Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Marcel Antoni
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi pada dunia otomotif telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terkahir. Dunia yang semakin menuntut kenyamanan dan keamanan dalam berkendara membuat produsen-produsen mobil roda empat berlomba-lomba membuat inovasi dalam hal ini. Kenyamanan dan keamanan dalam berkendara dapat ditunjang dari performa mesin, distribusi tenaga, pengereman, suspensi, roda, dan lainnya. Kenyamanan dan keamanan berkendara dengan suspensi mulai berkembang untuk memberikan stabilitas dan kenyamanan pada saat mobil melalui jalan yang tidak rata sehingga suspensi dapat meminimalisir osilasi dari mobil sehingga mobil dapat beraksi mendekati performa di jalan rata. Pengunaan pengendali untuk active suspension terdapat beberapa metode yang dapat diimplementasikan pada actuator suspensi untuk memberikan force actuator pada mobil yang sebenarnya. Pada penelitian ini keadaan yang dikendalikan pada sistem active suspension yaitu body heave (perpindahan dari sprung mass). Pengendalian untuk sistem active suspension pada mobil roda empat yang diajukan pada penelitian ini menggunakan MPC (Model Predictive Control). Metode MPC digunakan pada pengendalian sistem ini karena terdapat banyak constraint dan uncertainty pada sistem ini, kemampuan MPC untuk mengendalikan sistem dengan banyak variabel dan sifat-sifat MPC seperti adanya constraints dapat berguna dalam mengendalikan sistem ini. Dalam Pengembangan model predikisi, road profile dianggap sebagai gangguan. Dinamika model yang kontinu bersifat non-linear diidentifikasi digunakan metode identifikasi least square. Performa dari pengendali kemudian disimulasikan untuk mengetahui kemampuan pengendali dalam mengikuti gangguan dan mengikuti dari setpoint yang diberikan.

ABSTRAK
The development of automotive technology has developed rapidly in last few years. In this modern world a few changes has been made and people show up with a new regulation about car comfort and safety. Car manufactures around the world used their resources to invest a new innovation in this area to increase comfort and safety for a joyful ride. Comfort and safety can be increased in some areas like engine performance, power distribution, braking system, suspension, wheel, and many more. Comfort and safety by utilized suspension system has developed rapidly in last few years. The development in suspension area can bring a stability and comfort for the ride when the cars meet a bumpy road, active suspension can minimize vertical body oscillation of the car. Active suspension can be tuned by using many types of controller for implementation in the real car to control suspension actuator so the actuator can produce force to control the state in suspension system which is body heave or sprung mass displacement. In this research a Model Predictive Control or MPC is proposed to control an active suspension system for a four wheel car. MPC is chosen due to it?s capability to control a non-linear system with an uncertainty and constraint. In this research various type of road profile is used as disturbance. In this research least square identification is used to identified a dynamic non-linear model of the car. The performance of the proposed controlled than simulated to show the ability to handle the disturbance and track the setpoint."
2016
S65038
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marcel Antoni
"Latar belakang: Vitamin B12 merupakan kofaktor enzimmetionin sintase yang berperan pada
proses remetilasi homosistein menjadi metionin sehingga, mencegah akumulasi homosistein
(hiperhomosisteinemia). Defisiensi vitamin ini dapat menyebabkan terjadinya
hiperhomosisteinemia dan memicu stres oksidatif yang menyebabkan resistensi insulin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah resistensi insulin yang diinduksi restriksi
vitamin B12 dapat menurunkan kontrol insulin terhadap proses glukoneogenesis melalui
pensinyalan FOXO1 dan ekspresi gen targetnya, G6Pc.
Metode: Penelitian ini menggunakan 24 jaringan hati tersimpan tikus jantan Spraque-Dawley,
berusia 36-40 minggu; yang terbagi dalam 4 kelompok: kelompok kontrol dan kelompok
perlakuan yang diberi pakan khusus restriksi vitamin B12 selama 4, 8, dan 12 minggu. Semua
sampel jaringan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan sampel jaringan yang sama,
yang digunakan dalam penelitian oleh Sianipar, dkk, berjudul “Dampak Restriksi Vitamin B12
Terhadap Kadar Homosistein, HOMA-IR, dan Gambaran Histopatologi Perlemakan Hati Non-
Alkoholik Pada Tikus”. Terhadap 24 sampel jaringan hati tersebut dilakukan pemeriksaan
Western Blot untuk membandingkan aktivitas protein FOXO1 dan pemeriksaan real time-PCR
untuk membandingkan ekspresi gen G6Pc antar kelompok sampel.
Hasil: Tidak terdapat perbedaan bermakna, baik aktivitas protein FOXO1 maupun ekspresi
gen G6Pc antara kelompok restriksi vitamin B12 dengan kelompok kontrol.
Kesimpulan: Pada keadaan resistensi insulin yang dipicu oleh hiperhomosisteinemia, pada
kondisi restriksi vitamin B12, proses glukoneogenesis tergantung insulin melalui inhibisi jalur
pensinyalan FOXO1 dan G6Pc tidak berbeda dibandingkan kelompok kontrol. Penelitian lebih
lanjut dibutuhkan untuk melihat kemungkinan apakah hiperglikemia pada kondisi ini dapat
disebabkan melalui jalur lain atau adanya penurunan utilisasi glukosa dan proses glikogenesis

Background: Vitamin B12 is a cofactor of the enzyme methionine synthase which plays a role
in the remetilation process of homocysteine to methionine so as to prevent the accumulation of
homocysteine (hyperhomocysteinemia). Deficiency of this vitamin can cause
hyperhomocysteinemia and trigger oxidative stress which causes insulin resistance. This study
aims to determine whether insulin resistance induced restriction of vitamin B12 can reduce
insulin control of gluconeogenesis through FOXO1 signaling and the expression of its target
gene, G6Pc.
Methods: This study used 24 stored liver tissue of Spraque-Dawley male rats, aged 36-40
weeks; divided into 4 groups: the control group and the treatment group who were given special
food restriction of vitamin B12 for 4, 8, and 12 weeks. All tissue samples used in this study
were the same tissue samples, which were used in a study by Sianipar, et al., titled "The Impact
of Vitamin B12 Restriction on Homocysteine, HOMA-IR, and Histopathological Descriptions
of Non-Alcoholic Fatty Liver in Mice". Western Blot tests were performed on 24 liver tissue
samples to compare FOXO1 protein activity and real time-PCR examination to compare G6Pc
gene expression between sample groups.
Results: There was no significant difference, either the FOXO1 protein activity or G6Pc gene
expression between the vitamin B12 restriction group and the control group.
Conclusion: In a state of insulin resistance triggered by hyperhomocysteinemia, under
conditions of vitamin B12 restriction, gluconeogenesis depends on insulin through the
inhibition of the FOXO1 signaling pathway and G6Pc no different than the control group.
Further research is needed to see the possibility of whether hyperglycemia in this condition can
be caused by other pathways or by a decrease in glucose utilization and the process of
glycogenesis.
"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library