Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
R.Rr.Intan Permatasari M
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen yang melakukan transaksi dengan sistem elektronik (digital insurance). Sebagai suatu bentuk layanan asuransi baru dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, di satu sisi digital insurance memberikan berbagai kemudahan baik bagi konsumen maupun perusahaan asuransi, namun di sisi lain menimbulkan pertanyaan mengenai jaminan akan terlindunginya hak-hak konsumen asuransi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaturan mengenai perlindungan hukum bagi konsumen asuransi serta bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen asuransi yang melakukan transaksi digital insurance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif, dengan pendekatan perundang-undangan dan bersifat analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun saat ini belum ada peraturan yang mengatur secara khusus tentang digital insurance, tetapi peraturan perundang-undangan yang ada saat ini sudah mencakup aspek perlindungan hukum terhadap konsumen yang melakukan transaksi digital insurance. Pelaksanaan perlindungan hukum konsumen yang melakukan transaksi digital insurance terkait aspek transparansi produk belum sepenuhnya dilakukan, terkait penggunaan klausula baku sudah dilakukan dengan memenuhi ketentuan peraturan perasuransian namun diperlukan peningkatan sumber daya dan pengetahuan asuransi dari petugas OJK, terkait aspek keamanan teknologi informasi telah dilakukan dengan memenuhi aspekaspek keamanan teknologi namun tetap perlu adanya upaya dari konsumen untuk melindungi dirinya sendiri, kemudian terkait aspek pembuktian telah dilakukan dengan memenuhi kewajiban untuk menyampaikan ikhtisar polis secara hardcopy, sedangkan aspek upaya penyelesaian sengketa dilakukan dengan adanya berbagai pilihan media penyelesaian yaitu melalui pengadilan maupun luar pengadilan. Terciptanya perlindungan hukum terhadap konsumen yang melakukan transaksi digital insurance memerlukan keterlibatan berbagai pihak baik konsumen, perusahaan asuransi, OJK, pemerintah, lembaga penyelesaian sengketa, dan pihak-pihak terkait lainnya
ABSTRACT
This thesis discusses the legal protection for customers who conducting insurance transactions using electronic system (digital insurance). As a new form of insurance services utilizing technology advances, digital insurance provide various easiness for both consumers and insurance companies, but on the other hand raises the question about the protection guarantee for the insurance costumers' right. This study was conducted to determine how the arrangements of legal protection for insurance customers and how the implementation of legal protection for insurance customers who conducting digital insurance transactions. This thesis research using normative juridical research methods, the approach to legislation and analytical nature. The results showed that although there is no specific regulations for digital insurance, but the existing laws already covered legal protection?s aspect for customers who conducting digital insurance?s transactions. Implementation of legal protection for customers conducting digital insurance transactions related to the transparency of insurance products has not been fully carried out, related the use of standard clauses has been done in compliance with the insurance provisions but need to increase the resources and insurance knowledge of the FSA officers, then related to the security aspect of information technology has been done in compliance with the technology security aspects, but remain need customer?s effort to protect themselves, verification aspect done by fulfilling the obligation to deliver the policy schedule in hardcopy, while for the settlement of dispute carried out by various options of dispute settlement i.e. through the court or out of court. The legal protection for customer who conducting digital insurance transactions require the involvement of many parties including customers, insurance company, FSA, government, dispute resolution institutions, and other relevant parties.
2016
T45864
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library