Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eva Lenna Juliana
Abstrak :
Pengadaan barang dan jasa bertujuan untuk menjamin efisiensi, transparansi, dan keadilan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan oleh pemerintah. Salah satu tahapan yang sangat krusial dalam pemilihan penyedia barang dan jasa pemerintah (pelelangan) adalah proses penetapan calon pemenang lelang. Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah mengusulkan penawar terendah yang responsif sebagai calon pemenang. Mengingat tidak adanya penjelasan tentang maksud (penawaran terendah yang responsif) maka ketentuan tersebut dapat diinterpretasikan secara berbeda menurut kepentingan pihak-pihak (pengguna dan penyedia barang/jasa). Akibatnya, pihak kontraktor cenderung untuk mengajukan penawaran jauh lebih rendah dari Harga Perkiraan Sendiri (HPS) yang seringkali melanggar prinsip persaingan usaha tidak sehat seperti kecurangan menetapkan biaya produksi dan persekongkolan tender. Kecurangan menetapkan biaya produksi terlihat dari harga satuan bahan berbeda jauh dari harga pasaran yang ada dan persekongkolan tender dengan adanya dokumen-dokumen tender yang mirip di antara peserta tender, yaitu dalam hal pemilihan kata-kata, format surat, dan tata bahasa pada cover letter. Meskipun ada ketentuan lain yang mengikat penawaran harga yang cenderung rendah dengan kewajiban untuk memberikan jaminan pelaksanaan dalam jumlah tertentu
Procurement of goods and services aimed at ensuring efficiency, transparency, and fairness in the implementation of development activities by the government. One of the crucial stages in the selection of providers of public goods and services (auction) is the process of determining the potential winner of the auction. Presidential Decree No. 54 of 2010 on the procurement of goods and services the government proposed the lowest responsive bidder as a potential winner. Given the absence of an explanation about the purpose (the lowest bid is responsive) then that provision can be interpreted differently according to the interests of stakeholders (users and providers of goods / services). As a result, the contractor tend to bid much lower than Self-Estimated Price (HPS), which often violate the principle of unfair competition such as cheating establish production costs and bid rigging. Cheating set the cost of production can be seen from the unit price of materials differ greatly from the market price of existing and tender conspiracy with their tender documents that are similar among bidders, namely in terms of the choice of words, letter format, and grammar on the cover letter. Although there are other provisions that bind the rather low price deals with the obligation to provide a performance bond in a certain amount.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T45881
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Lenna Juliana
Abstrak :
Salah satu metoda untuk menentukan keberadaan fosfat di lingkungan perairan adalah dengan pembuatan adsorben selektif Ion Imprinted Polymer menggunakan kitosan termodifikasi. Kitosan suksinat, fosfat, MBA (Metilen Bis Akrilamida) digunakan sebagai monomer, cetakan dan agen pengikat silang. Awalnya kitosan dimodifikasi membentuk kitosan suksinat dan ditambahkan ion besi, Fe(III) membentuk kompleks Fe(III) kitosan suksinat. Kemudian kompleks Fe(III) kitosan suksinat ditambahkan fosfat dan selanjutnya fosfat dikeluarkan dengan KOH sehingga membentuk rongga selektif untuk ion fosfat. Setelah rongga terbentuk, kompleks Fe(III) kitosan suksinat diikat silang dengan menggunakan MBA. Penyerapan fosfat dengan polimer yang telah dicetak dengan fosfat lebih tinggi bila dibandingkan dengan polimer tanpa dicetak dan kitosan. Penyerapan ion fosfat maksimum pada ion imprinted polymer dicapai saat 30 menit dengan kapasitas adsorpsi (Q) = 4,382.59 mg/g, pH 3 dengan Q = 4,806.74 mg/g dan konsentrasi 3-4 ppm dengan Q = 2,884.62-3,703.70 mg/g. Penyerapan fosfat pada ion imprinted polymer terganggu dengan adanya ion bikarbonat dengan Q = 1,205.27 mg/g sedangkan Q untuk penyerapan fosfat tanpa adanya gangguan ion (kontrol) sebesar 6,812.37 mg/g. Penyerapan Sodium Tripolifosfat (STPP) lebih kecil pada polimer yang dicetak dengan fosfat. Q untuk penyerapan STPP 2 ppm sebesar 1,670.35 mg/g sedangkan Q pada penyerapan fosfat 2 ppm sebesar 1,909.76 mg/g.
One method for determining the presence of phosphate within the waters was by making selective adsorbent ion imprinted polymer using modified chitosan. Chitosan succinate, phosphate, MBA (Methylene Bis Acrylamide) were used as a monomer, mold and crosslinking agent. Firstly, chitosan was modified to form chitosan succinate and added iron ions (III) to form complexes of Fe(III) chitosan succinate. Then the complex Fe(III) chitosan succinate was added with phosphate and then phosphate further removed with KOH to form a cavity for the adsorption phosphate ion selectively. Once the cavity was formed, the complex Fe(III) chitosan succinate was then crosslinked using MBA. Phosphate adsorption with polymers that have been imprinted with phosphate was higher when compared with non-imprinted polymer and chitosan. Maximum adsorption of phosphate ions on imprinted polymer was achieved after 30 minutes contact time with adsorption capacity (Q) 4,382.59 mg/g, pH 3 with Q = 4,806.74 mg/g and the concentration of 3-4 ppm with Q = 2,884.62-3,703.70 mg/g. The adsorption of phosphate on the imprinted polymer in the presence of bicarbonate ions as interference was by Q = 1,205.27 mg/g, whereas Q for the adsorption of phosphate ions in the absence of interference was (control) of 6,812.37 mg/g. Adsorption of Sodium tripolyphosphate (STPP) is smaller in the polymer imprinted with phosphate. Q for the absorption of 2 ppm STPP standar was 1,670.35 mg / g, while Q at 2 ppm of phosphate adsorption was 1,909.76 mg / g.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2013
S45078
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library