Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hairanisa Hazhar
"Penelitian ini merupakan business coaching yang dilaksanakan pada UMKM XYZ yang bergerak dalam industri fashion muslim yakni hijab. Tujuan dari pelaksanaan business coaching ini adalah untuk membantu UMKM dalam menghitung harga pokok penjualan produk, harga jual produk dengan komponen biaya yang lengkap dan memberikan pelatihan dalam penyusunan laporan keuangan. Sehingga, dapat memudahkan UMKM XYZ dalam mengukur kinerja keuangan dan menentukan keputusan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam menganalisa data adalah Analisis Bisnis Proses, Business Model Canvas, Analisis Market Opportunity (STP), Marketing Mix, Analisis VRIO, Porter Five Forces, Analisis SWOT/TOWS, Analisis Gap dan Analisa Pareto.
Dari analisis tersebut didapatkan bahwa masalah utama yang dihadapi oleh UMKM XYZ adalah pada bidang keuangan, yakni tidak adanya perhitungan harga pokok penjualan, tidak lengkapnya komponen perhitungan biaya dalam penetapan harga jual produk dan tidak adanya laporan keuangan pada UMKM XYZ. Sehingga, pemilik mengalami kesulitan untuk dapat mengukur kinerja keuangan dan menentukan keputusan bisnis. Solusi yang diberikan untuk UMKM XYZ adalah dengan membantu membuat model perhitungan harga pokok penjualan sebagai dasar dalam penetapan harga jual produk dan implementasi penggunaan software GNUCash sebagai aplikasi untuk menyusun laporan keuangan. Proses business coaching ini diharapkan dapat membantu UMKM XYZ dalam meningkatkan kinerjanya.

This research is a business coaching conducted at MSME XYZ which engaged in the muslim fashion industry (hijab industry). The purpose of implementing this business coaching is to help MSME XYZ in calculating the cost of goods sold, calculating the product selling price with complete cost components and providing training in the preparation of financial statements. Thus, it can help MSME XYZ for measuring financial performance and determining business decisions. This research uses a qualitative approach. Data were collected from interviews, observation, and documentation. Then, the data were analyzes using several tools such as, Business Process Analysis, Business Model Canvas, Market Opportunity Analysis (STP), Marketing Mix, VRIO Analysis, Porter Five Forces, SWOT / TOWS Analysis, Gap Analysis and Pareto Analysis.
The finding shows that the main problem faced by MSME XYZ was in the financial sector, which were the absence of calculation of cost of goods sold, incomplete cost calculation components in product selling prices and the absence of financial reports on MSME Xyloshoop. Thus, the owner has difficulty in being able to measure financial performance and determine business decisions. The solution given for MSME XYZ is to help create a model for calculating cost of goods sold as the basis for product selling prices and implementation of the use of GNUCash software as an application for preparing the financial statements. This research is expected to help MSME XYZ to improve their performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hairanisa Hazhar
"Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh reputasi underwriter terhadap manajemen laba dan untuk mengetahui efek moderating dari reputasi underwriter terhadap hubungan antara manajemen laba dan kinerja saham jangka panjang perusahaan IPO yang terdaftar di BEI periode 2002-2010. Proksi dari reputasi underwriter adalah dengan menggunakan 20 most active broker berdasarkan total trading value, volume dan frekuensi yang dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) setiap tahunnya. Proksi dari manajemen laba adalah Discretionary Current Accrual (Modified Jones) dan Proksi dari kinerja saham jangka panjang adalah Buy And Hold Abnormal Return (BHAR). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan regresi berganda. Hasil Penelitian dalam model penelitian pertama menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan dari reputasi underwriter terhadap manajemen laba. Pada model penelitian kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan dari reputasi underwriter terhadap hubungan antara manajemen laba dan kinerja saham jangka panjang (3 tahun setelah IPO).

The aim of this study is to analyze the impact of underwriter reputation on earnings management and to analyze moderating effect of underwriter reputation on the relationship between earnings management and long-term stock performance of IPO firms listed in Indonesia Stock Exchange in 2002-2010. The proxy of underwriter reputation is using 20 most active broker based on the total trading value, volume and frequency, issued by Indonesia Stock Exchange (annually). The proxy of earnings management is Discretionary Current Accrual (Modified Jones) and the proxy of the long run performance is Buy And Hold Abnormal Return (BHAR). This research is quantitative and used multivariate regression. The first analysis model finds evidence that there is a negative and significant relationship between underwriter reputation and earnings management. In the second analysis model finds that there is a negative and significant effect on the reputation of underwriters reputation on the relationship between earnings management and long-run performance of IPO ( 3 years after IPO )."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library