Abstract
The ship is a vessel carrier of passengers and goods at sea. In operation, ship
requires an ideal engine power so that it?s speed can be reached. Ship?s resistant is
the most important factor in the selection of main engine. With the same of
displaement, this study will compare the total resistance value obtained from
monohull and catamaran models. The purpose of this study is to explain the
decrease in resistance value caused by the longitudinal configuration (R / L) on
demihull catamarans. Experimental and numerical methods (HullSpeed-
MaxsurfPro 11:12) are conducted in this study with the Froude number variation
of the speed is 0.2 -0.6. In the experimental results show that the the largest total
resistant on Fn 0.2-0.32 owned by configuration of R/L 0.1. And then on Fn >
0.32, monohull has the largest total resistant. Monohull has the largest coefficient
of resistant compared with the three of catamaran?s configurations. When
compared among catamaran?s configurations, configuration of R/L 0.1 on Fn 0.2-
0.3 have the largest coefficient of resistant. On Fn> 0.3, the largest coefficient of
resistant is configuration of R / L 0.0. While the analysis of the longitudinal hull
configuration (staggered) have a significant influence on reducing the resistant.
The greater R/L value produces the smaller of resistant value;"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43470
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library