Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Ichsan
Abstrak :
Infrastruktur merupakan pilar utama dalam penciptaan ekonomi bagi sebuah negara sehingga pembangunannya menjadi penting untuk dilakukan. Mengingat karakteristik pembangunan infrastruktur yang teknologi tinggi, padat modal dan pengembaliannya yang begitu lama, sehingga kebutuhan akan bantuan luar negeri sebagai penyokong dana dan teknologi menjadi sebuah alternatif. Banyak kasus di beberapa negara atas keberhasilan bantuan luar negeri dalam pembangunan infrastruktur. Namun, tidak sedikit juga yang terbengkalai. Kasus Bandung Urban Railway Transport Development sebagai salah satu proyek infrastruktur yang telah mendapat bantuan dari negara Perancis dalam bentuk pinjaman luar negeri baik dari asistensi dan modal. Pinjaman ini sudah terbengkalai sejak 2010 hingga 2017 dan tidak ada kemajuan yang bisa terlihat dalam proyek. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah birokrasi, tata kelola, dan capital sosial untuk melihat bagaimana kemitraan yang antar dua negara telah sampai pada proses tahapan yang memadai. Pengungkapan problematika dalam birokrasi yang menjadi pemeran utama proyek ini dengan menggunakan metodologi kualitatif khususnya wawancara mendalam akan memberikan gambaran bagaimana pemerintah Indonesia harus bersikap dengan bantuan luar negeri yang akan terus dipergunakan sebagai alternatif pembangunan infrastruktur. Terungkap bahwa kepemimpinan, komunikasi antar lembaga, dan persiapan aparatur negara menjadi kunci dalam penyelesaian permasalahan ini. ...... Infrastructure is one of main pillars in economic creation for a country so its development categorizes important to do. Realizing high technological and capital-intensive as infrastructure development characteristics, the need for foreign aid for source of fund and technology is an option to be approached. Many cases in some countries became success stories of foreign aid in infrastructure development. However, not a few are also neglected. In case of Bandung Urban Railway Transport Development, it is one of the infrastructure projects that have received technical assistance and capital loan from France. Otherwise, the loan has been dormant since 2010 until 2017 and no progress can be seen in the project. The used concept in this research are bureaucracy, governance, and social capital to see how connection in partnerships between two countries have reached the process of adequate stages. The disclosure of the problems in the bureaucracy that lead the project by using qualitative methodologies, especially in-depth interviews will give an idea of how Indonesian government should behave with foreign aid that will continue to be used as an alternative to infrastructure development. It was revealed that leadership, inter-institutional communication, and preparation of state apparatus were key in solving this problem.
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ichsan
Abstrak :
ABSTRAK
Di dalam organisasi yang berbasis proyek (project driven organization) keberhasilan sebuah proyek dalam menghasilkan produknya sangat bergantung dari kualitas SDM yang melakukan pekerjaan tersebut yang dipengaruhi oleh 4 faktor utama: • Faktor profesionalisme (Manajemen Proyek, Teknis dan Non Teknis) • Faktor manusia (Soft Skills) • Faktor bisnis (Business Exposure) • Faktor pengalaman Dengan tidak terbinanya kualitas SDM, maka kemungkinan akan buruknya kualitas dari produk atau deliverables dari proyek yang mereka kelola akan semakin tinggi.

Walaupun demikian, masih tetap banyak organisasi/perusahaan yang tidak memperhatikan peningkatan kualitas SDM Manajemen Proyeknya, sehingga selain memperburuk kualitas dari produk proyek tersebut, hal tersebut juga akan mengurangi motivasi SDM tersebut. Bahkan tidak sedikit untuk menanggulangi masalah tersebut, organisasi-organisasi tersebut melakukan penculikan SDM.

Hal ini dapat diperbaiki dengan menerapkan sistem Jenjang Karir yang berkonsentrasi dengan evaluasi dan Pengembangan kompetensi serta kemampuan SDM Manajemen Proyek yang terpadu sesuai dengan strategi bisnis korporat, sehingga SDM Manajemen Proyek akan semakin terarah untuk menghasilkan produk produk proyek yang semakin baik.

Tesis ini ditulis dengan maksud untuk meneliti studi kasus pada PT XYZ dengan lebih menitik beratkan kajian terhadap Jenjang Karir SDM Manajemen Proyek yang telah ada dan menggali penerapan sistem pengembangan kompetensi dan kemampuan SDM Manajemen Proyek yang saling terkait. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif terhadap ke empat faktor di atas dan pembobotan berdasarkan Analytic Hierarcy Process dari Pakar Manajemen Proyek dari PT XYZ, sistem skoring dan peta pengembangan SDM dapat tercipta.

Dengan adanya sistem skoring tersebut, rencana pengembangan mutu SDM Manajemen Proyek yang berbasis kompetensi dan kemampuan akan semakin baik dan terarah ke pemenuhan strategi bisnis PT XYZ.
ABSTRACT
In project driven organizations, Human Resource plays a big role in determining the quality of project deliverables. The quality of Human Resources though are influenced by 4 (four) major factors: • Professionalism (Project Management, Technical and Non Technical) • Human factors • Business factors • Experiences The probability of deterioration of deliverable’s quality can be increased, if the above factors can not be maintained and further developed.

Though the above factors are important, still many organizations/companies do not take them into consideration which is not only affecting the result deterioration of the project deliverables, but also the people churn, thus the organizations becoming resource kidnappers to accommodate their needs.

This problem can be solved where integrated project management career path that concentrating on evaluation and resources development plan is applied and hence it will lead the fulfillment of company’s business strategy.

This thesis is written to explore the case at PT XYZ and concentrated on analysis of the existing PM Career Path and related project management development plan. Using the descriptive method and analytic hierarchy process from related experts in PT XYZ, a scoring and mapped/integrated PM Resource Development Plan can be established.

With this improved scoring system, PM Resources Quality Development and Competency Based PM Human Resource Management can be developed and in line with the company’s strategy.
2008
T40654
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ichsan
Abstrak :
Penggunaan jaringan ADSL di Indonesia sampai saat ini masih terbatas pada akses internet berkecepatan tinggi dengan bit rate sebesar 384 dan 512 Kbps. Dengan kapasitas jaringan ADSL 2+ yang mencapai 25 Mbps, penggunaan jaringan ADSL hanya untuk akses internet saja dinilai masih memiliki tingkat utilisasi yang rendah. Munculnya IPTV sebagai teknologi baru di bidang televisi yang berbasis IP diharapkan dapat menambah utilisasi jaringan ADSL sekaligus menambah pengalaman baru dalam menonton televisi bagi para pelanggan. Namun, bagaimana unjuk kerja IPTV pada jaringan ADSL sendiri hingga saat ini, belum ada penelitian yang membahasnya. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis unjuk kerja IPTV pada jaringan ADSL dengan simulasi menggunakan OPNET IT GURU v.8.0.c dan pengukuran menggunakan DSLAM Testbed PT. Telkom RisTI Bandung. Parameter unjuk kerja yang diukur adalah delay dan throughput. Kinerja sistem pada simulasi ditinjau dengan melakukan variasi resolusi dan frame rate video. Sementara kinerja sistem pada pengukuran ditinjau dengan melakukan variasi bit rate video dan bandwidth pada DSLAM. Dari data simulasi diperoleh hasil bahwa resolusi dan frame rate mempengaruhi delay dan throughput yang dihasilkan (resolusi dan frame rate bertambah, delay dan throughput bertambah). Dari data pengukuran diperoleh hasil bahwa delay dan throughput dipengaruhi oleh bit rate video (bit rate video bertambah, delay dan throughput bertambah), sedangkan pengaturan bandwidth pada DSLAM belum terlihat pengaruhnya. ......The using of ADSL network in Indonesia is still limited to high speed internet access with 384 and 512 Kbps bit rate. With the capacity of ADSL 2+ network reaching 25 Mbps, the utilization of ADSL network only for internet access is still low. IPTV as a new technology in television, IP-based, is expected to increase the utilization of ADSL network and adding costumer's experience in watching television. However, until now there has been no research in analizing IPTV's performance over ADSL network. This thesis is made to analyze the performance of IPTV over ADSL network with simulation using OPNET IT GURU v.8.0.c and by measurement using DSLAM testbed PT. Telkom RisTI Bandung. Performance parameters measured are delay and throughput. System's performance in simulation analyzed by variating video's resolution and frame rate. While system's performance in the measurement analyzed by variating video's bit rate and DSLAM's bandwidth. From simulation's result known that resolution and frame rate influencing delay and throughput (the increasing of resolution and frame rate resulting in increasing of delay and throughput). From measurement's result known that delay and throughput influenced by video's bit rate (the increasing of video bit rate resulting in increasing of delay and throughput), while the influence of bandwidth setting in DSLAM is not yet be seen.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40677
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ichsan
Abstrak :
Salah satu cara untuk mengoptimalkan alat transportasi laut yaitu kapal adalah dengan desain kapal multihull. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian tentang kapal multihull agar dapat diaplikasikan dengan baik pada moda transportasi laut. Skripsi ini membahas tentang pola gelombang kapal pentamaran dengan variasi jarak antar lambung secara melintang dan posisi lambung asimetris. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan uji tarik kapal model pentamaran pada rentang bilangan Froude (Fn) 0.2 ? 0.8 untuk mendapatkan sudut gelombang dan posisi titik interferensi gelombang. ......One way to optimize the marine transportation, ship is by design multihull ship. Therefore, it is necessary to do research on multihull ship in order to use well to sea transportation mode. This thesis discusses pentamaran ship wave pattern with variations transverse distance between the hull and the position of asymmetric hull. This study used an experimental method to test the pentamaran ship model in the range of Froude Number ( Fn ) 0.2 - 0.8 to obtain the angle value and position of the wave interferences.;
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S65125
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library