Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Nikita Angela Gunawan
"Twitter menjadi salah satu media sosial terpopuler yang digunakan penggunanya untuk berinteraksi, berkolaborasi, berkomunikasi, berbagi, dan membentuk jaringan komunitas. Salah satu komunitas dan aktivitas yang terbentuk melalui Twitter adalah roleplay. Roleplayer membentuk identitas virtual sesuai dengan persona yang diinginkannya. Makalah ini disusun untuk mendeskripsikan komunitas roleplay di Twitter Indonesia dan hubungannya dalam membentuk identitas virtual. Teori dan konsep yang digunakan dalam makalah ini meliputi identitas virtual dan computer mediated communication (CMC) dengan metode pengumpulan data yang terinspirasi dari etnografi digital dan studi literatur. Studi ini menemukan, praktik roleplay di Twitter Indonesia tidak hanya sebatas pada roleplayer yang memainkan karakternya sesuai dengan identitas virtual yang dibangunnya, tetapi juga memfasilitasi roleplayer untuk melakukan banyak hal.
Twitter is one of the most popular social media used by its users to interact, collaborate, communicate, share,and form a community network. One of the communities and activities formed through Twitter is roleplay. Theroleplayer forms a virtual identity according to the persona he wants. This paper is prepared to describe theroleplay community on Twitter Indonesia and its relationship in forming a virtual identity. The theories andconcepts used in this paper include virtual identity and computer mediated communication (CMC) with datacollection methods inspired by digital ethnography and literature studies. This study found that the practice ofroleplay on Twitter Indonesia is not only limited to roleplayers who play their characters according to the virtualidentity they have built, but also facilitates roleplayers to do many things."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library