Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Huda Salasa Majid
"Industri maritim mendominasi mode transportasi dunia karena lebih dari 80% volume perdagangan internasional diangkut melalui laut. Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia memiliki peran yang besar terkait hal tersebut. Keputusan pendanaan sangat penting bagi perusahaan untuk kelangsungan perusahaan serta meningkatkan daya saing. Penelitian ini menunjukan pengaruh harga bahan bakar dan indeks konektivitas maritim (LSCI) terhadap hubungan antara struktur modal perusahaan dengan faktor determinanya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 23 perusahaan di industri maritim di Indonesia. Data yang diolah diambil dari laporan keuangan tahun 2016-2020 dengan menggnakan metode andom effect model. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa harga bahan bakar dan LSCI memperkuat dan memperlemah hubungan antara leverage perusahaan dengan faktor-faktor determinannya seperti profitabilitas, tangibilitas, dan arus kas operasional. Hasil ini dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan terkait struktur modal yang optimal. Fokus utama dari penelitian ini adalah melihat pengaruh harga bahan bakar dan LSCI terhadap hubungan antara struktur modal perusahaan dan faktor determinannya di industri maritim di Indonesia. Perusahaan harus mempertimbangkan fluktuasi harga bahan bakar dan LSCI sebagai faktor penting dalam membuat keputusan terkait pendanaan dan investasi, selain itu perusahaan juga harus fokus kepada tangibilitas dan profitabilitas dalam membuat keputusan tersebut.
......Maritime industries dominate the world’s trade transportation mode because more than 80% of international trade volume is transported by sea. Indonesia as the biggest maritime country in the world has a big contribution to international trade volume. Investment decision are very important for the sustainability & competitiveness of the companies in this industry. This article shows several variables such as oil crude price and maritime connectivity index have determined the capital structure of firms in maritime industry in Indonesia. The research analysed 23 listed company in maritime industry in Indonesia between 2016-2020 using ordinary least square and random effect model. The Study result in accordance to both trade-off theory and pecking order theory. It shows that financial leverage is negatively affected by return on asset, and positively affected by tangibility, and operating cash flow. In addition, oil crude price & maritime connectivity index have strengthened and weaken the correlations between financial leverage and its independent variable such as return of asset, tangibility and operating cash flow. These findings could help managers of the company to make a decision of their optimal capital structure based on those variables. This study has focused on macro economical factor that affect in firms’ capital structure such as Crude Oil Price & Maritime Connectivity. Companies in maritime industry in Indonesia have to be more focus on tangibility and profitability of the company to make an investment decision. Furthermore, the results show that fluctuations of crude oil price and maritime connectivity index also become factors to be consider to optimize the capital structure of the Companies."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Huda Salasa Majid
"ABSTRAK
Dalam pengoperasian suatu kapal diperlukan suatu sistem yang mengatur tentang perawatan
dan pemeliharaan bagian-bagian utama pada kapal tersebut. Hal ini diperlukan untuk
menghindari terjadinya masalah yang dapat menghambat kerja kapal, seperti breakdown pada
mesin dan sebagainya. Selain itu sistem pemeliharaan yang dilakukan secara terencana dan
berkala, juga dapat memperpanjang usia pakai suatu kapal sehingga dapat menambah
produktifitas kapal tersebut. Hal-hal yang berkaitan dengan pemeliharaan pada semua
komponen yang terdapat di suatu kapal, juga telah diatur dalam International Safety
Management Code (ISM Code). Atas dasar itu maka pembuatan suatu sistem perawatan
terencana atau biasa disebut Planned Maintenance System (PMS) pada suatu kapal sangatlah
diperlukan. Dalam hal ini komponen-komponen yang terdapat pada kamar mesin suatu kapal
Bulk Carrier 13601 DWT akan dijadikan objek penelitian untuk pembuatan sistem perawatan
tersebut.

ABSTRACT
In the operation of a ship, it is essential to have a system that regulates the maintenance of the
main parts of the ship. This is necessary to avoid the problems that can inhibit the ship
performance, such as the breakdown in machinery and so on. Moreover, a maintenance
system that is done in a well-planned and regular manner can also extend the life of a ship so
as to increase the productivity of the ship. Matters related to the maintenance of all
components contained in a ship also have been regulated in the International Safety
Management Code (ISM Code). On that basis, it becomes necessary to arrange a Planned
Maintenance System (PMS) on a ship. In this case the components contained in the engine
room of a 13601 DWT Bulk Carrier ship will be the object of research for the preparation of
the maintenance system."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55929
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library