Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kanzur Rizki Najihah
"Al Tazaj merupakan restoran cepat saji terbesar asal Arab Saudi yang telah memiliki ratusan cabang yang tersebar di Arab Saudi dan Timur Tengah. Al Tazaj secara rutin melakukan promosi melalui akun Instagram resmi @altazaj_fakieh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyampaian maksud dan keindahan bahasa yang digunakan pada caption yang bertemakan perayaan tahunan dan promosi produk. Korpus data diperoleh dari dokumentasi konten berupa caption yang berjumlah 21 dari keseluruhan berjumlah 60 yang ditampilkan di Instagram resmi @altazaj_fakieh selama periode September hingga November 2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teori penelitian menggunakan dua cabang ilmu balāghah, yaitu ilmu al-ma’ānī dan al-badī’. Penelitian ini menemukan bahwa unsur balāghah yang dominan digunakan pada caption adalah ilmu ma’ānī dari jenis khabar fakhr, insyā’ghairu tholabiy raja’, insyā’ tholabiy istifhām, dan insyā’ tholabiy nidā’. Sedangkan pada ilmu badī’ terdapat banyak jenis muhassināt lafdziyyah jinās dan saja’, serta jenis muhassināt ma’nawiyah tauriyah dan mubālaghah. Unsur balāghah pada caption unggahan tersebut berfungsi sebagai “media pemikat” konsumen di wilayah Arab untuk mencicipi menu Restoran Al Tazaj. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dalam memahami balāghah di media sosial berbahasa Arab, sehingga akan tercipta kemudahan dan ketertarikan untuk mempelajari bahasa Arab.

Al Tazaj is the largest fast food restaurant from Saudi Arabia which has hundreds of branches spread across Saudi Arabia and the Middle East. Al Tazaj routinely promotes through its official Instagram account @altazaj_fakieh. This study aims to determine the delivery of intent and the beauty of the language used in captions themed around annual celebrations and product promotions. The data corpus was obtained from content documentation in the form of 21 captions out of a total of 60 displayed on the official Instagram account @altazaj_fakieh during the period from September to November 2024. This study uses a descriptive qualitative method. The research theory uses two fields of balāghah science, namely al-ma'ānÄ« science and al-badÄ«'. This study found that the dominant balāghah elements used in captions are ma'ānÄ« science of the types khabar fakhr, insyā'ghairu tholabiy raja', insyā' tholabiy istifhām, and insyā' tholabiy nidā'. Meanwhile, in the science of badÄ«’ there are many types of muhassināt lafdziyyah jinās and saja’, as well as types of muhassināt ma’nawiyah tauriyah and mubālaghah. The balāghah element in the caption of the upload functions as a “media of attraction” for consumers in the Arab region to taste the Al Tazaj Restaurant menu. The results of this study are expected to provide insight into understanding balāghah on Arabic social media, so that it will create ease and interest in learning Arabic. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library