Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kamila Rahandini
"ABSTRAK
Tujuan: mengetahui perbedaan video animasi dan non-animasi dalam meningkatkan
keterampilan menyikat gigi anak tunagrahita ringan. Metode: studi eksperimental
dengan mengedukasi 30 anak tunagrahita usia 6-18 tahun menggunakan video
selama 21 hari dan pemeriksaan oleh peneliti setiap minggu. Hasil: setelah 3 minggu
terjadi peningkatan (68,75% dan 50%) keterampilan menyikat gigi, penurunan skor
indeks plak (68,75% dan 50%) dan kematangan plak (62,5% dan 35,71%) bermakna
pada kelompok intervensi A dan intervensi B. Kesimpulan: tidak ada perbedaan
antara efektivitas video animasi dan non-animasi dalam meningkatkan keterampilan
menyikat gigi anak tunagrahita. Video efektif meningkatkan keterampilan menyikat
gigi anak tunagrahita dengan adanya penurunan plak bermakna.

ABSTRACT
Aim: to know differences between animated and non-animated video in improving
toothbrushing skill of children with intellectual disability. Method: experimental
study by educate 30 children aged 6-18 with intellectual disability using video for 21
days and reasearcher evaluating every week. Result: there’s significant improvement
(68,75% and 50%) of toothbrushing skill, reduction of plaque index (68,75% and
50%) and plaque maturity score (62,5% and 35,71%) in intervention A and B group
after 3 weeks. Conclusion: no significant differences between animated and nonanimated
video’s effectiveness in improving their toothbrushing skills.Video is
effective to improve toothbrushing skill on children with intellectual disability by
decreasing plaque score."
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library