Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Luthgardis Nita Yenny
Abstrak :
Target biaya merupakan suatu manajemen biaya yang bertujuan untuk mengurangi biaya produk secara keseluruhan sepanjang siklus hidup produk yang bersangkutan. Dalam penerapan target biaya, biaya yang digunakan adalah biaya target yaitu biaya yang berdasarkan pada pasar, artinya harga jual produk ditentukan berdasarkan keinginan pasar atau konsumen, baru kemudian perusahaan melaksanakan perencanaan biaya berdasarkan biaya yang sudah ditetapkan (harga jual dikurangi dengan target profit, PPN, bunga kredit). Tujuan utama dari target biaya adalah untuk mengurangi biaya produk pada tahap perencanaan atau desain suatu produk karena tahap ini akan mempengaruhi biaya produk selanjutnya. Konsep perencanaan biaya merupakan tujuan dari diterapkannya target biaya tersebut. Konsep ini meliputi tiga bagian utama yaitu pengurangan resiko pada pengenalan produk baru, proses pengembangan produksi yang lebih cepat, dan pengurangan biaya produk secara keseluruhan. memiliki empat aktivitas utama yaitu pembelian, si, penjualan, serta administrasi dan akuntansi. PT XYZ produk- Penerapan target biaya tersebut dimulai dengan menganalisa biaya-biaya yang terjadi pada aktivitas tersebut, mengalokasikan biaya-biaya tersebut per produk, menganalisa dan mengeliminasi aktivitas-aktivitas non value added yang terjadi, kemudian baru merencanakan biaya per produk yang dihasilkan oleh PT XYZ. Penerapan target biaya pada perusahaan menyebabkan PT XYZ mampu berbicara cukup banyak dalam bidang industri plastik, serta mampu bersaing dengan pesaingnya dengan menyediakan produk yang harganya cukup murah (mampu dijangkau oleh konsumen) namun dengan kualitas yang terjamin.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18832
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library