Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Lumbantobing, Heri R.H.
"Fenomena kegiatan ekonomi yang terjadi saat ini adalah berkembangnya usaha minimarket non-resto. Semakin banyak minimarket dibangun, terutama di lokasi yang terletak di pinggir jalan pada kawasan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji variabel karakteristik parkir pada minimarket non-resto yang terletak di kawasan bisnis dengan tingkat lalu lintas yang tinggi dan melakukan perbandingan dengan minimarket resto. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah tujuh minimarket pada kawasan bisinis dengan tingkat lalu lintas tinggi. Data yang digunakan berupa data parkir kendaraan baik sepeda motor maupun mobil selama 8,5 jam pemantauan.
Hasil dari kajian menunjukkan rata-rata durasi parkir sepeda motor sebesar 0,308 ± 0,089 jam/kendaraan (kategori singkat) dengan tingkat perputaran parkir sebesar 0,501 ± 0,170 kend/srp/jam (kategori rendah) dan rata-rata durasi parkir mobil sebesar 0,286 ± 0,139 jam/kendaraan (kategori singkat) dengan tingkat perputaran parkir sebesar 0,782 ± 0,292 kend/srp/jam (kategori tinggi). Komparasi karakteristik parkir antara minimarket non-resto dan minimarket resto dengan menggunakan analisa uji-t menunjukkan bahwa durasi parkir dan perputaran parkir pada minimarket non-resto dan minimarket resto tidak berbeda dan bisa dianggap sama.
The economical phenomenon which is recently happened is the franchise of nonresto minimarkets. There are many minimarkets build, especially on the roadside in business districts. The aim of this research is to assess the parking characteristic variables for non-resto minimarkets which is located in business district with high traffic and to compare the result with the resto minimarkets. This research is limited to seven minimarkets which are located in business district with high volume of traffic. The data used for this research is the parked vehicle data, both motorcycle and cars. The result shows that the parking duration of motorcycle is 0,308 ± 0,089 hours/vehicle (short duration) and the turnover is 0,501 ± 0,170 vehicle/ups/hour (low turnover) and the parking duration of car is 0,286 ± 0,139 hour/vehicle (short duration) and the turnover is 0,782 ± 0,292 vehicle/ups/hours (high turnover). The comparison between the parking characteristics of minimarkets resto and minimarket non-resto using the t-test shows that the parking duration and the turnover for both of them are similar."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S53235
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library