Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Febriyanda Pratama
"Penelitian‬‭ ini‬‭ menganalisis‬‭ implementasi‬‭ Keputusan‬‭ Dirjen‬‭ Pendis‬‭ Nomor‬‭ 304‬‭ Tahun‬ ‭ 2023‬‭ di‬‭ MAN‬‭ 1‬‭ Pekanbaru,‬‭ khususnya‬‭ terkait‬‭ alokasi‬‭ dana‬‭ BOS‬‭ untuk‬‭ meningkatkan‬ ‭kesejahteraan‬‭ Guru‬‭ Bukan‬‭ Pegawai‬‭ Negeri‬‭ Sipil‬‭ (GBPNS).‬‭ Dengan‬‭ menggunakan‬‭ teori‬ ‭implementasi‬‭ kebijakan‬‭ Edward‬‭ III‬‭ dan‬‭ teori‬‭ kesejahteraan‬‭ sosial‬‭ Marshall‬‭ &‬ ‭ Bottomore,‬‭ penelitian‬‭ ini‬‭ mengevaluasi‬‭ keberhasilan‬‭ pelaksanaan‬‭ kebijakan‬ ‭berdasarkan‬‭ empat‬‭ elemen‬‭ utama:‬‭ komunikasi,‬‭ sumberdaya,‬‭ disposisi,‬‭ dan‬‭ struktur‬ ‭ birokrasi,‬‭ serta‬‭ dampaknya‬‭ terhadap‬‭ hak‬‭ sipil,‬‭ politik,‬‭ dan‬‭ sosial‬‭ GBPNS.‬‭ Pendekatan‬ ‭ penelitian‬‭ yang‬‭ digunakan‬‭ adalah‬‭ kualitatif‬‭ dengan‬‭ metode‬‭ studi‬‭ kasus.‬‭ Data‬ ‭ dikumpulkan‬‭ melalui‬‭ wawancara‬‭ mendalam‬‭ dengan‬‭ informan‬‭ kunci‬‭ dan‬‭ analisis‬ ‭ dokumen‬‭ terkait.‬‭ Hasil‬‭ penelitian‬‭ menunjukkan‬‭ bahwa‬‭ kebijakan‬‭ ini‬‭ mampu‬ ‭ meningkatkan‬‭ kesejahteraan‬‭ GBPNS,‬‭ meskipun‬‭ masih‬‭ terdapat‬‭ kendala‬‭ dalam‬‭ aspek‬ ‭ administratif‬‭ dan‬‭ optimalisasi‬‭ sumber‬‭ daya.‬‭ Penelitian‬‭ ini‬‭ juga‬‭ menemukan‬‭ adanya‬ ‭ hubungan‬‭ signifikan‬‭ antara‬‭ pemenuhan‬‭ hak-hak‬‭ GBPNS‬‭ dengan‬‭ kualitas‬‭ pendidikan‬‭ di‬ ‭ madrasah.‬‭ Penelitian‬‭ ini‬‭ menyimpulkan‬‭ bahwa‬‭ implementasi‬‭ kebijakan‬‭ yang‬‭ lebih‬ ‭ terfokus‬‭ pada‬‭ penguatan‬‭ hak-hak‬‭ dasar‬‭ GBPNS‬‭ dapat‬‭ menciptakan‬‭ kesejahteraan‬ ‭ holistik yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional.‬

This‬‭ study‬‭ analyzes‬‭ the‬‭ implementation‬‭ of‬‭ the‬‭ Decree‬‭ of‬‭ the‬‭ Director‬‭ General‬‭ of‬‭ Islamic‬ ‭ Education‬‭ Number‬‭ 304‬‭ of‬‭ 2023‬‭ at‬‭ MAN‬‭ 1‬‭ Pekanbaru,‬‭ specifically‬‭ related‬‭ to‬‭ the‬‭ allocation‬ ‭of‬‭ School‬‭ Operational‬‭ Assistance‬‭ (‬‭ BOS‬‭ )‬‭ funds‬‭ to‬‭ improve‬‭ the‬‭ welfare‬‭ of‬‭ Non-Civil‬‭ Servant‬ ‭ Teachers‬‭ (‬‭ GBPNS‬‭ ).‬‭ Utilizing‬‭ both‬‭ Edward‬‭ III’s‬‭ policy‬‭ implementation‬‭ theory‬‭ and‬‭ Marshall‬ ‭&‬‭ Bottomore’s‬‭ social‬‭ welfare‬‭ theory,‬‭ this‬‭ study‬‭ evaluates‬‭ the‬‭ successful‬‭ policy‬ ‭ implementation‬‭ according‬‭ to‬‭ four‬‭ main‬‭ elements:‬‭ communication,‬‭ resources,‬‭ disposition,‬ ‭and‬‭ bureaucratic‬‭ structure,‬‭ as‬‭ well‬‭ as‬‭ its‬‭ impact‬‭ on‬‭ the‬‭ civil,‬‭ political,‬‭ and‬‭ social‬‭ rights‬‭ of‬ ‭ GBPNS‬‭.‬‭ The‬‭ study‬‭ used‬‭ a‬‭ qualitative‬‭ approach‬‭ with‬‭ a‬‭ case‬‭ study‬‭ method.‬‭ For‬‭ this‬‭ purpose,‬ ‭data‬‭ was‬‭ collected‬‭ through‬‭ an‬‭ in-depth‬‭ interview‬‭ with‬‭ key‬‭ informants‬‭ and‬‭ document‬ ‭analysis.‬‭ It‬‭ shows‬‭ that‬‭ this‬‭ policy‬‭ can‬‭ improve‬‭ the‬‭ welfare‬‭ of‬‭ the‬‭ GBPNS,‬‭ although‬‭ there‬‭ are‬ ‭ still‬‭ challenges‬‭ in‬‭ administrative‬‭ aspects‬‭ and‬‭ resource‬‭ optimization.‬‭ The‬‭ study‬‭ also‬‭ found‬‭ a‬ ‭ significant‬‭ relationship‬‭ between‬‭ the‬‭ fulfillment‬‭ of‬‭ GBPNS‬‭ rights‬‭ and‬‭ the‬‭ quality‬‭ of‬ ‭education‬‭ in‬‭ madrasah‬‭.‬‭ This‬‭ study‬‭ concludes‬‭ that‬‭ policy‬‭ implementation‬‭ focused‬‭ on‬ ‭ strengthening‬‭ the‬‭ basic‬‭ rights‬‭ of‬‭ GBPNS‬‭ could‬‭ lead‬‭ to‬‭ holistic‬‭ welfare,‬‭ which‬‭ will‬‭ improve‬ ‭ the national education quality.‬ ‭
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library