Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Luthfie Ahmaddani
Abstrak :
ABSTRAK
Pertumbuhan ekonomi indonesia yang cukup besar akan mempengaruhi angka
konsumsi energi secara global. Ada banyak alasan dengan penggunaan energi
terbarukan diantaranya adalah relatif tidak mahal, bersifat netral karbon, dan
semakin mendapatkan dukungan dari lapisan masyarakat untuk menggantikan
solusi energi tidak terbarukan berbasis bahan bakar minyak. Pembangkit listrik
dari energi terbarukan, terutama energi angin dan matahari sangat dipengaruhi
oleh kondisi cuaca, sehingga daya yang dihasilkannya menjadi tidak stabil,
sehingga peran dari energy storage akan menjadi semakin signifikan. Media
penyimpanan baterai yang sekarang umum dilakukan di Indonesia. Penelitian ini
bertujuan untuk mendapatkan nilai keekonomian melalui perhitungan teknis dari
penggunaan udara bertekanan sebagai media penyimpanan energi (Energy
Storage) sebagai media penyimpanan alternatif. Berdasarkan hasil analisa yang
dilakukan bahwa biaya capital cost per kWh atau biasa disebut CAPEX/kWh dari
CAES 77% lebih murah dibandingkan dengan baterai. Sedangkan untuk biaya
total per kWh per cycle atau biasa disebut Levelized Cost of Storage (LCOS) dari
CAES 66% lebih murah dibandingkan dengan baterai
ABSTRACT
Indonesian economic growth large enough to affect global energy consumption
figures. There are many reasons to use renewable energy which are relatively
inexpensive, carbon neutral, and increasingly gaining the support of society to
replace non-renewable energy solutions based on fossil fuel. Power generation
from renewable energy, particularly wind and solar energy is strongly influenced
by weather conditions, so the power it produces becomes unstable, so that the role
of energy storage will become increasingly significant. Batteries as Energy
Storage that are now common used in Indonesia. This study aims to gain
economic value through technical calculation of the use of pressurized air as an
energy storage medium (energy storage) as an alternative storage medium. Based
on the analysis that the capital cost per kWh or so-called CAPEX / kWh of CAES
77% cheaper than the batteries. While the total cost per kWh per cycle or socalled
Levelized Cost of Storage (LCOS) of CAES 66% cheaper than the batteries
2016
T45686
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Luthfie Ahmaddani
Abstrak :
Indikator kualitas dari motor pembakaran dalam adalah performa dan gas buang. Salah satu faktor yang mempengaruhi kuaitas adalah bahan bakarnya. Metode untuk menaikkan kualitas bahan bakar yaitu dengan menambahkan katalis ke dalamnya. Tujuannya adalah untuk mengikat molekul oksigen dengan mudah sehingga mendapatkan proses pembakaran yang lebih baik. Tujuan lain yaitu untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi yang baik untuk lingkungan. Penelitian ini menggunakan bensin (Pertamax) sebagai bahan bakar. Tipe katalis A dimasukkan kedalam tangki bahan bakar. Tipe katalis B diletakkan saluran bahan bakar antara karburator dan pompa bahan bakar. Pengujian juga menggunaka kombinasi keduanya. Hasil penelitian dari penggunaan kedua jenis katalis tersebut menunjukkan peningkatan Daya (BHP), efisiensi Thermal, dan pengurangan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang.
The indicators quality of internal combustion engines are performance and exhaust gas condition. One of the factors is the quality of fuel that is used. The method to increase fuel quality is by added fuel with catalyst. The purpose is the fuels can bind oxygen easily and get the better combustion process. Other purposes are to decrease fuels consumption and good for the environment. This research use gasoline (Pertamax) as fuels. The type of catalyst is A that is input to fuel tank. The second type is B, which is passed by fuel and is located between carburetor and fuel pump. The experiments also use both of fuel catalyst combination. The result of experiments indicates that utilization both of catalyst combination can increase BHP average and thermal efficiencies. The results also show that decrease the specific fuel consumption and emission compare to gasoline result.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50951
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library