Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Julian Jensen Purnomo
"Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan melakukan manufaktur body dan kanopi untuk mock-up mobil terbang. Mock-up adalah model fisik dari suatu desain yang digunakan untuk pengajaran, demonstrasi, evaluasi desain, promosi, dan berbagai kebutuhan lainnya. Penelitian ini juga akan menganalisis proses manufaktur pada body dan kanopi mobil terbang. Penelitian ini diawali dengan mendapatkan design requirement kemudian dilakukan studi literatur untuk mendapatkan benchmarking mekanisme pelipatan pintu dan bentuk body, setelah mendapatkan benchmark yang serupa maka dilanjutkan ke desain sketsa body. Ketika desain sketsa sudah sesuai design requirement maka tahap berikut merubah desain sketsa menjadi 3D Model menggunakan aplikasi Autodesk Inventor 2025, selanjutnya pemilihan material yang akan digunakan pada mock-up. Setelah melakukan desain dan pemilihan material maka selanjutnya akan dilakukan stress & strength analysis untuk mengetahui kekuatan yang dapat di tamping oleh struktur kanopi dan apakah kanopi dapat menopang beban dari pintu, jika sudah melakukan pengujian tersebut output yang dihasilkan merupakan blueprint untuk memproduksi body dan kanopi mobil terbang. Body dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian depan, tengah, dan belakang. Body akan ditopang oleh kanopi. Kanopi juga menopang pintu masuk mobil terbang dimana pintu ini adalah akses untuk pengemudi mobil terbang. Mock-Up ini dilakukan dengan skala 1:1 (life size). Mock-Up mobil terbang ini memiliki dimensi panjang 4,8 m dan tinggi 1,1 m. Rangka mobil terbang menggunakan material galvanized rectangular steel dengan ukuran 100 mm x 50 mm dan ketebalan dinding 2 mm. Struktur kanopi mock-up mobil terbang akan menggunakan low-carbon steel tube dengan ukuran 25,4 mm dan ketebalan dinding 1,6 mm.
The objective of this research is to design and manufacture the body and canopy for a flying car mock-up. A mock-up is a physical model of a design used for teaching, demonstration, design evaluation, promotion, and various other purposes. This study will also analyze the manufacturing process of the body and canopy of the flying car. The research begins with gathering design requirements, followed by a literature study to benchmark door folding mechanisms and body shapes. Once a suitable benchmark is found, a body sketch design is developed. When the sketch design meets the design requirements, the next step is converting the sketch into a 3D model using Autodesk Inventor 2025. Afterward, materials are selected for the mock-up. Following the design and material selection, a stress and strength analysis is conducted to determine the structural integrity of the canopy and assess whether it can support the load of the door. Once these tests are completed, the final output is a blueprint for producing the flying car's body and canopy. The body is divided into three sections: front, middle, and rear. It will be supported by the canopy. The canopy also supports the entry door, which serves as the access point for the flying car's driver. The mock-up is built at a 1:1 scale (life-size). The flying car mock-up has dimensions of 4.8 meters in length and 1.1 meters in height. The frame of the flying car uses galvanized rectangular steel with dimensions of 100 mm x 50 mm and a wall thickness of 2 mm. The canopy structure of the flying car mock-up uses low-carbon steel tubes with a diameter of 25.4 mm and a wall thickness of 1.6 mm. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library