Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nur Izzah
"Supervisi merupakan bagian yang penting dalam manajemen keperawatan. Pengelolaan asuhan keperawatan membutuhkan kemampuan manajer keperawatan dalam melakukan supervisi. Kepala ruangan merupakan manajer garda depan dan penanggung jawab ruangan harus mampu menjadi supervisor yang baik terhadap perawat pelaksana, sehingga dapat meningkatkan kualitas asuhan keperawatan yang diberikan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja perawat pelaksana.
Penelitian ini menganalisa teknik dan frekuensi kegiatan supervisi kepala ruangan dengan kinerja perawat pelaksana. Hal ini dilatar belakangi masalah pelaksanaan supervisi di Rumah Sakit Umum Daerah Batang belum terpogram dan pelaksanaan supervisi oleh kepala ruangan belum tampak jelas karena belum ada perencanaan dari kepala ruangan tentang pelaksanaan kegiatan supervisi untuk perawat pelaksana.
Desain yang digunakan dalam penelitian menggunakan metoda deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Hipotesis ditetapkan untuk melihat hubungan teknik dan frekuensi kegiatan supervisi dengan kinerja perawat pelaksana. Teori yang melatar belakangi penelitian ini adalah teori Kron (1987), Bittel (1987), Azwar (1996) dan untuk variabel teknik dan frekuensi supervisi dan Gibson(1994), Ilyas (1999) dan (Depkes,1994) untuk variabel kinerja.
Hasil uji statistik Chi Square menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara variabel frekuensi supervisi dengan kinerja perawat pelaksana dengan nilai p = 0,036. Sedangkan variabel teknik supervisi tidak ada hubungan yang bermakna dengan kinerja perawat pelaksana. Hasil uji regresi logistik menunjukkan frekuensi supervisi satu kali sehari merupakan variabel yang paling dominan memiliki hubungan dengan kinerja perawat pelaksana. Proporsi perawat pelaksana yang mendapatkan supervisi satu kali dalam satu harinya akan memiliki peluang kinerja lebih baik dibandingkan perawat pelaksana yang mendapatkan supervisi dua kali atau lebih dalam satu hari.
Rekomendasi untuk pengelola Rumah Sakit Umum Daerah Batang Jawa Tengah agar memperhatikan dan meningkatkan kinerja perawat pelaksana dengan meningkatkan frekuensi supervisi, mensosialisasikan kembali standar asuhan keperawatan dan standar operasional prosedur keperawatan, memberikan dukungan terhadap prestasi kerja, meningkatkan kemampuan manajemen keperawatan dan memberikan penghargaan finansial maupun kesempatan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, serta membuat suatu pola pengembangan jenjang karir yang baku.

Supervision is an important part in nursing management. The nursing care management requires capability of a nursing manager in supervision. A head nurse as a front line manager and responsible person in the ward should be able to be a good supervisor for her/his staff, it could yield to an improvement in the quality of nursing care provided to the patients and then, could improve the performance of staff.
The purpose of the study was to analyze the relationship between technique and frequency of supervision from head nurses, and the clinical performance of the nurses. The background of this problem was that the implementation of supervision at Batang general hospital had not conducted sufficiently and appropriately due to in availability of a supervision program from head nurse to his/her staff.
The design of the study was descriptive analytical with cross sectional approach. The hypotheses were determined to identify the relationship between the technique and the frequency of supervision and the clinical performance of staff. The theories underlying the study were adopted from Kron (1987), Bittle (1987), Anwar (1996) for the variables of technique and frequency of supervision and Gibson (1994), Ryas (1999) and Ministry of Health (1994) were used for the variable of clinical performance.
The result of a Chi Square statistical test showed that there is a significant relationship between the variable of frequency and the clinical performance (p=0.036). There is no significant relationship between the variable of supervision techniques and the clinical performance of staff. The result of a logistic regression test demonstrated that the frequency of one supervision a day is the most dominant variable to the relationship with the staff clinical performance.The staff who are given one supervisions a day would have opportunities greater than compared to those who are given two or more supervisions.
Based on the findings, recommendation were addressed to the management of the Batang general hospital, Central Java should pay sufficient attention and to improve the clinical performance of the staff by: improving the frequency of supervision; re-disseminating the standard of nursing and nursing procedures; supporting the excellent performance; improving the capability of nursing management; providing financial rewards or opportunities to pursue further education; and developing pertinent program of career ladder.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2003
T 3169
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Izzah
"Pengembangan kepemimpinan keperawatan berdasarkan kecerdasan emosional memungkinkan pemimpin memengaruhi orang lain dalam melakukan pekerjaannya yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah terbangunnya kepemimpinan keperawatan berdasarkan kecerdasan emosional kepala ruang dan pengaruhnya terhadap perilaku caring perawat pelaksana. Penelitian ini menggunakan pendekatan action research melalui tiga tahapan penelitian yaitu: Tahap 1, identifikasi masalah-masalah pokok yang ada dengan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Tahap II, Pengembangan kepemimpinan keperawatan berdasarkan kecerdasan emosional dalam upaya meningkatkan perilaku caring perawat pelaksana. Tahap III, penelitian pengaruh penerapan program kepemimpinan keperawatan berdasarkan kecerdasan emosional kepala ruang terhadap perilaku caring perawat pelaksana dengan desain quasi experiment with control group desain. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian tahap III yaitu proporsional random sampling. Hasil tahap I yang terdentifikasi 7 tema. Tahap II dihasilkan model kepemimpinan keperawatan berdasarkan kecerdasaan emosional, tahap III terdapat pengaruh yang bermakna penerapan kepemimpinan keperawatan berdasarkan kecerdasan emosional terhadap perlaku caring perawat pelaksana (P=0,003). ada perbedaan perilaku caring perawat pelaksana kelompok intervensi dan kontrol (P= 0,20). Rekomendasi: perlunya pelatihan bagi kepala ruang untuk implementasi model kepemimpinan keperawatan berdasarkan kecerdasan emosional di rumah sakit.

Nursing leadership development based on emotional intelligence allows leaders to influence others to do the work that is essential to improving the quality of nursing The purpose of the study was the establishment of the leadership of the ward nurse based on emotional intelligence that could improve nurses caring behavior. This research applied an action research approach through three stages of research, namely: the identification of the key issues using the qualitative research ,the development of leadership based on emotional intelligence of ward nurses in an effort to improve nurses caring behavior and the study on the effect of the applying the leadership program based on the ward nurses emotional intellegence to ward the caring behavior of the nurses as the quasi experiment design compaired to the control group design. The sampling method used in the stage III study that is proportional random sampling. The first stage produced 7 theme. Stage II: produced a model of leadership based on emotional intelligence in an effort to improve nurses caring behavior, Stage III: there is a significant effect of the application of the nursing leadership based on emotional intelligence of the nurses caring behavior (P=0,003). No diference in nurse caring behavior intervention and control group (P=0,200). Recomendations:(1). the need for training for ward nursing for the implementation of the leadership model of nursing based on emotional intelligence (K3E) at the hospital.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
D2190
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library