Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ita Triana
"
ABSTRAKPada lingkungan bisnis yang dinamis, perusahaan menghadapi ketidakpastian yang semakin tinggi. Saat ini banyak perusahaan besar yang menghadapi tantangan diakibatkan munculnya perusahaan baru yang kreatif dan bahkan mendisrupsi bisnis model yang ada. Perubahan ini mengharuskan perusahaan untuk merespon secara berbeda dengan mempertimbangkan perubahan lingkungan dan kemampuan dinamisnya dalam menghadapi lingkungan. Perusahaan besar umumnya memiliki keahlian dalam membangun keunggulan kompetitif yang menekankan pada efisiensi kegiatan bisnis yang seringkali membuatnya mengabaikan kemampuannya dalam mengeksplorasi peluang secara terus-menerus. Padahal dalam rangka mencapai sustainable competitive advantage SCA , perusahaan besar tidak cukup jika hanya mengembangkan kemampuan advantage seeking tetapi juga harus mengembangkan opportunity seeking secara bersamaan yang disebut strategic entrepreneurship. Oleh karena itu perusahan besar perlu membangun kemampuan opportunity seeking dalam rangka mencapai SCA melalui strategic corporate entrepreneurship. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi terbangunnya corporate entrepreneurship di PT Telkom sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia. Penelitian ini menguji hipotesisnya dengan menggunakan SEM PLS. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa corporate entrepreneurship sangat dipengaruhi oleh faktor internal organisasi yaitu dukungan manajemen, otonomi, dan reward. Namun, persepsi akan lingkungan munificence dan hostility tidak berpengaruh terhadap corporate entrepreneurship. Dengan demikian tingkat manajerial dapat menstimulasi strategic corporate entrepreneurship dengan menciptakan dukungan budaya internal yang kuat dalam rangka meningkatkan kinerja inovasi perusahaan.
ABSTRACTIn the dynamic business environment, firms face increasingly high uncertainty. Now, many large firms face challenging due to the emergence of new young firms that have creative and even disruptive business models. This change requires firms to respond differently taking into account both the environmental changes and the dynamic capabilities of the firms in coping with the environment. Large firms typically have expertise in establishing competitive advantages emphasizing the efficiency of business activities that often undermine their ability to explore additional opportunity continuously. However in achieving sustainable competitive advantage SCA , large firms need to implement not only advantage seeking skills, but also opportunity seeking activities simultaneously called strategic entrepreneurship. Thus large firms need to develop opportunity seeking ability in order to SCA using strategic corporate entrepreneurship. This research examines the factors influencing the implementation of corporate entrepreneurship on PT Telkom as one of large firm in Indonesia. This research examines the hypothesis by using SEM PLS. The main findings of this research indicate that corporate entrepreneurship is strongly related to organizational factors which are management support, autonomy, and reward. Nevertheless, munificence and hostility perceptions are not related to corporate entrepreneurship. Thus, managers can stimulate strategic corporate entrepreneurship by creating a supportive internal climate in increasing firm innovation performance."
2018
T50250
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ita Triana
"Pada lingkungan bisnis yang dinamis, perusahaan menghadapi ketidakpastian yang semakin tinggi. Perubahan ini mengharuskan perusahaan untuk merespons secara berbeda dengan mempertimbangkan perubahan lingkungan dan kemampuan dinamis perusahaan dalam mengatasi lingkungan atau bahkan dalam membentuk lingkungan. Akibatnya, banyak perusahaan melakukan transformasi organisasi untuk memperbarui strateginya. Namun, transformasi organisasi dapat membuat identitas organisasi yang ambigu. Identitas organisasi yang ambigu dapat mengarahkan manajer ke tindakan strategis yang salah yang bertentangan dengan tujuan perusahaan. Dengan demikian, transformasi organisasi harus dikelola dengan baik melalui kepemimpinan transformasional untuk memperkuat komitmen organisasi dalam mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penguatan identitas organisasi pada PT Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia. Penelitian ini menguji hipotesis dengan menggunakan SEM PLS. Temuan utama dari penelitian ini menunjukkan bahwa identitas organisasi sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan transformasional dan faktor lingkungan eksternal. Hal ini berimplikasi secara teoritis dan manajerial. Secara teoritis, penelitian ini berkontribusi memperkaya konsep organisasi dan memberikan arah kepada manajer dalam memperkuat identitas organisasi. Dengan demikian, tingkat manajerial dapat menciptakan identitas organisasi yang kuat dengan menciptakan kepemimpinan transformasional.
In a dynamic business environment, firms face increasingly high uncertainty. This change requires firms to respond differently taking into account both the environmental changes and the dynamic capabilities of the firms in coping with the environment or even in shaping the environment. Consequently, many firms do the organizational transformation to the renewal of their strategies. Even though, the organizational transformation can make the ambiguous organizational identity. Yet, the ambiguous organizational identity can direct managers to the wrong strategic actions which are contrary to company goals. Thus, the organizational transformation should be adequately managed through transformational leadership to strengthen organizational commitment in achieving company goals. This research examines the factors influencing the strengthening of organizational identity on PT Telkom Indonesia as one of large firm in Indonesia. This research examines the hypothesis by using SEM PLS. The main findings of this research indicate that organizational identity is strongly related to transformational leadership and external environmental factors. This result has theoretical and managerial implications. Theoretically, this research enriches the organizational concept and managerially gives direction to managers to strengthen organizational identity. Thus, managers can create a strong organizational identity by creating transformational leadership."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53021
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library