Found 1 Document(s) match with the query
Fadila Rosyada Hariri
"Persaingan usaha kecil di sektor kuliner, khususnya di DKI Jakarta, semakin ketat akibat dinamika pasar yang semakin cepat. Untuk tetap bertahan dan meningkatkan kinerja, pelaku usaha perlu memiliki kemampuan adaptif dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Konsep dynamic capabilities menjadi penting karena mencerminkan kemampuan usaha untuk mendeteksi peluang, belajar dari pengalaman, menyatukan proses, dan mengoordinasikan sumber daya secara efektif. Selain itu, market orientation turut berperan dalam mengarahkan strategi usaha agar lebih responsif terhadap kebutuhan pasar. Untuk itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji pengaruh dynamic capabilities terhadap business performance dengan market orientation sebagai variabel moderasi pada usaha kecil kuliner di DKI Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode survei kuesioner secara daring dan luring kepada 184 responden yang merupakan pemilik/manajer senior usaha kecil Kuliner di DKI Jakarta dengan teknik purposive sampling. Data diolah menggunakan software SPSS v22 dengan analisis deskriptif uji mean, analisis inferensial dengan moderated regression analysis dengan regresi linier berganda. Hasilnya, ditemukan bahwa dynamic capabilities memiliki pengaruh positif signifikan terhadap business performance. Seluruh dimensi dynamic capabilities, yang terdiri dari sensing capability, learning capability, integrating capability, dan coordinating capability juga berpengaruh positif terhadap business performance. Kemudian, market orientation berpengaruh terhadap hubungan antara dynamic capabilities dan business performance dalam penelitian ini.
Competition among small culinary businesses in DKI Jakarta has become increasingly intense due to rapidly changing market dynamics. To survive and improve performance, business owners must develop adaptive capabilities to respond to environmental changes. The concept of dynamic capabilities is essential as it reflects the ability to identify opportunities, learn from experience, integrate processes, and coordinate resources effectively. Additionally, market orientation plays a role in guiding business strategies to be more responsive to market needs. This study aims to examine the influence of dynamic capabilities on business performance, with market orientation as a moderating variable, in small culinary enterprises in DKI Jakarta. A quantitative approach was used, with data collected from 184 owners or senior managers through online and offline questionnaire surveys using purposive sampling. The data were analyzed using SPSS v22, employing descriptive analysis (mean test), multiple linear regression, and moderated regression analysis. The results show that dynamic capabilities have a significant positive effect on business performance. All four dimensions—sensing capability, learning capability, integrating capability, and coordinating capability—also positively affect business performance. Furthermore, market orientation moderates the relationship between dynamic capabilities and business performance in this study."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library