Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meika Putri Hidayati
"Standar pelayanan kefarmasian yang diatur dalam PMK No. 73 Tahun 2016 merupakan pedoman yang harus diimplementasikan di apotek untuk mengoptimalkan kesehatan di komunitas. Laporan ini mendeskripsikan implementasi pelayanan kefarmasian dan pengkajian resep pasien diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi di apotek kimia farma 002 periode november 2022. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada petugas apotek dapat disimpulkan pelaksanaan kegiatan pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan BMHP di Apotek Kimia Farma 002 sudah cukup baik dan sesuai dengan PMK No. 73 Tahun 2016. Pengkajian yang dilakukan pada satu resep belum memenuhi aspek kelengkapan resep, yaitu aspek administratif dan pertimbangan klinis. Petugas apotek perlu menghubungi pihak dokter atau rumah sakit untuk mengkonfirmasi resep. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada petugas apotek dapat disimpulkan pelaksanaan kegiatan pelayanan swamedikasi di Apotek Kimia Farma 002 sudah cukup baik. Penggalian informasi pasien yang dilakukan sudah sesuai dengan literatur. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada petugas apotek dapat disimpulkan pelaksanaan kegiatan PIO sudah cukup baik dan sesuai dengan PMK No. 73 Tahun 2016, namun tidak didokumentasikan dengan baik.

The standard of pharmaceutical services regulated in Ministerial Decree No. 73 of 2016 is a guideline that must be implemented in pharmacies to optimize community health. This report describes the implementation of pharmaceutical services and the assessment of prescriptions for patients with type 2 diabetes mellitus and hypertension at Chemist Pharmacy 002 during the period of November 2022. Based on the results of observations and interviews with pharmacy staff, it can be concluded that the implementation of the management of pharmaceutical preparations, medical devices, and health supplies at Chemist Pharmacy 002 is already quite good and in accordance with Ministerial Decree No. 73 of 2016. The assessment conducted on a prescription did not meet the completeness aspects of a prescription, namely administrative aspects and clinical considerations. Pharmacy staff need to contact doctors or hospitals to confirm the prescription. Based on the results of observations and interviews with pharmacy staff, it can be concluded that the implementation of self-medication services at Chemist Pharmacy 002 is already quite good. Patient information gathering is in accordance with the literature. Based on the results of observations and interviews with pharmacy staff, it can be concluded that the implementation of Pharmaceutical Care Program activities is already quite good and in accordance with Ministerial Decree No. 73 of 2016, but it is not well documented."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Meika Putri Hidayati
"PT Bintang Toedjoe merupakan industri farmasi yang sudah tersertifikasi standar mutu ISO 9001. Industri Farmasi merupakan industri yang sangat berisiko tinggi, karena para personil membuat produk yang akan bersifat letal (mematikan) jika ditangani dengan salah. Industri yang baik sangat bergantung kepada para personil. Oleh karena itu, dibutuhkan personil yang terkualifikasi, serta harus menerapkan program higiene. Program higiene PT Bintang Toedjoe didasari atas penerapan pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB), Namun dalam pengamatan, terdapat beberapa penyimpangan pada tata cara masuk dan keluar area kelas E diakibatkan ketidakpatuhan personil, kekurangan fasilitas dan alat di area Compounding PT Bintang Toedjoe. Oleh karena itu untuk mengatasinya dilakukan penyebaran survey untuk lebih mengetahui pemahaman dan alasan ketidakpatuhan dari personil, sosialisasi program higiene kembali dengan paramater keberhasilan berdasarkan hasil post test, dimana 100% personil lulus dengan KKM 75. Setelah itu, dilakukan pengamatan kembali dan personil compounding mengimplementasikan dengan baik program higiene sesuai yang dipersyaratkan CPOB dan CPOTB.

PT Bintang Toedjoe is a pharmaceutical industry that has been certified with the ISO 9001 quality standard. The pharmaceutical industry is a very high-risk industry, as personnel create products that can be lethal if mishandled. The industry's success heavily depends on its personnel. Therefore, qualified personnel are needed, and a hygiene program must be implemented. PT Bintang Toedjoe's hygiene program is based on the implementation of Good Manufacturing Practice (GMP) and Good Traditional Medicine Practice (GTMp) guidelines. However, observations have shown deviations in the procedures for entering and exiting the Class E area due to personnel non-compliance, facility shortages, and equipment shortages in the Compounding area of PT Bintang Toedjoe. To address this, a survey was conducted to better understand the personnel's understanding and reasons for non-compliance. A re-socialization of the hygiene program was carried out, with success parameters based on post-test results, where 100% of personnel passed with a minimum passing grade of 75. Subsequently, further observations were conducted, and compounding personnel effectively implemented the hygiene program as required by GMP and GTMp."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Meika Putri Hidayati
"Pemantauan terapi obat (PTO) merupakan kegiatan untuk memastikan terapi obat yang aman, efektif dan rasional bagi pasien. Sindrom koroner akut atau infark miokard akut merupakan salah satu diagnosis rawat inap tersering. Infark miokard terjadi karena berkurangnya supply oksigen yang masuk ke dalam jantung akibat adanya arterosklerosis. Pneumonia adalah penyakit infeksi yang menyerang paru, sehingga menyebabkan alveoli paru-paru mengalami inflamasi atau reaksi peradangan. Kedua kondisi tersebut dapat memperparah kondisi pasien sehingga diperlukan regimen pengobatan yang rasional untuk menjaga agar tidak ada kesalahan dalam instruksi pengobatan. Hasil dari pengamatan baik dari rekam medis, hasil lab dan visit ditemukan beberapa permasalahan terkait obat (DRP). DRP yang terjadi diantaranya adalah reaksi obat yang tidak diinginkan adalah pasien mengalami mual muntah dan nyeri perut hebat setelah diberikan levofloksasin. Kausalitas dibuktikan dengan menggunakan algoritma naranjo yang possible. Kemudian juga terjadi interaksi obat antara amlodipin dan simvastatin yang mengakibatkan pasien mengalami nyeri pegal-pegal. Solusi dari kedua DRP tersebut adalah penggantian obat yang sudah disetujui oleh dokter penanggung jawab pasien.

Medication Therapy Monitoring (MTM) is an activity aimed at ensuring safe, effective, and rational drug therapy for patients. Acute coronary syndrome or acute myocardial infarction is one of the most common inpatient diagnoses. Myocardial infarction occurs due to reduced oxygen supply to the heart caused by atherosclerosis. Pneumonia is an infectious disease that affects the lungs, leading to inflammation or inflammatory reactions in the lung's alveoli. Both of these conditions can worsen a patient's condition, necessitating a rational treatment regimen to prevent errors in treatment instructions. Observations based on medical records, lab results, and visits have identified several Drug-Related Problems (DRPs). Among the occurring DRPs is an adverse drug reaction: the patient experiences nausea, vomiting, and severe abdominal pain after being administered levofloxacin. Causality is confirmed using the Naranjo algorithm, indicating a possible relationship. Additionally, there's a drug interaction between amlodipine and simvastatin that has led the patient to experience generalized muscle pain. The solutions to these DRPs involve replacing the drugs as approved by physician."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Meika Putri Hidayati
"PT. MJG sebagai distributor alat kesehatan dan pedagang besar farmasi yang tersertifikasi IDAK (Izin Distribusi Alat Kesehatan) harus dapat mempertahankan implementasi aspek-aspek yang dimuat CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik) dan CDAKB (Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik). Aspek personalia, bangunan, dan fasilitas merupakan beberapa aspek yang terdapat pada pedoman teknis CDOB dan CDAKB. Personil sangat berperan penting, dengan keahlian dan jobdesk masing-masing personil untuk dapat menjaga mutu rantai distribusi berjalan dengan baik. Sedangkan, bangunan dan fasilitas sangat berperan penting sebagai pelindung dan penunjang mutu rantai distribusi agar terhindar dari kontaminasi dan hal yang mengancam. Sehingga pemantauan, pemeliharaan dan konsistensi kesesuaian implementasi aspek personalia, bangunan, dan fasilitas di PT. MJG penting dilakukan. Berdasarkan studi literatur mengenai persyaratan aspek personalia, bangunan, dan fasilitas yang terdapat di Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dan Cara Distribusi Alat Kesehatan yang Baik (CDAKB) disertai dengan wawancara dengan staff PT. MJG, serta pengamatan dan analisis, diperoleh kesimpulan bahwa aspek personalia, bangunan, dan fasilitas telah diimplementasikan dengan baik oleh PT. MJG dan sesuai seperti yang dipersyaratkan pada CDOB dan CDAKB.

PT. MJG, as a distributor of medical equipment and a wholesale pharmaceutical trader certified with IDAK (Medical Equipment Distribution Permit), must be able to maintain the implementation of the aspects outlined in Good Distribution Practice for Medical Devices (CDOB) and Good Distribution Practice for Medical Equipment (CDAKB). Personnel, buildings, and facilities are some of the aspects covered in the technical guidelines of CDOB and CDAKB. Personnel play a crucial role, with their respective skills and job responsibilities ensuring the quality of the distribution chain. On the other hand, buildings and facilities are important for protecting and supporting the quality of the distribution chain to prevent contamination and potential threats. Therefore, monitoring, maintenance, and consistent adherence to the suitability of the implementation of personnel, buildings, and facilities aspects at PT. MJG are important. Based on a literature review regarding the requirements of personnel, buildings, and facilities aspects outlined in Good Distribution Practice for Medical Devices (CDOB) and Good Distribution Practice for Medical Equipment (CDAKB), along with interviews with PT. MJG staff, as well as observations and analysis, the conclusion is drawn that PT. MJG has successfully implemented the personnel, buildings, and facilities aspects in accordance with the requirements of CDOB and CDAKB."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Meika Putri Hidayati
"Vaksin merupakan produk rantai dingin yang perlu dipertahankan dan dipantau kesesesuaian suhu dalam pengelolaannya demi menjamin kualitas vaksin. Pengelolaan vaksin diatur dalam Permenkes No 12 tahun 2017 tentang penyelenggaraan imunisasi mulai dari perencanaan hingga vaksin digunakan. Laporan PKPA ini bertujuan untuk mengetahui, mempelajari dan menganalisis kesesuaian implementasi pengelolaan rantai dingin vaksin di PKC Matraman dengan yang dipersyaratkan oleh Permenkes No 12 tahun 2017. Pengumpulan data diperoleh dari observasi langsung, wawancara, dan pemeriksaan dokumen. Data kemudian di analisis dengan mempertimbangkan persyaratan yang terdapat pada Permenkes No 12 tahun 2017. Pada laporan PKPA Ini didapati aspek pengelolaan vaksin sudah tergolong baik adalah aspek perencanaan, penyimpanan, serta pencatatan dan pelaporan, sedangkan aspek distribusi vaksin kurang baik. Dimana masih terdapat vaksin covid-19 over stock dan kadaluarsa. Namun, over stock dan kadaluarsa juga dapat dikaitkan dengan daya guna pasien yang rendah terhadap vaksin covid 19.

Vaccines are cold chain products that need to be maintained and temperature suitability monitored in their management to ensure vaccine quality. Vaccine management is regulated in Permenkes No. 12 of 2017 concerning administration of immunization from planning to vaccine use. This PKPA report aims to find out, study and analyze the suitability of the implementation of vaccine cold chain management at PKC Matraman with what is required by Permenkes No. 12 of 2017. Data collection was obtained from direct observation, interviews, and document examination. The data was then analyzed taking into account the requirements contained in Permenkes No 12 of 2017. In this PKPA report it was found that aspects of vaccine management were classified as good, namely aspects of planning, storage, and recording and reporting, while aspects of vaccine distribution were not good. Where there is still an over stock and expired Covid-19 vaccine. However, over stock and expiration can also be associated with low patient effectiveness of the Covid 19 vaccine."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas ndonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Meika Putri Hidayati
"Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan konsep ekstraksi hijau terus dikembangkan untuk mengurangi pengonsumsian pelarut organik yang mudah menguap dan menimbulkan polusi. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menggunakan pelarut hijau alternatif yang dikenal sebagai Ionic Liquid (IL), karena sifatnya tidak mudah menguap dan dapat digunakan berulang dengan dipurifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan optimasi ekstraksi rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) menggunakan IL, 1-Heksadesil-3-Metilimidazolium Klorida dengan Ultrasound Asissted Extraction (UAE), kemudian hasil kadar senyawa xantorizol dan kurkuminoid yang terekstraksi menggunakan metode IL-UAE akan dibandingkan dengan metode konvensional maserasi dengan pelarut Etanol 96%. Proses ekstraksi IL- UAE dilakukan hingga didapatkan kondisi optimum dengan bantuan Response Surface Methodology (RSM), dimana variabel bebas yang digunakan yakni konsentrasi pelarut (0,08 M, 0,1 M, dan 0,12 M), waktu ekstraksi (10 menit, 15 menit, dan 20 menit), dan rasio pelarut-sampel (1:20; 1:30; dan 1:40). Penetapan kadar xantorizol dan kurkuminoid dilakukan dengan menggunakan metode KLT Densitometri dengan fase gerak Diklorometana:Kloroform (4:6) dan dideteksi pada panjang gelombang 224 nm untuk xantorizol dan 425 nm untuk Kurkuminoid. Data analisis menunjukkan kondisi optimal dihasilkan oleh pada run 3 dengan perolehan kadar senyawa xantorizol dan kurkuminoid yang tertinggi yaitu berturut-turut sebesar 36,98 mg/g dan 6,64 mg/g serbuk, dimana kondisi ekstraksinya menggunakan konsentrasi IL 0,1 M, waktu ekstraksi 20 menit dan rasio sampel terhadap pelarut 1:40 g/mL. Berdasarkan hasil penelitian, pelarut IL lebih efektif digunakan untuk menarik senyawa xantorizol dan kurkuminoid apabila dibandingkan dengan metode konvensional maserasi dengan pelarut etanol 96% yang hanya memberikan kadar 9,25 mg/g serbuk untuk xantorizol dan 2,16 mg/g serbuk untuk kurkuminoid.

In recent years, the use of green extraction has been continuously developed to reduce the consumption of volatile and polluting organic solvents. One way to achieve this is to use an alternative green solvent known as Ionic Liquid (IL), which is recognized for its non-volatile and reusable properties by using the purification method. This study aims to optimize the extraction of Javanese Tumeric rhizomes (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) using IL, 1-Hexadecyl-3- Methylimidazolium Chloride by Ultrasound Assisted Extraction (UAE), then the results of xantorizol and curcuminoid compounds extracted using the IL-UAE method will be compared with the conventional method of maceration with 96% Ethanol solvent. The extraction process with IL-UAE was carried out until optimum conditions were achieved using Response Surface Methodology (RSM), where the independence variable for instance, solvent concentration (0.08 M, 0.1 M, and 0.12 M), extraction time (10 min, 15 min, and 20 min) and sample to solvent ratio (1:20; 1:30; and 1:40) variables. Determination of xanthorrhizol and curcuminoids content was analyzed by using TLC Densitometry method that was validated using mobile phase conditions of Dichloromethane: Chloroform (4:6) and was detected at a wavelength of 224 nm for xanthorrhizol dan 425 nm for curcuminoids. The results showed that the optimal conditions from IL 1-Hexadecidyl-3-Metylmidazolium Chloride, use the 0.1 M solvent, extraction time of 20 minutes and sample to solvent ratio of 1:40. These conditions produce xanthorrhizol content of 36.98 mg/g and Curcuminoids content of 6.64 mg/g of powder. Based on the results, it can be concluded that IL solvent is more effective to extract xanthorrhizol and curcuminoids than 96% Etanol maceration, which can only extract xanthorrhizol content of 9.25 mg/g and Curcuminoids content of 2.16 mg/g of powder."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library