Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Normansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas bagaimana proses mengaplikasikan metoda neural network pada data seismik tiga dimensi untuk memprediksi porositas dan saturasi air pada suatu reservoar dengan membuat volum pseudo log. Studi kasus penelitian ini adalah reservoar karbonat build-up pada formasi Parigi di lapangan X, merupakan lapangan gas yang baru ditemukan, di cekungan Jawa Barat Utara, dimana studi reservoar perlu dilakukan untuk program pengembangan produksi, salah satunya dari aspek geofisika. Studi ini menggunakan analisis pendekatan statistik dari atribut seismik terhadap data sumur yakni log porositas dan saturasi air untuk mendapatkan multi atribut dengan korelasi terbaik yang digunakan sebagai input dalam proses prediksi dengan menggunakan metoda Neural Network. Dengan menerapkan Neural Network, hasil prediksi memiliki korelasi dan resolusi yang lebih tinggi mendekati data akutal log porositas dan saturasi air. Hasil dari penelitian ini adalah distribusi porositas dan saturasi air secara kuantitatif berupa pseudo log volum tiga dimensi dimana data ini dapat menjadi data pendukung dalam studi reservoar lebih lanjut seperti pemodelan geologi, simulasi reservoar dan perhitungan cadangan. Hasil pseudo log ini kemudian diinterpretasi dan dipetakan untuk karakterisasi reservoar dan penentuan lokasi sumur. Dari pseudo log porositas, reservoar target secara stratigrafi dapat dibagi menjadi empat lapisan berdasarkan perbedaan nilai porositasnya. Untuk pseudo log saturasi air, dapat terlihat tiga kontak dan zona fluida reservoar, dimana terdapat zona gas, zona transisi, dan zona air. Dari hasil interpretasi distribusi reservoar tersebut direkomendasikan untuk pemboran dua sumur di lapangan X untuk memproduksi cadangan gas dan 1 sumur eksplorasi untuk membuktikan kandungan gas pada struktur build-up lain didekatnya.
ABSTRACT
The focus of this study is the process how to apply neural network method in 3D seismic data to generate pseudo log of both porosity and water saturation in a reservoir. Case of this study is carbonate build-up at Parigi formation in X field, a new gas discovery field, in North West Java basin where resevoir study for production development including geophysical aspect is very necessary. This study used statistical analysis approach based on corelation between seismic atribut and well log data which are log porosity and water saturation to get multi attribute as input for prediction process. Applying Neural Network can improve correlation and resolution between pseudo log and actual log both porosity and water saturation. The result of this study is quantitative ditribution of both porosity and water saturation in 3D psudo log volume which can be used for data supporting in geological modeling, reservoir simulation and reserves estimation. Then, those pseudo log are interpreted and mapped for characterization and well location delineation. Based on pseudo porosity log , the reservoir can be divided in four layers with different porosity value. For pseudo water saturation log, we can see contact and fluid zones of the reservoir which consist of gas zone, transition zone and water zone. According to interpretation pseudo log of both the porosity and the water saturation, can be recommended to drill two wells in X field to drain gas reserves and one exploration well to prove gas accumulation in other build-up stucture where is located near of X field
Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
T42304
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucky Normansyah
Abstrak :
ABSTRAK
Mengenali perilaku konsumen dalam memilih berbagai alternatif pilihan yang tersedia telah menjadi issue yang sangat menarik di dunia literatur marketing. Terutama terhadap klasifikasi dan penjelasan dari faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan konsumen telah menjadi tantangan tersendiri bagi penelitian marketing. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih jasa pelayanan kredit pensiun dengan studi kasus pada Koperasi Nusantara. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat 3 (tiga) faktor yang paling penting menurut penilaian konsumen dalam memilih jasa pelayanan kredit pensiun, berturut-turut adalah hadiah, keramahan membantu nasabah, kecepatan proses persetujuan kredit. Dan 3 (tiga) faktor yang paling dianggap kurang penting berturut-turut adalah adanya kerabat yang bekerja di perusahaan penyedia jasa, pernah menggunakan jasa kredit sebelumnya dan rekomendasi. Penelitian ini juga menggunakan exploratory factor analysis dengan pengelompokan 25 (dua puluh lima) atribut kedalam 6 kelompok, yaitu faktor services, cost, availability, promotion, confidence dan period. Analisis importance/performance matrix dalam penelitian ini menunjukan faktor confidence menjadi faktor yang mendapat penilaian penting, namun belum memberikan kepuasan, faktor services dan promotion menjadi faktor yang penting dan memberikan kepuasan, faktor period merupakan faktor yang kurang penting namun pelayanan yang diberikan berlebihan, dan faktor cost serta faktor availability menjadi faktor yang kurang penting dan pelayanan Koperasi Nusantara tidak memberikan perhatian yang berlebihan. Hasil penelitian juga menunjukan tidak ada perbedaan preference dari pengelompokan konsumen baik berdasarkan gender maupun status pensiun.
ABSTRACT
Recognizing consumer behavior in decision making process has become an interesting issue in literature marketing. Especially for classification and description of the factors that influence consumer choices has been a challenge for marketing research. This study discusses the factors that affect consumers in choosing a pension loan with case studies on Koperasi Nusantara. These results indicate three most considered important factor in choosing pension loans, which include a gift, willingness to help customer, speed for loan approval decision. And three factors that most considered to be less important in a row which include a relative who works in the financial institution company, existing customer and recommendation. This study also use exploratory factor analysis giving result a grouping of 25 (twenty five) attributes into 6 groups, namely services, cost, availability, promotion, confidence and period. Where the confidence factor is an important factor, but has not given satisfaction. Where services and promotion factor become an important factor and gives satisfaction. Period factor is a factor that is less important but the service is rendered redundant. And cost and availability factor are less important and Koperasi Nusantara does not give exsessive attention. The results also showed there are no difference in the preference of consumer groupings by gender and retirement status
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library