Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dwinara Febrianti
"ABSTRAK
Survey di Depok menunjukan 31,8% siswa pernah mengalami bullying. Tujuan
penelitian untuk mengetahui pengaruh latihan perilaku asertif pada anak usia
sekolah yang didampingi orangtua, guru dan anak usia sekolah yang didampingi
orangtua terhadap kondisi bullying dan kemampuan perilaku asertif. Desainnya
menggunakan Quasi experimental pre-post test with control group. Responden
sebanyak 133 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Semua anak usia sekolah
pada kelompok 1 dan 2 mendapatkan latihan perilaku asertif namun kelompok 1
didampingi oleh orangtua dan guru sedangkan kelompok 2 didampingi orangtua
sedangkan kelompok kontrol tidak mendapatkan latihan perilaku asertif. Analisis
menggunakan Paired T Test dan Annova. Hasil penelitian menunjukkan
kemampuan perilaku asertif anak usia sekolah yang didampingi orangtua, guru
menunjukan nilai lebih tinggi secara bermakna dibandingkan dengan kelompok
yang hanya didampingi orangtua dan anak. Faktor yang berkontribusi terhadap
kondisi bullying: usia, pendidikan orangtua, pendidikan guru dan faktor yang
berkontribusi terhadap kemampuan perilaku asertif anak usia sekolah: jenis
kelamin. Terapi latihan perilaku asertif direkomendasikan diberikan pada anak
usia sekolah dengan melibatkan orangtua dan guru.
ABSTRACT
Survey in Depok showed 31.8% of students had experienced bullying. The
purpose of this research to determine the effect of assertive behavior training in
school-aged children accompanied by parents, teachers and children are
accompanied by a parent to bullying conditions and the ability of assertive
behavior. The design research was quasi-experimental pre-post test with control
group. Involving 133 respondents who met the inclusion criteria. All school-age
children in group 1 and 2 get assertive behavior training but group 1 was
accompanied by parents and teachers, while group 2 was accompanied by a parent
and the control group did not receive assertive behavior training. Analysis using
Paired T Test and Annova. The results show the ability of assertive behavior
school-aged children accompanied by parents, teachers showed significantly
higher values compared to those who only accompanied by a parent and child.
Factors that contribute to bullying conditions: age, parental education, teacher
education and the factors that contribute to the ability of assertive behavior in
school-age children: sex. Assertive behavior recommended exercise therapy given
to school-age children by involving parents and teachers."
2013
T35396
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwinara Febrianti
"Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah arterial yang tidak normal dan berlangsung terus menerus. Klien yang menderita secara fisik dapat menimbulkan dampak secara psikologis yaitu ansietas. Ansietas adalah perasaan khawatir, yang merupakan respon terhadap rangsangan baik eksternal maupun internal yang menimbulkan gejala baik secara perilaku, emosi, kognitif dan fisik. Karya ilmiah akhir ini bertujuan untuk memberikan gambaran manajemen kasus spesialis pada klien hipertensi dengan ansietas menggunakan pendekatan Uncertainty In Illness dan Comfort Theory. Jumlah klien kelolaan sebanyak 21 orang. Terapi spesialis yang diberikan adalah thought stopping dan relaksasi progresif.
Hasil yang ditemukan terjadi penurunan tanda dan gejala ansietas sebesar 51.43%, peningkatan rata-rata kemampuan melakukan terapi thought stopping pada klien hipertensi dengan ansietas sebesar 11.68 dan peningkatan rata-rata kemampuan melakukan terapi relaksasi progresif pada klien hipertensi dengan ansietas sebesar 16.35. Terapi thought stopping dan relaksasi progresif direkomendasikan sebagai terapi spesialis keperawatan pada klien dengan ansietas.

Hypertension is a high blood (arterial) pressure and occurs continuously. Patient who is experiencing hypertension will also experience psychological problem such as anxiety. Anxiety is the feeling of unsecure, as a response to external and internal stimulus which can create behavior, emotional, cognitive, and physical symptoms. The purpose of this final report is to describe case management on hypertension with anxiety using uncertain in illness approach and comfort theory. Twenty one patients were closely monitored and cared. Thought stopping and progressive relaxation are the specialists nursing treatments that were given to hypertension patient.
The results shows that level of anxiety decrease into 51.43%, level of ability in implementing thought stopping on hypertension patient with anxiety on 11.68 and the mean of increasing on implementing progressive relaxation therapy ability was 16.35. it is recommended that thought stopping and progressive relaxation therapy as nursing specialist therapy for patient with anxiety.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
SP-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library