Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Farhan Nahdedy
"Perubahan tren seni lukis lanskap di Indonesia dari gaya mooi indie yang roantis dan eksotis ke gaya ekspresionisme yang dibawa oleh seniman bumiputera, salah satunya S. Sudjojono mencerminkan pencarian jati diri dan perlawanan terhadap praktik kolonialisme yang kental dalam seni lukis mooi indie. Penelitian ini menggunakan pendekatan geografis untuk menganalisis lanskap simbolik dalam karya S. Sudjojono sebagai media penyampai makna, memori, dan identitas budaya. Dengan pengaplikasian pendekatan geografis, penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana interaksi dan pengalaman Sudjojono dengan lingkungannya membentuk makna lanskap dalam lukisannya. Metode hermeneutika oleh Paul Ricoeur digunakan dalam peneltiain ini untuk menafsirkan makna lanskap simbolik yang tertuang dalam lukisan-lukisan S. Sudjojono. Melalui pendekatan ini, makna lanskap simbolik dianalisis dan kemudian dihasillkan dalam konteks geografis dengan fokus pada pengalaman dan interaksi seniman dengan lingkungan sebagai dasar pembentukan makna yang terkandung dalam lukisan lanskap. Dengan pengaplikasian metode hermeneutika tersebut, penelitian ini meliat bahwa lanskap simbolik dalam lukisan lanskap karya S. Sudjojono mengalami perubahan dalam makna yang dihasilkan seiring dengan pergeseran konteks historis dan interaksinya dengan ruang. Perubahan tersebut menunjukkan bagaimana pengalaman dan interaksi yang Sudjojono lakukan dengan lingkungan sebagai ruang di sekitarnya turut membentuk caranya memaknai sekaligus memproduksi makna lewat lanskap yang ia lukiskan dalam karya-karyanya.

The shift in the trend of landscape painting in Indonesia from the romantic and exotic Mooi Indie style to the expressionist style introduced by native Indonesian artists, one of whom was S. Sudjojono, reflects a search for identity and resistance to the colonial practices embedded in Mooi Indie painting. This research employs a geographical approach to analyze the symbolic landscape in S. Sudjojono’s works as a medium for conveying meaning, memory, and cultural identity. By applying a geographical perspective, this study aims to understand how Sudjojono’s interactions and experiences with his environment shaped the meaning of landscapes in his paintings. Paul Ricoeur’s hermeneutic method is used in this research to interpret the symbolic meanings embedded within S. Sudjojono’s paintings. Through this approach, the symbolic landscape is analyzed and contextualized geographically, focusing on the artist’s experiences and interactions with his environment as the basis for the meanings embedded in the landscape paintings. By applying the hermeneutic method, this study finds that the symbolic landscape in S. Sudjojono’s works undergoes changes in meaning along with shifts in historical context and his interactions with space. These changes demonstrate how Sudjojono’s experiences and interactions with his surrounding environment influenced the way he perceived and produced meaning through the landscapes he depicted in his works."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library