Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hasibuan, Shinta Yuliana
"Pola asuh orang tua merupakan suatu dukungan ataupun motivasi bagi korban bullying untuk patuh dalam menjalani rehabilitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara jenis pola asuh orang tua dengan kepatuhan korban bullying dalam menjalani rehabilitasi. Desain penelitian ini adalah deskriptif kolerasi menggunakan sampel 50 responden (usia rata-rata 16,1) yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen pola asuh orang tua (0,507; r tabel = 0,317: reliabel) Hasil penelitian menunjukan bahwa 44% tidak patuh dan 56% patuh dalam menjalani proses rehabilitasi. Penelitian ini menunjukan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara jenis pola asuh orang tua dengan kepatuhan korban bullying dalam menjalani proses rehabilitasi (p value = 0,208; α = 0,05). Disarakan bagi peneliti lain untuk dapat meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi tidak adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepatuhan.

The type of parenting is a motivation or can be a support for victim of bullying to be compliance in rehab. This study to determine the relationship between the type of parenting with compliance bullied in rehab. The study design was a descriptive correlation using a sample of 50 respondents (average age 16.1) were selected with a total sampling technique. The instrument used is a parenting instrument (0.507; r = 0.317 table: reliable). The results showed that 44% of non-compliant and 56% compliant to undergo rehabilitation process. This study shows that there was no significant relationship between the type of parenting with bullying victim compliance in undergoing the process of rehabilitation (p value = 0.208; α = 0,05). It is recommended for other researchers to be able to examine the factors that influence the lack of association between parenting parents with compliance."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46482
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasibuan, Shinta Yuliana
"Promosi kesehatan jiwa merupakan bagian penting yang perlu untuk diberikan kepada anak usia sekolah dalam membantu proses tumbuh kembangnya ketika menghadapi stresor. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh terapi kelompok terapeutik (TKT) anak sekolah pada anak, psikoedukasi keluarga, pendampingan kader dan guru terhadap peningkatan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah. Desain penelitian riset operasional melibatkan 47 anak sekolah. Hasil menunjukkan bahwa adanya peningkatan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah secara bermakna setelah terapi kelompok terapeutik anak usia sekolah, psikoedukasi keluarga, pendampingan kader dan monitoring evaluasi orang tua dan kader lebih tinggi secara bermakna dibandingkan pada kelompok lain (p value < 0.05). TKT anak sekolah pada anak, psikoedukasi keluarga, pendampingan kader, dan monitoring evaluasi orang tua dan kader direkomendasikan pada anak usia sekolah untuk meningkatkan tugas dan aspek perkembangan anak usia sekolah untuk peningkatan kesehatan jiwa.
......Mental health promotion is an important part that needs to be given to school-age children in helping the process of growth and development when facing stressors. This study aims to determine the effect of school children's therapeutic group therapy (TKT), family psychoeducation, mentoring of cadres and teachers on improving the tasks and developmental aspects of school-age children. The operational research research design involved 47 school children. The results showed that there was a significant increase in the tasks and developmental aspects of school-age children after therapeutic group therapy for school-age children, family psychoeducation, cadre assistance and evaluation monitoring of parents and cadres were significantly higher than in other groups (p value < 0.05). TKT for school children, family psychoeducation, cadre assistance, and monitoring evaluation of parents and cadres are recommended for school-age children to improve the tasks and developmental aspects of school-age children to improve mental health."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library