Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fira Nabilla
Abstrak :
Pemantauan Terapi Obat (PTO) merupakan proses yang mencakup kegiatan seperti pengkajian terkait obat yang digunakan pasien, pemberian rekomendasi penyelesaian masalah terkait obat serta pemantauan efektivitas dan efek samping obat. Data penggunaan obat merupakan komponen penting dalam proses PTO. Analisis yang dapat dilakukan berdasarkan data penggunaan obat adalah penilaian kualitas penggunaan antibiotik serta analisis MTO pengobatan yang diterima pasien. Masalah Terkait Obat (MTO) yang terjadi pada pengobatan pasien dan memberikan rekomendasi tindak lanjut menggunakan metode SOAP. PTO dilakukan pada pasien berinisial NAN yang didiagnosis sindrom gangguan pernapasan akut, perdarahan intraserebral dan PDVK. Masalah Terkait Obat (MTO) yang terjadi pada pengobatan pasien N di ruangan PICU RSUP Fatmawati dengan diagnosis sindrom gangguan pernapasan akut, perdarahan intraserebral dan PDVK adalah adanya ketidaksesuaian dosis yaitu amikasin 1x60 mg. Kemudian ditemukan Reaksi Obat yang Tidak Diinginkan (ROTD) terjadi pada pasien yaitu hipoalbumin yang merupakan ROTD dari parasetamol dan hiperglikemi akibat pemberian deksametason. Interaksi obat yang terjadi yaitu antara amikasin dan mannitol, asam valproate dan meropenem, parasetamol dan fenitoin, fenitoin dan asam valproate, amikasin dan furosemide, seftriakson dan furosemide, serta omeprazole dan fenitoin. Penilaian kualitas penggunaan antibiotik menggunakan metode gyssens menunjukkan bahwa penggunaan antibiotik seftriakson sudah tepat atau bijak karena masuk ke dalam kategori 0. Kemudian Penggunaan meropenem masuk kategori IVA dan IIIA yang menginterpretasikan bahwa ada antibiotik lain yang lebih efektif daripada meropenem karena berdasarkan hasil kultur yaitu seftazidim dan sefepim masih sensitif terhadap pasien serta penggunaan antibiotik terlalu lama (lebih dari 14 hari). Penggunaan amikasin masuk kategori IIA dan IIB yang menunjukkan bahwa dosis dan interval yang tidak tepat. ......Drug Therapy Monitoring (DTM) is a process that includes activities such as assessments related to drugs used by patients, providing recommendations for solving drug-related problems, and monitoring the effectiveness and side effects of drugs. Drug use data is an important component of the DTM process. Analysis that can be carried out based on drug use data is an assessment of the quality of antibiotic use as well as an DRP analysis of the treatment the patient receives. Drug-Related Problems (DRP) that occur in patient treatment and provide follow-up recommendations using the SOAP method. DTM was performed on a patient with the initials NAN who was diagnosed with acute respiratory distress syndrome, intracerebral hemorrhage, and PDVK. Drug-Related Problems (DRP) that occurred in the treatment of patient N in the PICU room at Fatmawati Hospital with a diagnosis of acute respiratory distress syndrome, intracerebral hemorrhage, and PDVK was a dose mismatch, namely amikacin 1x60 mg. Then it was found that adverse drug reactions (ADR) occurred in patients, namely hypoalbumin which was ADR from paracetamol, and hyperglycemia due to dexamethasone administration. Drug interactions that occur are between amikacin and mannitol, valproic acid and meropenem, paracetamol and phenytoin, phenytoin and valproic acid, amikacin and furosemide, ceftriaxone and furosemide, and omeprazole and phenytoin. Assessment of the quality of antibiotic use using the Gyssens method showed that the use of ceftriaxone was appropriate or wise because it was included in category 0. Then the use of meropenem was included in categories IVA and IIIA which interpreted that other antibiotics were more effective than meropenem because they were based on culture results, namely ceftazidime and cefepime. still sensitive to patients and the use of antibiotics for too long (more than 14 days). The use of amikacin is in categories IIA and IIB which shows that the dose and interval are incorrect.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fira Nabilla
Abstrak :
KFTD Bogor merupakan PBF yang telah memiliki izin khusus dari Menteri untuk menyalurkan narkotika, psikotropika, dan prekursor. penggunaan obat-obat tertentu yang sering disalahgunakan perlu dikelola dengan baik salah satunya oleh PBF. Pada produk rantai dingin diperlukan sistem pengelolaan khusus untuk menjamin mutu sebab titik kritis pada produk ini adalah suhu. Pengelolaan yang lebih optimal perlu dilakukan oleh Apoteker terhadap produk dengan penanganan khusus. Pengelolaan yang dilakukan diharapkan sesuai Peraturan BPOM dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sesuai dan telah ditetapkan. Hasil evaluasi pelaksanaan pengadaan narkotika, psikotropika, prekursor farmasi, obat-obat tertentu, dan produk rantai dingin di KFTD Bogor menunjukkan bahwa terdapat 1 poin pelaksanaan pengadaan yang dilakukan tidak tercantum pada SOP yaitu terkait surat pesanan narkotika hanya diisi dengan 1 jenis narkotika sedangkan surat psikotropika atau prekursor dapat digunakan untuk beberapa jenis psikotropika atau prekursor. Namun hal ini terdapat pada PerBPOM tentang Pedoman teknis CDOB. Secara keseluruhan, pelaksanaan pengadaan telah sesuai dengan pedoman, yaitu SOP Pengadaan Narkotika, SOP Pengadaan Obat di KFTD Bogor, dan Peraturan Badan POM RI Nomor 3 tahun 2019 tentang Pedoman Pengelolaan Obat-Obat Tertentu yang Sering Disalahgunakan serta Peraturan Badan POM RI Nomor 6 tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Cara Distribusi Obat yang Baik. ......KFTD Bogor is a PBF that has a special permit from the Minister to distribute narcotics, psychotropics, and precursors. the use of certain drugs that are often abused needs to be managed properly, one of which is by PBF. Cold chain products require a special management system to guarantee quality because the critical point for this product is temperature. More optimal management needs to be done by pharmacists for products with special handling. Management is expected to be carried out by BPOM Regulations and Standard Operating Procedures (SOP) that are appropriate and have been established. The results of the evaluation of the implementation of the procurement of narcotics, psychotropics, pharmaceutical precursors, certain drugs, and cold chain products at KFTD Bogor showed that there was 1 point in the implementation of the procurement that was not listed in the SOP, namely related to narcotics order letters only filled with 1 type of narcotics while psychotropic letters or precursors may be used for certain types of psychotropics or precursors. However, this is contained in the PerBPOM concerning CDOB technical guidelines. Overall, the procurement implementation complies with the guidelines, namely SOP for Procurement of Narcotics, SOP for Procurement of Drugs at KFTD Bogor, and POM RI Regulation Number 3 of 2019 concerning Guidelines for the Management of Certain Drugs that are Frequently Abused and RI POM Agency Regulation Number 6 of 2020 regarding Technical Guidelines for Good Drug Distribution Methods.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fira Nabilla
Abstrak :
Hipertensi adalah suatu keadaan pasien memiliki tekanan darah ≥140/90 mmHg ketika dilakukan pengukuran darah minimal dua kali dengan jarak satu minggu dan berdasarkan diagnosis dokter. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan peningkatan prevalensi hipertensi di Indonesia dengan jumlah penduduk sekitar 260 juta adalah 34,1% dibandingkan 27,8% pada Riskesdas tahun 2013.5 Berdasarkan Profil Kesehatan Puskesmas Kecamatan Matraman Tahun 2021, Penyakit Tidak Menular (PTM) yang memiliki pasien terbanyak adalah hipertensi yaitu sejumlah 5.026 orang. Menurut laporan WHO pada tahun 2003, kepatuhan rata-rata pasien pada terapi jangka panjang terhadap penyakit kronis di negara berkembang bahkan lebih rendah dari 50%. Kepatuhan minum obat merupakan faktor penentu yang penting dalam keberhasilan terapi terutama pada terapi penyakit tidak menular seperti hipertensi. Profil kepatuhan minum obat antihipertensi pada pasien hipertensi di Puskesmas Matraman menunjukkan bahwa sampel dengan kepatuhan sedang memiliki jumlah terbanyak yaitu 24 orang, kemudian sampel dengan kepatuhan tinggi berjumlah 8 orang dan sampel kepatuhan rendah berjumlah 11 orang. Karakteristik sampel yang memiliki hubungan dengan kepatuhan minum obat berdasarkan hasil uji Chi-square adalah umur (nilai p = 0,040) dan pendidikan terakhir (nilai p = 0,004). Hasil pengamatan menunjukkan bahwa semakin tinggi umur maka kepatuhan semakin rendah dan semakin tinggi pendidikan terakhir maka tingkat kepatuhan semakin tinggi. ......Hypertension is a condition in which a patient has blood pressure ≥140/90 mmHg when blood measurements are taken at least twice one week apart and based on a doctor's diagnosis. The 2018 Basic Health Research (Riskesdas) showed an increase in the prevalence of hypertension in Indonesia with a population of around 260 million, which was 34.1% compared to 27.8% in the 2013 Riskesdas. 5 Based on the health profile of the Matraman District Health Center in 2021, noncommunicable diseases The most patients with hypertension are 5,026 people. According to a WHO report in 2003, the average patient adherence to long-term therapy for chronic diseases in developing countries is even lower than 50%. Compliance with taking medication is an important determining factor in the success of therapy, especially in the treatment of non-communicable diseases such as hypertension. The profile of adherence to taking antihypertensive medication in hypertensive patients at the Matraman Health Center shows that the sample with moderate adherence has the highest number, namely 24 people, then the sample with high adherence is 8 people and the sample with low adherence is 11 people. Based on the results of the Chi-square test, the characteristics of the sample that had a relationship with medication adherence were age (p-value = 0.040) and recent education (p-value = 0.004). Observations showed that the higher the age, the lower the compliance, and the higher the last education, the higher the level of compliance.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fira Nabilla
Abstrak :
Dalam melakukan peningkatan produktivitas di area kerja PT. Guardian Pharmatama, TPM (Total Productive Maintenance) dapat digunakan sebagai penerapan pemeliharaan. Untuk mengukur tingkat keberhasilan penerapan TPM dapat digunakan metode overall equipment effectiveness (OEE). OEE merupakan cara mengukur tingkat keberhasilan penerapan TPM yang melibatkan 3 aspek utama, yaitu Availability, Performance Efficiency, dan Rate of Quality. Hasil yang visualisasi nilai OEE pada mesin JCMCO-51, JCMCO-39, dan STV-51 menunjukkan bahwa nilai OEE masih dibawah standar JIPM. Faktor yang dapat mempengaruhi OEE adalah nilai Availability, Performance, dan Quality. Pada ketiga mesin cetak, didapatkan nilai Availability dan Performance yang dibawah standar JIPM. Availability dipengaruhi oleh durasi unplanned shutdown, durasi running, dan durasi mesin stop, sedangkan performance dipengaruhi oleh penggunaan speed aktual dibawah speed standar. Rata-rata speed yang digunakan ketiga mesin kurang dari speed standar. Kegiatan over planned shutdown yang terdapat pada hasil visualisasi perhitungan OEE ketiga mesin pada bulan Juli 2022 ini adalah kegiatan 5R dan kegiatan set-up. Penentuan parameter durasi standar dan evaluasi pada kegiatan tersebut diperlukan untuk mengurangi waktu over planned shutdown. Perlu dilakukan evaluasi dan standarisasi durasi kegiatan yang termasuk 5R dan set-up agar dapat mengurangi durasi over planned shutdown secara aktual dan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi waktu serta perlunya pengkajian lebih lanjut mengenai perbedaan speed aktual dengan speed standar pada master data.  ......In increasing productivity in the work area of PT. Guardian Pharmatama, TPM (Total Productive Maintenance) can be used as a maintenance application. To measure the level of TPM implementation, the Overall Equipment Effectiveness (OEE) method can be used. OEE is a way to measure the success rate of TPM implementation which involves 3 main aspects, namely Availability, Performance Efficiency, and Rate of Quality. The results of visualizing the OEE value on the JCMCO-51, JCMCO-39, and STV-51 engines show that the OEE value is still below the JIPM standard. Factors that can affect OEE are Availability, Performance, and Quality values. On the three printing machines, the Availability and Performance values were obtained which were below the JIPM standard. Availability is affected by unplanned shutdown duration, running duration, and engine stop duration, while performance is affected by the use of actual speed below the standard speed. The average speed used by the three machines is less than the standard speed. The overplanned shutdown activities contained in the visualization results of the OEE calculations for the three engines in July 2022 are 5R activities and set-up activities. Adjustment of standard duration parameters and evaluation of these activities is needed to shorten the planned stop time. It is necessary to evaluate and standardize the duration of activities including 5R and set-up to reduce the actual planned shutdown duration and is expected to increase time efficiency and the need for further studies regarding the difference between actual speed and standard speed in the master data.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fira Nabilla
Abstrak :
Revolusi industri 4.0 pada era digital mendorong perkembangan teknologi dengan pesat. Salah satu bidang yang terus berkembang dan mengadopsi teknologi adalah e-commerce. E-commerce sendiri tidak hanya bergerak di bidang bisnis namun juga sekarang telah merambah dunia kesehatan. Salah satunya adalah Kimia Farma dengan aplikasi Kimia Farma Mobile. Kimia Farma Mobile memiliki beberapa fitur yaitu layanan klinik, layanan laboratorium dan layanan apotek. Apotek kimia farma 07 Juanda Bogor melayani resep dengan pembayaran tunai dan resep dengan pembayaran kredit (BPJS dan inhealth). Dalam fitur tebus resep pada Kimia Farma Mobile, resep yang dilayani berupa resep pembayaran tunai. Pelayanan resep kredit khususnya BPJS masih belum dapat dilakukan melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Banyaknya antrian, proses verifikasi dokumen pada saat pasien datang, penyiapan obat dan penulisan etiket secara manual, merupakan hal- hal yang mempengaruhi waktu tunggu pasien. Selain itu, pada fitur tebus resep, untuk resep tunai, pilihan yang tersedia adalah obat yang diresepkan akan diantarkan ke alamat dan tidak ada pilihan untuk pengambilan obat di Apotek apabila pasien ingin ambil obat langsung ke Apotek dengan kondisi tertentu. Hal tersebut dapat diatasi dengan dibuatnya sistem yang terintegrasi antara pelayanan resep BPJS dengan Kimia Farma Mobile sehingga mengoptimalkan pelayanan resep di Apotek Kimia Farma 07 Bogor dan penambahan pilihan pada fitur tebus resep, obat diantar ke alamat atau pasien ambil di Apotek. Perbaikan sistem secara berkala perlu dilakukan pada aplikasi Kimia Farma Mobile khususnya pada fitur tebus resep saat proses verifikasi diri. ......The industrial revolution 4.0 in the digital era has driven technological developments rapidly. One area that continues to develop and adopt technology is e-commerce. E-commerce itself is not only engaged in business but has also now penetrated the world of health. One of them is Kimia Farma with the Kimia Farma Mobile application. Kimia Farma Mobile has several features, namely clinic services, laboratory services, and pharmacy services. Kimia Farma Pharmacy 07 Juanda Bogor serves prescriptions with cash payments and prescriptions with credit payments (BPJS and in health). In the recipe redemption feature on Kimia Farma Mobile, recipes served are cash payment recipes. Credit prescription services, especially BPJS, still cannot be done through the Kimia Farma Mobile application. The number of queues, the process of verifying documents when patients arrive, preparing medicines, and writing labels manually, are things that affect patient waiting time. In addition, in the redeem prescription feature, for cash prescriptions, the available options are that the prescribed drug will be delivered to the address and there is no option to pick up the drug at the Pharmacy if the patient wants to take the drug directly to the Pharmacy under certain conditions. This can be overcome by creating an integrated system between BPJS prescription services and Kimia Farma Mobile to optimize prescription services at the Kimia Farma 07 Bogor Pharmacy and add options to the redeem prescription feature, drugs delivered to the address, or patients picked up at the Pharmacy. Periodic system improvements need to be made to the Kimia Farma Mobile application, especially the recipe redemption feature during the self-verification process. 
 
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library