Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Devi Irma Safitri
"Skripsi ini mencoba menganalisis peranan matematika dalam komunikasi dalam novel Hakase no Aishita Suushiki karangan Ogawa Yoko, dengan menggunakan konsep komunikasi. Penelitian ini mencoba mengungkapkan peranan matematika dalam novel Hakase no Aishita Suushiki sebagai suatu komponen yang digunakan tokoh Profesor dalam berkomunikasi dengan tokoh-tokoh lainnya. Penelitian ini mempergunakan metode deskriptif analisis dengan memusatkan diri pada pengkajian korpus, kemudian dengan konsep komunikasi mencoba menganalisis proses komunikasi yang terjadi pada Profesor dan tokoh-tokoh lainnya. Penelitian pun mengungkapkan bahwa melalui proses komunikasi yang dilakukan Profesor dengan tokoh-tokoh lainnya, matematika telah memperlihatkan peranannya sebagai komponen dalam komunikasi, yaitu pesan yang disampaikan oleh Profesor kepada Watashi dan Root, yang menjadikan komunikasi di antara ketiganya berjalan efektif, sehingga terjalinnya pertalian di antara ketiga tokoh. Matematika telah berfungsi sebagai alat komunikasi yang menjembatani tokoh Profesor dengan tokoh-tokoh lainnya, sehingga Profesor mampu menunjukkan keberadaan dirinya yang ternafikan selama ini.

By using the concept of communication, this research is trying to analyze the role of mathematics in Ogawa Yoko’s novel, Hakase no Aishita Suushiki. This research is trying to find out the role of mathematics in The Hakase no Aishita Suushiki novel, as a component that is used by Professor in communication with others. This research concentrate its corpus assessment by using descriptive analysis method, and then with the concept of communication, this research is trying to analyze the process of communication between Professor and other characters. The analysis shows that through the process of communication, math has demonstrated its role as a component in the communication. Math has become the message of communication that is delivered by Professor to other characters, which has made the communication worked effectively between them, thereby enhanced the social connection between them. Math has been the communication tool for Professor in reaching other characters, so then he could show his existence which has been denied before."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44024
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irma Safitri
"Kemampuan berpikir matematis pada anak sangat diperlukan untuk kehidupan di masa depannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi anak dalam kemampuan berpikir matematis adalah attentional focusing, working memory dan inhibitory control, ketiga hal ini dinamakan behavior self regulation. Behavior self regulation dengan kemampuan berpikir matematis pada anak memiliki hubungan yang signifikan, namun dalam penellitian sebelumnya ditemukan perbedaan korelasi antara kedua variabel tersebut.
Hubungan antara guru dengan murid (teacher student relationship) yang baik sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan akademik anak. Dalam penelitian ini teacher student relationship diposisikan sebagai variabel moderator yang berfungsi untuk meningkatkan dan menurunkan hubungan antara behavior self regulation dengan kemampuan matematika. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah teacher student relationship tidak berperan sebagai variabel moderator pada hubungan behavior self regulation dengan kemampuan berpikir matematis pada anak, tetapi hanya sebagai independen variabel (IV).

Mathematical thinking skills in children is necessary for life in the future. Some of the factors that affect children in the ability to think mathematically is attentional focusing, working memory and inhibitory control, these three so-called behavior self regulation. Behavior self regulation with the ability to think mathematically in children has a significant relationship, but in the previous penellitian correlation differences were found between the two variables.
The relationship between teachers and student are closeness for improving academic skills of children. In this research, teacher-student relationship is positioned as a moderator variable that serves to increase and decrease the relationship between behavior self regulation behavior with math skills. The results obtained in this study is the student teacher relationship is not acting as a moderator variable in the relationship behavior self regulation with abilities to think mathematically of children, but only as an independent variable (IV).
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T42997
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library