Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lita Heni Kusumawardani
Abstrak :
ABSTRAK
Anak usia sekolah merupakan kelompok yang berisiko terkena masalah kesehatan seperti penyakit diare. Namun demikian, periode anak usia sekolah merupakan titik awal pembentukan perilaku sehat sehingga menjadi sasaran strategis pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bermain terapeutik sosiodrama terhadap perubahan perilaku pencegahan diare pada anak usia sekolah 6-12 tahun . Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan pendekatan pre-post with control group yang terdiri dari dua kelompok; 38 anak sebagai kelompok intervensi dan 38 kelompok kontrol. Teknik sampling menggunakan multistage random sampling untuk menentukan wilayah penelitian sedangkan target sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bermain terapeutik sosiodrama berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan p value=0,000 , sikap p value=0,000 , dan keterampilan p value=0,001 pencegahan diare anak usia sekolah. Analisis lebih lanjut menunjukkan bermain terapeutik sosiodrama dipengaruhi oleh pengetahuan orang tua p value=0,001 . Bermain terapeutik sosiodrama dapat diterapkan sebagai upaya peningkatan perilaku pencegahan diare pada anak usia sekolah yang diintegrasikan dalam pelayanan keperawatan di sekolah.Kata kunci: Anak usia sekolah, bermain terapeutik sosiodrama, perilaku pencegahan diare
ABSTRACT
School age children are population at risk for health problems such as diarrhea. However, the school age children period is the starting point for developing healthy behaviors so that becomes a strategic target of health education. The study aimed to determine the effect of therapeutic sociodrama toward diarrhea preventive behavior changes on school age children 6 12 years . The study method used quasi experiment pre post with control group that consisted of two groups 38 subjects were as intervention groups and 38 subjects were as control groups. The sampling technique used multistage random sampling to determine research area while the research target sample used simple random sampling. The results showed that therapeutic sociodrama significantly effected on knowledge p value 0,000 , attitude p value 0,000 , and diarrhea prevention skills p value 0,001 . Further analysis showed therapeutic sociodrama was influenced by parental knowledge pvalue 0.001 . The therapeutic sociodrama could be applied as an effort to enhance the diarrhea preventive behavior of school age children that could be integrated in the school nursing service.Keywords Diarrhea prevention behavior, school age children, therapeutic sociodrama
2017
T48162
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Heni Kusumawardani
Abstrak :
Perilaku hidup bersih dan sehat PHBS sebaiknya mulai diterapkan sejak dini sebagai titik awal pembentukan perilaku sehat. Penerapan kolaborasi bermain sosiodrama Ko-Berdrama menjadi metode pendidikan kesehatan yang interaktif dan inovatif bagi anak usia sekolah. Penulisan bertujuan memberikan gambaran pelaksanaan Ko-Berdrama dalam pelayanan asuhan keperawatan komunitas integrasi model manajemen pelayanan keperawatan, Whole School, Whole Community, Whole Child WSCC, Family Centered Nursing FCN, dan Health Promotion Model HPM pada anak usia sekolah dengan masalah kurangnya PHBS. Metode praktik yang digunakan adalah studi kasus selama 8 bulan. Hasil praktik menunjukkan intervensi Ko-Berdrama mampu meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah terkait PHBS dari 45,1 menjadi 61,4, sikap anak usia sekolah terkait PHBS meningkat dari 42,6 menjadi 59,8, dan keterampilan anak usia sekolah terkait PHBS meningkat dari 42,9 menjadi 54,9. Pengetahuan kader kesehatan sekolah terkait program Usaha Kesehatan Sekolah UKS meningkat dari dari 49,2 menjadi 78,5. Sebanyak 80 dari 10 keluarga berada pada tingkat kemandirian IV setelah dilakukan intervensi pada keluarga. Intervensi Ko-Berdrama dapat menjadi peluang bagi perawat untuk mengembangkan upaya promotif dan preventif dalam peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.
Clean and healthy behavior PHBS should begin to be applied early on as the starting point for the formation of healthy behavior. The implementation of sociodramatic play collaboration Ko-Berdrama became an interactive and innovative health education method for school-aged children. The study aimed to provide an overview of the implementation of Ko-Berdrama in nursing care services community integration management nursing model, Whole School, Whole Community, Whole Child WSCC, Family Centered Nursing FCN, and Health Promotion Model HPM lack of clean and healthy behavior. The study method used case study during 8 months. The results showed that Ko-Berdrama intervention increased the knowledge of school-age children related to PHBS from 45.1 to 61.4, school-age-related attitudes of PHBS increased from 42.6 to 59.8, and school-age-related skills PHBS increased from 42.9 to 54.9. The knowledge of school health cadres related to the school health program increased from 49.2 to 78.5. As many as 80 of 10 families were at the level of IV independence after family intervention. Ko-Berdrama intervention could be applied for nurses to develop promotive and preventive efforts in the improving clean and healthy behavior in schools.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
SP-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library